Menu

Mode Gelap

Politik

KPU Sumut Goes To Campus, Sambangi FISIP USU


					KPU Sumut Goes To Campus, Sambangi FISIP USU Perbesar

Madinapos.com – Medan

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Utara (Sumut) memiliki program sosialisasi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut (Pilgubsu) dan pemilihan kepala daerah (Pilkada) ke belasan kampus yang ada di Sumut.

Kali ini, KPU Sumut Goes To Campus menyambangi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Universitas Sumatera Utara. Acara ini digelar bekerja sama dengan Himpunan Mahasiswa Ilmu Politik (IMADIP) FISIP USU pada Selasa tanggal 27 Maret 2018 di Pendopo FISIP.

Acara sosialisai ini, dilaksanakan selama 4 jam dimulai dari pukul 09.30 WIB sampai pukul 13.30 WIB dan mengundang lebih dari seratus mahasiswa FISIP. Acara ini juga dihadiri oleh pengurus IMADIP, Komisioner KPU Sumut Yulhasni, Zakaria Taher dosen Ilmu Politik USU, dan Ketua Jurusan Ilmu Politik Warjio.

Sosialisasi ini bertujuan untuk menyosialisasikan bahwa Sumut dan delapan kabupaten/kota lainnya di Sumut akan melaksanakan pemungutan suara pada Rabu tanggal 27 Juni 2018 mendatang kepada para pemilih pemula dan pemilih muda. Dalam sosialisasi ini, juga akan dijelaskan berbagai tahapan dan persyaratan yang diperlukan agar pemilih pemula dapat memberikan hak suaranya pada hari pemungutan suara nanti.

Yulhasni, komisioner KPU Sumut yang juga menjadi pemateri dalam acara KPU Sumut Goes To campus menjelaskan bahwa ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh pemilih agar dapat memilih, salah satunya adalah memiliki kartu tanda penduduk elektronik (E-KTP). Jika E-KTP-nya belum selesai dicetak, pemilih harus membawa surat keterangan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil setempat. “Untuk mendapatkan surat keterangan tersebut, harus dilakukan perekaman data terlebih dahulu,” tambah Yulhasni.

Dilanjutkan oleh Yulhasni, program KPU Sumut Goes To Campus diharapkan dapat meningkatkan partisipasi dari pemilih pemula. Yulhasni bilang, pemilih pemula haruslah memberikan hak suaranya dalam pemilihan umum sebab satu suara dari pemilih pemula akan menentukan masa depan daerah tersebut untuk lima tahun yang akan datang. “Sesuai dengan tagline KPU, Pemilih Berdaulat, Negara Kuat,” tutupnya.

Rahmad Alfiansyah Sinurat sebagai salah satu peserta sosialisasi mengapresiasi program KPU Sumut Goes To Campus. Acara ini menurutnya dapat menambah wawasan dari pemilih pemula dan peryaratan apa saja yang harus dipenuhi agar terdaftar sebagai pemilih pemula. Ditambahkan oleh Rahmad, acara ini sebaiknya mengundang lebih banyak pemilih pemula. “Kalau boleh fokuskan juga kepada anak-anak SMA karena mereka juga pemilih pemula,” pungkasnya. (am)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 17 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Aliansi Masyarakat Ulu Sosa Kembali Unjuk Rasa di Kantor KPU Palas

9 Maret 2024 - 16:18

Bawaslu Tolak Gugatan Sengketa Pemilu 2024 Caleg DPRD Palas

8 Maret 2024 - 12:12

Tokoh Masyarakat Siabu Minta KPU Madina Gelar PSU di TPS 006 Desa Bonan Dolok

26 Februari 2024 - 15:05

Warga Desa Ujung Batu IV Berikan Suara di 9 TPS Pemilu 2024, Persoalkan Undangan Memilih Tak Sampai

14 Februari 2024 - 12:53

Hari Ini, Warga Madina Berikan Suaranya di TPS Pemilu 2024

14 Februari 2024 - 10:42

Logistik Pemilu 2024 Tahap Pertama Untuk 8 Kecamatan Diluncurkan KPU Palas

12 Februari 2024 - 14:47

Trending di Berita Daerah