Menu

Mode Gelap

Berita Daerah

Terkait Polemik Plasma Singkuang I, Bupati Madina Minta PT. Rendi Wujudkan MoU Dengan Koperasi


					Terkait Polemik Plasma Singkuang I, Bupati Madina Minta PT. Rendi Wujudkan MoU Dengan Koperasi Perbesar

Madinapos.com – Panyabungan.

Terkait persoalan plasma yang belum tuntas, sejumlah warga Desa Singkuang I sudah beberapa hari ini melakukan aksi unjuk rasa hingga blokir jalan perusahaan Perkebunan PT. Rendi Permata Raya Kecamatan Muara Batang Gadis Kabupaten Mandailing Natal. Mereka menutut perusahaan segera merealisasikan plasma kepada masyarakat.

Sapihuddin, Koordinator Lapangan (Korlap) aksi mengatakan hampir 12 tahun perjuangan mereka warga Desa Singkuang I yang tergabung dalam KUD Hasil Sawit Bersama (HSB) dengan PT. Rendi Permata Raya hingga kini, (Kamis 13/10/22. red) belum terselesaikan.

” Lambannya proses penyelesaiannya membuat warga memilih cara sendiri dengan melakukan aksi unjuk rasa perkebunan sembari meminta kepada Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal (Madina) tidak memberikan toleransi lagi kepada perusahan perkebunan itu untuk segera merealisasikan plasma kepada masyarakat”, ungkapnya.

Sementara Bupati Madina HM Ja’far Sukhairi Nasution menanggapi aksi unjuk rasa warga tersebut mengatakan akan memberi sanksi pada perusahaan yang melanggar ketentuan, sanksi hukum itu bisa berbentuk denda sampai pencabutan izin.

” Ini sudah kedua kalinya pemerintah daerah menyurati perusahan terkait plasma kepada masyarakat, dalam surat itu kita telah sampaikan beberapa hal sesuai peraturan yang berlaku, jika plasma kepada masyarakat ini tidak dipenuhi, maka ada sanksi yang dapat berikan pada perusahaan tersebut,” tegasnya.

Sukhairi juga mengatakan akan terus melakukan upaya pendekatan bahkan sampai upaya hukum bila diperlukan, karena sebelumnya secara lisan pihak perusahaan akan melakukan MOU dengan masyarakat,” namun karena ada dinamika yang terjadi dengan munculnya dua koperasi akhirnya pihak perusahaan berubah sikap, dan itu sangat kita sesalkan”, ungkapnya.

” Jadi saya minta saya selaku Bupati Madina segara wujudkan MOU dengan Koperasi, karena jika tidak kita akan lakukan upaya hukum, jadi untuk itu saya berharap pada masyarakat agar bersabar karena ada koridor yang harus ditempuh dan jangan anarkis,” tutupnya. (Suaib)

 

 

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 346 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Pj. Walikota Padangsidimpuan Sholat Idul Fitri di Masjid Agung Al-Abror

12 April 2024 - 10:44

Pj Bupati Dan Kapolres Palas Sholat Id 2024 di Lapangan Merdeka Sibuhuan, Bersama Ribuan Jamaah

11 April 2024 - 14:16

Rayakan Idul Fitri 1445 H, Bupati Tapsel Ajak Masyarakat Tingkatkan Amal Kebaikan

11 April 2024 - 14:08

Libur Lebaran 2024, Polsek MBG Tingkatkan Pengamanan Obyek Wisata Pantai

11 April 2024 - 13:58

Jamaah Padati Pelaksanaan Shalat Ied 1445 H di Mesjid Agung Nur Alanur Panyabungan

10 April 2024 - 08:02

Diikuti Ribuan Warga, Camat Siabu Lepas Pawai Takbiran Sambut Idul Fitri 1445 H

10 April 2024 - 04:31

Trending di Berita Daerah