Menu

Mode Gelap

Berita Daerah

Saipullah jadi Pemateri Kuliah Tamu di Akbid Armina Centre Panyabungan


					Saipullah jadi Pemateri Kuliah Tamu di Akbid Armina Centre Panyabungan Perbesar

Madinapos.com, Panyabungan – Ketua umum DPP Ikatan Keluarga Nasution (IKANAS) dohot anakboruna, H. Saipullah Nasution, SH, MM menjadi pemateri pada kegiatan kuliah tamu di Akademi Kebidanan (Akbid) Armina Centre Panyabungan, Madina, Sabtu (19/10/2024).

Saipullah yang juga sebagai Ketua Umum Ikanas itu terlihat mahir memberikan materi kuliah. Dia membawa materi kuliah berjudul: pelayanan kesehatan berbasis integritas dan profesionalisme.

Mulanya, Saipullah didampingi beberapa relawan disambut Direktur Akbid Armina Centre Panyabungan, Aryunita, SST, M.Kes dan Ketua Yayasan, dr. Safruddin Nasution.

Melihat poster visi-misi Akbid Armina Centre Panyabungan, Saipullah menyebut materi yang dia sampaikan hampir sama. Akbid Armina memiliki visi: menjadikan tenaga bidan profesional, mandiri dan adaftif terhadap perubahan dan daya saing di wilayah Sumatera Utara.

Saipullah membedah judul materi yang dia sampaikan. Pertama, Sutan Kumala Perhimpunan Naposo itu menjelaskan tentang pengantar pelayanan publik dalam kesehatan.

” Pelayanan publik adalah semua aktivitas yang dilakukan oleh pemerintah atau lembaga publik untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, termasuk penyediaan layanan seperti pendidikan, transportasi, dan kesehatan,” katanya.

Saipullah juga menyebut peran tenaga kesehatan, khususnya perawat dan bidan, sebagai ujung tombak pelayanan kesehatan di masyarakat. Dia mengatakan pentingnya memberikan pelayanan berkualitas dengan pendekatan yang berfokus pada pasien.

Selanjutnya Saipullah menjelaskan tentang integritas dalam pelayanan kesehatan. Defenisi integritas yang dimaksud adalah menjunjung tinggi kejujuran, tranparansi, dan etika dalam setiap tindakan.

” Contoh nyata, memprioritaskan kepentingan pasien di atas kepentingan pribadi, menghindari korupsi atau gratifikasi dan menjaga rahasia pasien (rahasia medis),” ungkapnya.

Sedangkan makna profesionalisme dalam pelayanan kesehatan, kata Saipullah, adalah menjalankan tugas sesuai keahlian, pengetahuan yang baik dan sikap yang tepat.

” Contoh nyata, arti profesionalisme itu adalah tepat waktu dalam bekerja, memberikan informasi yang jelas kepada pasien, dan menghormati pilihan pasien,” terang Saipullah.

Saipullah menyimpulkan, kolaborasi integritas dan profesionalisme adalah dua elemen kunci yang berperan vital dalam meningkatkan pelayanan kesehatan.

” Dengan membangun kepercayaan antara pasien dan tenaga medis, serta mematuhi standar etika dan kompetensi, keduanya menciptakan lingkungan yang aman dan efektif bagi pasien,” tutupnya.

Berdasarkan laporan pembawa acara, Akbid Armina Centre berdiri sejak tahun 2007. Akademi ini sudah meluluskan 1.000 alumni yang sudah tersebar di seluruh wilayah Madina, bahkan bekerja di luar daerah.

Kuliah tamu diakhiri dengan sesi tanya-jawab antara pemateri dengan mahasiswa. Pihak Akbid Armina Centre Panyabungan memberikan piagam penghargaan kepada Saipullah Nasution sebagai rasa bangga dan apresiasi atas ilmu yang disampaikan. (SRN).

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 74 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Saipullah: Budaya Mandailing Harus Dilestarikan agar Tak Diklaim Suku Lain

27 Oktober 2024 - 22:29

Personel Koramil 13 Panyabungan Berjibaku Mencari Korban Hanyut Warga Kampung Baru

27 Oktober 2024 - 19:33

Bupati Madina Printahkan Kaban BPBD Segera Menemukan Korban Hanyut Warga Kampung Baru

27 Oktober 2024 - 18:09

Cabup Saipullah Sapa Pedagang Pasar Baru Panyabungan

27 Oktober 2024 - 14:27

Saipullah Santuni Anak Yatim Lima Desa di Hutabargot dan Dalan Lidang

27 Oktober 2024 - 12:37

Masuki H-2, BPBD Madina Bentuk 4 Tim Pencarian Warga Kampung Baru Yang Hanyut

27 Oktober 2024 - 12:18

Trending di Berita Daerah