Berita Daerah

Bupati Palas Apresiasi Raihan Kafilah STQH XVII Tingkat Provinsi Sumut Peringkat 5 Besar

Madinapos.com  – Palas.

Bupati Padang Lawas, H. Ali Sutan Harahap (TSO) melalui Plt. Kabag Kesra, Musa Irwan Hasibuan.S.Pdi menyampaikan apresiasi atas raihan kafilah Kabupaten Padang lawas (Palas) meraih peringkat 5 besar diperhelatan ajang Seleksi  Tilawatil Qur’an /Hadits (STQH) ke XVII Tingkat Provinsi Sumatera Utara (Sumut ) Tahun 2021 yang diselenggarakan mulai 27 Mei sampai 2 Juni 2021 di Gedung BPSDM Provinsi Sumut.

“Sebelumnya pada STQH tahun 2019 lalu Pemkab Palas belum masuk dalam 10 besar pada ajang perhelatan saat itu, hasil pengumuman dan keputusan Dewan Hakim STQH dipenutupan kegiatan mengumumkan, Kabupaten Padanglawas masuk pada peringkat 5 besar”, demikian disampaikan Musa pada kegiatan penutupan STQH XVII tingkat Provinsi Sumut di Medan yang bertempat di Aula Tengku Rizal Nurdin,Rumah Dinas Gubernur Sumut, Rabu(2/6/2021).

Dijelaskannya, Perolehan prestasi Qori dan Qoriah utusan dari Kabupaten Palas adalah Juara I Cabang Hapalan hadist 100 putri atas nama Nurjannah Nasution, anak pertama pasangan Supyan Efendi Nasution dengan Rohimah Lubis dari Desa Rao Rao Dolok, Kecamatan Sosa.

Juara I Cabang hapalan hadist 500 putri atas nama Salsabilah Hasibuan anak ketiga pasangan Ali Dahrun Hasibuan dengan Ratna Wani Daulay dari Desa Matondang,Kecamatan Ulu Barumun. Juara II Cabang Tafsir Bahasa Arab putri atas nama Mikrohani Siregar anak kelima pasangan Barita Siregar dengan Derliana Simamora dari Desa Sibontar, Kecamatan Barumun Tengah.

Juara III Cabang Hadits hapalan 100 putra atas nama Muhammad Yasid Hasibuan anak pertama pasangan Mismaruddin Hasibuan dengan Emmi Lubis dari Desa Pagaran Manggis, Kecamatan Batang Lubu Sutam. Harapan I Cabang Tahfiz 20 Juz Putra atas nama Mhd. Azizun Hasibuan anak ketujuh pasangan Drs. Suleman Hasibuan dengan Nur Aliyah Pulungan dari Lingkungan III Banjar Raja Pasar Sibuhuan, Kecamatan Barumun.

Harapan I Cabang Tafsir Bahasa arab Putra atas nama Ridhwan Saleh Pulungan anak ketiga pasangan Hasanuddin Pulungan dengan Elida Warti Hasibuan dari Desa Bulusonik Kecamatan Barumun. Harapan I Cabang Hadits hapalan 500 putra atas nama Ahmad Wildan Hasibuan anak pertama pasangan Gading Hasibuan dengan Komaria Nst dari Desa Gunungtua, Kecamatan Ulu Sosa.

“Dari hasil tersebut, dua orang qori dan qoriah utusan Kabupaten Palas menjadi utusan Provinsi Sumut untuk  STQH Tingkat Nasional di Provinsi Maluku Utara”, kata Musa.

Lebihlanjut dikatakan kegiatan STQH Tingkat Nasional akan diselenggarakan di Provinsi Maluku Utara tepatnya di Ibukota Sofifi pada Bulan Juli 2021,” Harapan kita utusan dari daerah ini untuk Provinsi Sumut,dapat meraih prestasi juara di ajang perhelatan tingkat Nasional di Maluku nantinya seperti yang sudah di raih M.Taufik Hasibuan tahun lalu di ajang MTQ nasional di Padang di Cabang Khot Dekorasi asal putra Desa Sungai Korang Palas yang di raihnya di MTO N KE XXVII “, pungkasnya. (A. Salam Siregar).

loading...

Komentar Facebook

Related Posts