Menu

Mode Gelap

Berita Daerah

Pemkab Palas Peringati Hari Santri Nasional Ke-10 Tahun 2024 Di Lapangan MTSN Sibuhuan


					Pemkab Palas Peringati Hari Santri Nasional Ke-10 Tahun 2024 Di Lapangan MTSN Sibuhuan Perbesar

Madinapos.com, Padang Lawas – emerintah Kabupaten (Pemkab) Padang Lawas gelar acara Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) Ke-10 Tahun 2024 di Lapangan MTSN Sibuhuan, Selasa (22/10/2024).

Peringatan HSN tahun ini mengangkat tema” Menyambung Juang, Merenggut Masa Depan” di ikuti oleh Santri dan Santriwati dari 33 Pondok Pesantren Se- Kabupaten Padang Lawas.

Hadir dalam acara tersebut, Kapolres Padang lawas AKBP Diari Astetika, S.IK,Ketua pengadilan agama Sibuhuan Bainar Ritonga, S.Ag., M.H, mewakili Pengadilan Negeri Sibuhuan, mewakili Kajari Kabupaten Padang Lawas, para Pimpinan OPD, dan para undangan lainnya

Pj. Bupati Padang Lawas Ir. H. Ardan Noor Hasibuan MM di wakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Padang Lawas Arpan Nasution S.Sos dalam amanatnya menyampaikan bahwa tanggal 22 oktober adalah momentum bagi kita semua, mengenang untuk meneladani para dan santri yang telah memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan indonesia.

Sejarah mencatat bahwa kaum santri adalah salah satu kelompok yang paling aktif menggelorakan perlawanan terhadap para penjajah. Salah satu bukti perlawanan santri terhadap para penjajah, adalah peristiwa”Resolusi Jihad” pada tanggal 22 oktober tahun 1945 yang dimaklumatkan oleh Hadratus Syekh Kiai Haji Hasyim Asyari,” jelas Arpan Nasution.

Sejak resolusi jihad dimaklumatkan, para santri dan masyarakat terbakar semangatnya untuk berjuang dan umum terus mempertahankan kemerdekaan indonesia. Mereka terus melakukan perlawanan kepada penjajah tanpa rasa takut. Hingga akhirnya, pecah puncak perlawanan masyarakat indonesia pada tanggal 10 november 1945 yang kita peringati sebagai hari pahlawan, tambahnya.

Menyambung juang bukan hanya berarti mengenang, tetapi juga beraksi dengan semangat yang sama dalam menghadapi tantangan zaman modern. Jika para pendahulu berjuang melawan penjajah dengan angkat senjata, maka santri saat ini, berjuang melawan kebodohan dan kemunduran dengan angkat pena, tambahnya lagi,’ kata Sekda Arpan.

Masa depan indonesia ada di pundak kalian. Dengan hari santri tahun 2024 ini juga menjadi momentum untuk memperkuat komitmen kita semua, khususnya para santri dalam merengkuh masa depan dan mewujudkan cita-cita bangsa, harapnya.

Santri harus percaya diri karena santri bisa menjadi apa saja. Santri bisa menjadi presiden, dan kita punya presiden yang berlatar belakang santri, yaitu Kh. Abdurrahman Wahid atau Gus Dur. Santri juga bisa menjadi wakil presiden, dan kita punya wakil presiden berlatar belakang santri, yaitu Kh. Ma’ruf amin, tandasnya.

Sekali lagi santri bisa menjadi apa saja, asalkan terus berjuang, terus berusaha, dan tidak menyerah, semua pasti bisa diraih. Seperti pepatah yang diajarkan di pesantren, “Man Jadda Wajada”, Barang Siapa Yang Bersungguh-Sungguh Pasti Akan Berhasil,’ ucap Sekda.

Pada kesempatan ini, bahwa hari santri bukan hanya milik santri dan pesantren. Hari santri adalah milik semua golongan. Hari santri adalah milik seluruh elemen bangsa yang mencintai negaranya. Oleh karena itu, saya mengajak kepada seluruh komponen bangsa, apa pun latar belakangnya, untuk turut serta merayakan hari santri, tegasnya.

Dan melalui momen apel hari santri 2024 ini, marilah sejenak kita doakan pahlawan-pahlawan kita, ulama-ulama kita, santi-santri kita, yang telah gugur di medan laga demi kemaslahatan bangsa dan agama, semoga mereka ditempatkan di sebaik-baik tempat dan dengan para syuhada,’ katanya mengakhiri amanatnya. (Abdus Salam).

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 18 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Saipullah: Budaya Mandailing Harus Dilestarikan agar Tak Diklaim Suku Lain

27 Oktober 2024 - 22:29

Personel Koramil 13 Panyabungan Berjibaku Mencari Korban Hanyut Warga Kampung Baru

27 Oktober 2024 - 19:33

Bupati Madina Printahkan Kaban BPBD Segera Menemukan Korban Hanyut Warga Kampung Baru

27 Oktober 2024 - 18:09

Cabup Saipullah Sapa Pedagang Pasar Baru Panyabungan

27 Oktober 2024 - 14:27

Saipullah Santuni Anak Yatim Lima Desa di Hutabargot dan Dalan Lidang

27 Oktober 2024 - 12:37

Masuki H-2, BPBD Madina Bentuk 4 Tim Pencarian Warga Kampung Baru Yang Hanyut

27 Oktober 2024 - 12:18

Trending di Berita Daerah