Menu

Mode Gelap

Berita Daerah

Aliansi Perangkat Desa Kecamatan Ulu Barumun Demo Ke Dinas PMD Palas


					Aliansi Perangkat Desa Kecamatan Ulu Barumun Demo Ke Dinas PMD Palas Perbesar

Madinapos.com – Padang Lawas.

Diberhentikan sepihak oleh Kepala Desa (Kades), aliansi perangkat desa Kecamatan Ulu Barumun, Kabupaten Padang Lawas (Palas) demo di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), Kamis (13/04/2023)

Freddy MS mewakili Perangkat desa dalam aksinya mengungkapkan keputusan kepala desa dan surat keputusan dari Plt Camat Ulu Barumun tidak sesuai dengan Permendagri No. 67 tahun 2017 tentang perubahan atas permendagri no 83 tahun 2015 tentang pengangkatan dan pemberhentian Perangkat Desa.

Karena, lanjutnya Pasal 5 diterangkan :
1. Kepala Desa memberhentikan perangkat desa setelah berkonsultasi dengan Camat, 2. Perangkat desa berhenti karena : meninggal dunia, mengundurkan diri, diberhentikan.

dan, 3. Perangkat desa diberhentikan sebagaimana dimaksud pada ayat 2 karena : usai genap 60 tahun, dinyatakan terpidana dengan ancaman pidana paling singkat lima tahun berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum,berhalangan tetao, tidak lagi memenuhi syarat sebagau perangkat desa, melanggar larangan sebagai perangkat desa.

“Kemudian, Peraturan Bupati Palas Nomor 10 tahun 2020 tentang perubahan kedua atas peraturan Bupati Palas Nomor 21 tahun 2016 tentang susunan organisasi dan tata kerja pemerintah desa dan teknis pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa”, ungkapnya.

Ia juga menjeaskan 5 Kepala Desa yakni Desa Pagaran Batu, Desa Tanjung, Desa Pintu Padang, Desa Sibual-buali, Desa Paringgonan Julu dengan sengaja membentuk Panitia Perekrutan Kaur Desa dan membuat pengumuman pendaftaran tanpa adanya pemberhentian perangkat desa dan tidak sesuai ketentuan perundang-undangan.

“Bahkan Kepala Desa Pintu Padang, Sibual-buali dan Desa Paringgonan Julu dengan sengaja memberhentikan sepihak seluruh perangkat desa tanpa regulasi yang sesuai dengan undang-undang”, ujarnya.

Dijelaskannya Plt Camat Ulu Barumun juga sengaja memberikan rekomendasi pemberhentian secara serentak dan seluruhnya terhadap perangkat desa di lima desa tanpa ada kesesuaian dengan undang-undang dan peraturan yang berlaku.

Dalam tuntutannya, mereka meminta Kadis PMD agar membatalkan rekomendasi pemberhentian terhadap seluruh perangkat desa oleh Plt Camat Ulu Barumun, serta surat keputusan pemberhentian terhadap seluruh perangkat desa.

Kemudian, meminta agar mengevaluasi kinerja Plt Camat Ulu Barumun beserta oknum atas administratif pemberhentian perangkat desa yang diduga adanya permainan. Seterusnya mengevaluasi ketidak disiplinan serta kesewenangan lima Kepada Desa di Kecamatan Ulu Barumun yakni Desa Pagaran Batu, Desa Tanjung, Sibual-buali, Desa Paringgonan Julu, Desa Pintu Padang.

Pantauan awak media dilapangan, aksi dari aliansi perangkat desa Kecamatan Ulu Barumun yang dilaksanakan di depan halaman Kantor Dinas PMD Palas tak satupun pejabat yang menerima para pengunjuk rasa, bahkan kantor tersebut terlihat sepi, padahal orasi dilaksanakan pada Pukul 10.00 WIB.(**)

Penulis : A Salam Srg.

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 245 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Pemkab Madina Mulai Bangun Ruas Jalan Aek Godang – Hutabargot

18 Mei 2024 - 20:29

Pemko Padangsidimpuan Gelar MTQ Ke- XXIII 2024

18 Mei 2024 - 17:59

Bergengsi, Desa Pardomuan Tapsel Wakili Sumut Lomba di HKG PKK Ke-52

18 Mei 2024 - 17:28

Bupati Dolly Pasaribu Lakukan Jalan Santai Bersama Pimpinan OPD dan ASN Tapsel

18 Mei 2024 - 17:15

Pj.Walikota Bai’at dan Lantik Dewan Hakim MTQ XXIII Tingkat Kota Padangsidimpuan

17 Mei 2024 - 19:54

Jumat Bersih di Kecamatan Siabu Terus Berlanjut, Sekcam : Mendukung Semangat Kerja

17 Mei 2024 - 13:45

Trending di Berita Daerah