Menu

Mode Gelap

Hukum

Jalani Deradikalisasi dan Ikrar Setia NKRI, 2 Napi Teroris Lapas Kelas IIB Padang Sidempuan Bebas Bersyarat


					Jalani Deradikalisasi dan Ikrar Setia NKRI, 2 Napi Teroris Lapas Kelas IIB Padang Sidempuan Bebas Bersyarat Perbesar

Madinapos.com – Padang Sidempuan.

2 (dua) orang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) terpidana kasus terorisme, DA (46) dan M (43), dinyatakan bebas bersyarat dari Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Padang Sidempuan setelah mengikuti berbagai pembinaan dan program integrasi Pembebasan Bersyarat (PB). Senin (29/08/22)

Kedua terpidana kasus terorisme tak bisa menyembunyikan ekspresi bahagianya saat diantarkan petugas menuju pintu utama Lapas Padang Sidempuan untuk kembali menghirup udara segar diluar. “Alhamdulillah, terima kasih atas bimbingannya selama ini, bapak,” ujar mereka saat berpamitan kepada Kalapas dan Pamong/wali.

Kalapas Padang Sidempuan, Indra Kesuma, A.Md.IP., SH., MH menyatakan, pelaksanaan PB ini sudah melalui proses sesuai peraturan. Dasar hukumnya adalah Surat Keputusan (SK) PB Menteri Hukum dan HAM RI tertanggal 24 Agustus 2022 Nomor : PAS-1343.PK.05.09 TAHUN 2022.

“Yang bersangkutan sebelumnya telah menyatakan Ikrar Setia NKRI pada 23 September 2021 lalu dan telah mengikuti program Deradikalisasi dari BNPT serta turut aktif mengikuti berbagai program pembinaan dengan baik di lapas,” ujar Indra Kesuma.

Sebelumnya, kedua terpidana terorisme yang divonis 4 tahun ini merupakan tahanan dari Rutan Mako Brimob dan Rutan Kelas I Depok yang dipindahkan ke Lapas Padang Sidempuan pada pertengahan Juni 2021 lalu dengan pengawalan Tim Densus 88 dan BNPT.

Selama di lapas, DA dan M berkomitmen untuk setia dan taat kepada Pancasila dan NKRI serta bersedia bergaul dengan para warga binaan lainnya. “Keberhasilan pembinaan kepada kedua terpidana terorisme ini merupakan Kerjasama dari semua pihak, karena proses pembinaan kepada terorisme memerlukan metode motivasi secara personal dan pendekatan yang intensif,” tambah Kalapas.

Kalapas Indra Kesuma juga menambahkan, pihaknya telah melakukan pendampingan kepada kedua napiter tersebut dengan penyerahan kepada Bapas Sibolga dan Kejaksaan Negeri Padang Sidempuan dengan pengawalan dari Densus 88, Kodim 0212/Tapanuli Selatan dan Polres Kota Padang Sidempuan.

“Saya berharap semoga setiap pembinaan yang telah diberikan dan program integrasi mampu memberikan kesempatan kepada napiter untuk kembali bisa diterima dan bisa berinteraksi dimasyarakat,” Ucap Kalapas.
(*/Andy)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 48 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Dilaporkan Serobot Lahan, KSB Harapan Baru Merasa Heran : Kami Tidak Kenal Pelapor

22 September 2022 - 21:27

Berawal Aplikasi Dumas Mangalapor Pak Kapolres, Satres Narkoba Polres Madina Ciduk 4 Pengedar Sabu

22 September 2022 - 18:18

Miliki Sabu, Wanita Paruh Baya Ini Ditangkap Satres Narkoba Polres Palas

18 September 2022 - 09:11

Camat Apresiasi Polsek Batahan – Sinunukan Bongkar Komplotan Pencuri : Semoga Pedagang Nyaman Berusaha

8 September 2022 - 22:55

Polsek Batahan – Sinunukan Bongkar Komplotan Pencuri Puluhan Tim Rokok di Toko H.A. Pulungan

8 September 2022 - 18:35

BNN Madina Amankan 1 Avanza Serta 22 Kg Ganja Siap Edar Dari 2 Warga Desa Siobon Jae dan Julu

8 September 2022 - 13:27

Trending di Hukum