Menu

Mode Gelap

Berita Daerah

166 Hewan Qurban Di Padangsidimpuan Hari Ini Diperiksa Kesehatannya


					166 Hewan Qurban Di Padangsidimpuan Hari Ini Diperiksa Kesehatannya Perbesar

Madinapos.com – Padangsidimpuan.

Untuk memastikan kesehatan hewan qurban menjelang hari raya idul adha 1445 H, Dinas Pertanian Kota Padangsidimpuan melakukan pemeriksaan langsung di tiga kandang yang terletak di Desa labuan labo,Desa Tarutung baru dan Aek gareder Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara, Rabu (12/06/24).

“Hari ini kita melakukan pemeriksaan kesehatan hewan qurban jenis sapi, kerbau, kambing dan domba diseluruh wilayah kota Padangsidimpuan mulai hari ini (rabu12 juni 2024) tempat – tempat penampungan”, Ujar Edi Darwan Harahap Kadis Pertanian Kota Padangsidimpuan.

Edi menjelaskan untuk hari ini Dinas Pertanian Kota Padangsidimpuan telah memberikan stempel (tanda) untuk 166 hewan kurban di 3 lokasi tersebut, yakni Desa Labuhan Labo sebanyak 76, Desa Tarutung Baru 60 dan Aek Gareder sebanyak 30 hewan kurban.

Kemudian, Ahmad Rifai selaku Kabid menambahkan bahwa pemeriksaan yang dilakukan meliputi pemeriksaan kesehatan (antemortem) layak tidaknya hewan tersebut dijadikan sebagai hewan qurban.

“Ciri – ciri ternak yang sehat itu seperti nafas teratur, berdiri tegak, tidak ada luka, bola mata bening dan tidak bengkak, area mulut dan bibir bersih, lidah bergerak bebas dan air liur cukup membasahi rongga mulut, Area anus bersih, Kotoran padat, Aktif bergerak, Nafsu makan baik, rambut tidak kusam, Cermin hidung basah”, ungkapnya.

Ahmad Rifai menjelaskan bahwa untuk saat ini hasil pemeriksaan dua kandang hewan ternak belum di temukan penyakit, berarti hewan qurban yang tersedia di kota Padangsidimpuan layak dan sehat, tuturnya.

“Untuk umur hewan ternak kita ketahui dari hasil pemeriksaan gigi. Jadi yang kita ketahui syarat hewan qurban meliputi, ternak sehat, cukup umur, dan tidak cacat”, Jelasnya. (*/Andy)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 9 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Meriahkan Tahun Baru Islam 1446 H, FUI Madina Gelar Zikir Doa dan Pawai Obor

13 Juli 2024 - 23:11

Kunjungi Desa Sayur Matua, Kades : Terimakasih, Pj. Bupati Palas dan PT. Empe Tonga Bakri Group

13 Juli 2024 - 18:13

Forkopimcam Linggabayu Gelar Jum’at Bersih dan Senam Bersama

12 Juli 2024 - 17:36

Forkopimcam Muara Sipongi Bersama Masyarakat Gelar Gotong Royong

12 Juli 2024 - 15:14

Kungker diwilayah Pantai Barat, Wabup Atika Kunjungi Kecamatan Linggabayu

12 Juli 2024 - 00:09

Wabup Madina Kunjungi Korban Kebakaran di Kelurahan Longat

12 Juli 2024 - 00:03

Trending di Berita Daerah