Menu

Mode Gelap

Hukum

Satlantas Polres Madina Larang Pelajar SMP Sederajat Bawa Sepeda Motor Ke Sekolah


					Satlantas Polres Madina Larang Pelajar SMP Sederajat Bawa Sepeda Motor Ke Sekolah Perbesar

Madinapos.com – Panyabungan.

Polres Madina melalui Kasat lantas AKP Samsul Arifin Batubara menyampaikan kasus kecelakaan lalulintas (Laka Lantas) sepeda motor yang terjadi belakangan ini di Kabupaten Mandailing Natal (Madina) cukup tinggi, dari 48 kasus diantaranya 25 meninggal, luka berat 21, ringan 57 orang dengan kerugian 115.800.000 juta.

” Dari 48 Kasus laka Lantas tersebut, 43 persennya disebabkan korban merupakan pengguna kendaraan di bawah umur, rincian 21 kasus Laka Lantas, 7 orang anak di bawah umur meninggal dunia, 22 orang luka ringan, 10 orang luka berat dan kerugian materil sebesar Rp.45.000.000,” ucap Kasat lantas AKP Samsul Arifin Batubara, Senin (24/10).

Untuk menekan angka kecelakaan lalulintas ini, Sat lantas Polres Madina juga berharap kepada Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal membuat surat rekomendasi ke Dinas Pendidikan dan juga Kanwil Kemenag Kabupaten Madina terkait larangan penggunaan kendaraan bermotor bagi peserta didik dibawah umur ( Tingkat SD Negeri/ MIN / SD Swasta dan SMP Negeri/ MTs Negeri / SMP Swasta) di Satuan Pendidikan Kabupaten Madina.

” Intinya mengimbau kepada seluruh Kepala Sekolah agar diterapkannya peraturan berlalulintas pada anak didik, serta menerapkan sistem perlengkapan wajib yang harus dimiliki oleh pelajar yang menggunakan sepeda motor dan juga mobil ke tempat sekolah”, ungkapnya.

Adapun rincian peraturan yang disampaikan oleh Kasat lantas Polres Madina : a. Pelajar yang belum cukup umur dilarang untuk membawa atau mengendarai kendaraan bermotor ke sekolah. b. Sekolah dilarang menyediakan tempat parkir kendaraan untuk pelajar yang membawa kendaraan sendiri ke sekolah.

” Salah satu syarat untuk mengendarai kendaraan bermotor adalah memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM), Oleh sebab itu kita himbau kepada para pelajar yang belum memiliki SIM agar tidak membawa kendaraan pribadi ke sekolah, begitu juga kepada masyarakat agar mematuhi peraturan berlalulintas supaya mengurangi angka Laka Lantas,” tutupnya. (Suaib)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 246 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Polisi Limpahkan Berkas 7 Tersangka Beserta 1 Excavator PETI Kotanopan ke Kejari Madina

19 Juli 2024 - 11:33

Polres Madina Panggil Saksi Kasus Tambang Emas di Hilir Bendungan Batang Gadis

12 Juli 2024 - 17:21

Polisi Amankan Penipuan Catut Nama Satintel Dan Satnarkoba Polres Palas

8 Juli 2024 - 21:24

Polres Palas Mediasi Kasus Pengrusakan Tanaman Kelapa Sawit di Desa Ujung Batu I

28 Juni 2024 - 08:40

Tangkap 3 Kurir Narkoba Antar Provinsi, Polres Madina Ancam Hukuman Kurungan Seumur Hidup

28 Juni 2024 - 07:48

Polres Madina Berhasil Cegat Pengiriman 110 Bal Ganja Kering Menuju Sumbar

28 Juni 2024 - 07:30

Trending di Hukum