Menu

Mode Gelap

Berita Daerah

PPK Natal Gelar Sosialisasi Pilkada 2024 Kepada Basis Pemilih


					PPK Natal Gelar Sosialisasi Pilkada  2024 Kepada Basis Pemilih Perbesar

Madinapos.com, Natal – Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Natal gelar kegiatan Sosialisasi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara serta Bupati dan Wakil Bupati Mandailing Natal 2024 Kepada Basis Pemilih, bertempat di Aula Kantor Camat Natal, Sabtu 19/10/2024.

Rangkaian kegiatan diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan mendengarkan Jingle Pilkada Madina. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan doa oleh H. Abdul Basor, S. Ag yang juga merupakan Ketua MUI Kecamatan Natal.

Mewakili Ketua PPK Natal, Wildansyah Putra Hasibuan selaku Kadiv Perdatin PPK Natal dalam sambutannya mengucapkan terimakasih atas kehadiran para peserta sosialisasi Pemilihan Gubernur (Pilgub) dan Pemilihan Bupati (Pilbup) pada Pilkada serentak yang akan digelar 27 Nopember 2024 mendatang.

Kemudian lanjut Wildansyah yang didampingi oleh Ruli Mustika selaku Kadiv Hukum dan Pengawasan serta Ade Imriati Pulungan selaku Kadiv Sosdiklih, Parmas dan SDM PPK Natal, membuka acara sosialisasi tersebut berharap para peserta dapat nantinya membantu memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya menggunakan hak pilih.

Ditempat yang sama, Pemateri yang merupakan anggota PPK Natal, Mhd. Ali Hanafiah selaku Kadiv Teknis Penyelenggaraan menyampaikan bahwa tujuan dari sosialisasi tersebut diharapkan ada peningkatan tingkat partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya, dan berharap agar masyarakat pemilih tidak Golput.

” Melalui kegiatan sosialisasi, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Mandailing Natal berharap ada peningkatan partisipasi masyarakat dalam hal menggunakan hak pilihnya, dan kegiatan ini salah satu langkah dan upaya yang dilakukan oleh KPU Mandailing Natal,” terang Mhd. Ali Hanafiah disela-sela pemaparannya.

Lebih lanjut, mantan Panwaslucam Natal ini juga menyampaikan agar masyarakat pemilih menghindari dan menolak kampanye hitam maupun pembelian hak pilih oleh oknum-oknum yang mengatasnamakan tim pasangan calon Gubernur maupun pasangan calon Bupati.

” Salah satu upaya nyata Komitmen KPU Kabupaten Mandailing Natal dalam memastikan hak pilih dapat disalurkan dengan baik oleh masyarakat, KPU Mandailing Natal (Madina) juga telah berkolaborasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Madina untuk mendorong pelaksanaan pencetakan dan perekaman e-KTP ke Kecamatan-kecamatan yang jauh dari Ibukota Kabupaten.

Sehingga masyarakat tidak terkendala dalam menggunakan hak pilihnya nanti pada saat pergi ke TPS tanggal 27 November 2024 mendatang, khususnya para pemilih pemula yang belum memiliki KTP sebelumnya,” ungkap Mhd. Ali Hanafiah

Selain itu, dalam kegiatan yang berpedoman kepada Keputusan KPU Nomor 620 Tahun 2024 ini, Kadiv Teknis Penyelenggaraan PPK Natal ini juga memaparkan mengenai Pelayanan DPTb (Daftar Pemilih Tambahan) maupun Teknis Pengurusan Pindah memilih, serta menjabarkan mengenai DPK (Daftar Pemilih Khusus). Dari pantauan di lokasi, kegiatan juga diisi dengan sesi tanya jawab bersama peserta yang hadir.

Turut hadir dalam kegiatan sosialisasi tersebut, perwakilan Lembaga Adat dan Budaya Ranah Nata (LABRN), Ketua MUI, mewakili Muslimat NU, mewakili PC. Aisyiah, dan juga OSIS SMA Negeri 1 Natal yang merupakan Duta Pilkada Mandailing Natal 2024 mewakili Kecamatan Natal. (Adnan Amrin).

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 31 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Tanggapi Unjuk Rasa Puluhan Warga Beberapa Hari Lalu, Ini Penjelasan Kades Pasar VI Natal

28 Oktober 2024 - 09:45

Saipullah: Budaya Mandailing Harus Dilestarikan agar Tak Diklaim Suku Lain

27 Oktober 2024 - 22:29

Personel Koramil 13 Panyabungan Berjibaku Mencari Korban Hanyut Warga Kampung Baru

27 Oktober 2024 - 19:33

Bupati Madina Printahkan Kaban BPBD Segera Menemukan Korban Hanyut Warga Kampung Baru

27 Oktober 2024 - 18:09

Cabup Saipullah Sapa Pedagang Pasar Baru Panyabungan

27 Oktober 2024 - 14:27

Saipullah Santuni Anak Yatim Lima Desa di Hutabargot dan Dalan Lidang

27 Oktober 2024 - 12:37

Trending di Berita Daerah