Menu

Mode Gelap

Berita Daerah

Bupati Tapsel : BLT Dana Desa Wujud Kepedulian Kades Pada Masyarakatnya


					Bupati Tapsel : BLT Dana Desa Wujud Kepedulian Kades Pada Masyarakatnya Perbesar

Madinapos.com – Tapsel.

Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel), H. Dolly Pasaribu, S.Pt, MM, mengatakan bahwa, program bantuan langsung tunai (BLT) yang bersumber dari dana desa (DD) merupakan wujud kepedulian kepala desa (Kades) kepada masyarakatnya dimasa pandemi Covid-19. Sebab, ditengah keterbatasan kondisi keuangan di desa, Kades tetap menginisiasi dan merealisasikan terwujudnya BLT itu.

“Jadi, Pemkab Tapsel melalui Dinas PMD dan Camat, menekankan ke Kades agar memikirkan program yang dapat membantu perekonomian warga. Dan akhirnya melalui proses musyawarah, disalurkanlah BLT yang bersumber dari dana desa ini ke masyarakat,” kata Bupati disela penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) dana desa (DD) ke masyarakat yang berhak di Desa Aek Badak Julu, Kecamatan Sayurmatinggi, Kabupaten Tapsel, Rabu (25/8).

Adapun yang mendasari BLT DD itu, kata Bupati, yakni sebagaimana sudah diketahui bersama, bahwa sudah setahun lebih atau sejak Maret 2020 pemerintah menetapkan pandemi Covid-19 adalah Bencana Nasional Non Alam. Agar virus ini tidak tersebar luas dikarenakan sifat penyebarannya yang masif, pemerintah Indonesia membuat berbagai kebijakan yang membatasi kegiatan masyarakat.

“Mulai dari penghambatan masyarakat untuk ke luar kota hingga tidak boleh ke luar dari rumah. Tak terkecuali, Pemkab Tapsel yang juga mengikuti kebijakan pemerintah atasan untuk menerapkan ke masyarakat agar tidak membuat kerumunan, mengurangi mobilitas yang diterjemahkan dalam bentuk agar masyarakat tidak menggelar pesta, baik itu pernikahan atau adat, jika diadakan pun sifatnya hanya sekedar kenduri. Bertakniah atas pernikahan tersebut, menyalami pengantin lalu pulang. Tidak ada yang disajikan prasmanan,” imbuhnya.

Dengan adanya pembatasan kegiatan dari masyarakat itu, secara tidak langsung juga mempengaruhi pertumbuhan ekonomi masyarakat yang cenderung menurun di seluruh Indonesia termasuk Kabupaten Tapsel. Maka dari itu, Bupati Tapsel melalui Dinas PMD dan Camat, meminta ke Kades, agar sebagian DD untuk penanganan Covid-19 yang dialokasikan ke penyaluran BLT bagi masyarakat harus selektif dan profesional.

“Kami juga menekankan ke Kades agar proses pengusulan masyarakat yang menerima melalui musyawarah dan hasil penyalurannya juga harus administrasinya didokumentasi dengan baik sehingga tidak menimbulkan kecemburuan masyarakat. Artinya, semua masyarakat yang berhak harus menerima BLT DD,” terang Bupati.

Kepada masyarakat, Bupati berharap agar kiranya bantuan yang disalurkan itu dapat meringankan beban keluarga dalam menjalani kehidupan dimasa pandemi Covid-19 ini. Mudah-mudahan, harap Bupati, warga yang hari ini menerima BLT, perekonomiannya ke depan lebih membaik sehingga penyaluran bantuan bisa disalurkan ke masyarakat lain yang membutuhkan.

Sementara, Kades Aek Badak Julu, Hotlan Lubis, melaporkan bahwa, kegiatan itu diadakan dalam rangka penyaluran BLT DD mulai dari April hingga Agustus 2021. Adapun warga penerima manfaat BLT DD di Desa Aek Badak Julu yakni sebanyak 113 Kepala Keluarga (KK). Kades juga mengucapkan terimakasih ke Bupati Tapsel karena berkat bimbingannya penyaluran BLT DD di Desa Aek Badak Julu bisa terlaksana.

Tampak hadir bersama Bupati, Kadis PMD Muhammad Yusuf, Kasatpol PP Zulkifli Harahap, Camat Sayurmatinggi Emmy Farida, S.Pd MM dan para warga penerima BLT DD.(Sayuti)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 7 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Perkuat Silaturahmi, APDESI Madina Adakan Acara Halal Bi Halal 2024

25 April 2024 - 17:52

Buka HLM TPID dan TP2DD, Bupati Tapsel Berharap Jaga Kesetabilan Harga dan Ketersediaan Bahan Pokok

25 April 2024 - 16:21

Bupati Dolly Pasaribu Lantik Pengurus LPTQ Kabupaten Tapsel Periode 2023-2025

25 April 2024 - 11:33

42 KPM Desa Muara Pertemuan Terima BLT – DD Tahap I T.A 2024

25 April 2024 - 11:28

Bupati Tapsel : Manfaatkan Momentum Halal Bihalal Untuk Saling Bermaafan

25 April 2024 - 11:03

Polres Palas Raih Presisi Award 2024, Lemkapi : Merasakan Kehadiran Polri di Program Jum’at Curhat

24 April 2024 - 20:26

Trending di Berita Daerah