Menu

Mode Gelap

Hukum

Polres Palas Kawal Aksi BPA Luat Aek Nabara Tuntut PT. Barapala di Kantor Bupati


					Polres Palas Kawal Aksi BPA Luat Aek Nabara Tuntut PT. Barapala di Kantor Bupati Perbesar

Madinapos.com – Padanglawas

Personil Polres Padang Lawas (Palas) melakukam pengamanan aksi Badan Pemangku Adat (BPA) Luat Aek Nabara Kecamatan, Aek Nabara Barumun, Kabupaten.Padang Lawas orasi di Kantor Bupati Padang Lawas (Palas), Rabu (13/12/2023)

BPA ke kantor Bupati menuntut tanah yang dimanfaatkan oleh PT. Barapala untuk lahan kebun sawit merupakan tanah/lahan masyarakat dari luat Aek Nabara dan Luat Unterudang tidak pernah menyerahkan kepada PT. Barapala.

Aksi dikoordinatori oleh Patuan Daulat Tongku Sutan Alamsyah Hasibuan dalam orasinya mengatakan dirinya beserta masyarakat luat Aek Nabara melakukan Somasi I kepada Perusahan PT. Barapala Pada tanggal 21 Mei 2012.

Kemudian Somasi juga telah dilakukan yang kedua pada tanggal 05 Oktober 2023, dan pertemuan di Bagas Godang di hadiri tokoh adat, masyarakat dan Perwakilan dari PT.Barapala. Pada tanggal 11 November 2023, begitu juga permohonan audiensi pada tanggal 27 November 2023.

Menurut Patuan Daulat Tongku Sutan Alamsyah Hasibuan didampingi Sutan Raja Muda Harahap, penyerahan tanah/Lahan ke PT. Barapala hanya dasar alas dari 6 Desa bukan atas dasar Badan Pamangku Adat Aek Nabara.

Patuan Daulat Tongku Alamsyah Hasibuan minta Kepada Plt. Bupati Padang Lawas supanya meninjau ulang status dari PT. Barapala mengembalikan tanah laut Aek Nabara sesuai dengan batas-batas yang telah di tetapkan oleh Pemerintah Kabupaten Padang Lawas, juga sesuai dengan peraturan yang berlaku dan mereka menolak kehadiran PT.Barapala di wilayah Luat Aek Nabara.

Aksi massa Badan Pemangku Adat (BPA) Aek Nabara disambut Kasatpol PP Kabupaten Padang Lawas Agus Saleh Saputra Daulay, SH, MM. sehubungan Plt dan Sekda tidak berada di tempat dan mengucapkan terimakasih kepada seluruh Aksi dari masyarakat Aek Nabara yang melakukan aksi dengan damai dan mengatakan tuntutan kami terima.

Sesuai dengan tuntutan akan di pelajari dulu dan akan disampaikan kepada pimpinan,juga akan segera di laporkan kepada Plt Bupati dan Kasatpol PP Agus Saleh Saputra Daulay, SH, MM. siap menfasilitasi dan mempertemukan dengan Plt Bupati nantinya.

Pengamanan aksi tersebut dipimpin Wakapolres Palaa Kompol Sugianto SH, hal tersebut disampaikan Kasat Samapta AKP. M Husni Yusuf SH  kepada awak media ini, ia mengatakan pengamanan unjuk rasa Badan Pemangku Adat (BPA) Luat Aek Nabara Kec.Aek Nabara di kantor Bupati Padang Lawas berjalan aman,lancar dan kondusif,’ katanya.

Selain dirinya mendampingi Wakapolres, turut pula para PJU, diantaranya, Kasubbag Dal Ops Bang Ops, AKP Syamsuddin, Kasat Reskrim, AKP Hitler Hutagalung. SH.MH, Kasi Propam Polres Padang Lawas IPTU G. Harahap,Kbo Sat Intelkam Polres Padang Lawas IPDA Feriko,Kanit Regident  Sat Lantas IPDA Yusuf dan Personil Polres Padang Lawas.(**)

 

Penulis : A Salam Srg.

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 116 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Tidak Berizin, DPP IM3 Madina Serukan Tangkap Pelaku Galian C Illegal di Linggabayu

20 Februari 2024 - 15:46

Kapolres Madina Akan Tertibkan Pelaku Galian C Illegal di Linggabayu

18 Februari 2024 - 18:40

DPP IM3 Madina Minta Kepolisian Tertibkan Galian C Illegal di Kecamatan Linggabayu

17 Februari 2024 - 22:10

Tak Terima Dilaporkan Ijazah Palsu, Kades Gunung Manaon, Sosa Timur Laporkan Balik

9 Februari 2024 - 11:11

Polres Madina Tangkap Pengedar Narkoba di Kelurahan Kotasiantar

7 Februari 2024 - 02:15

2 Pengedar Sabu Warga Bulu Sonik Diciduk Polisi, 6 Paket Diamankan

1 Februari 2024 - 14:48

Trending di Hukum