Menu

Mode Gelap

Desa Kita

Dihantam Banjir, Tanggul Irigasi Aek Sibontar Kecamatan Siabu Jebol Lagi


					Dihantam Banjir, Tanggul Irigasi Aek Sibontar Kecamatan Siabu Jebol Lagi Perbesar

Madinapos.com – Siabu.

Akibat dihamtam banjir, Tanggul Irigasi sederhana yang dibangun warga untuk mengairi sawah di Desa Bonan Dolok dan beberapa desa sekitarnya Wilayah Kecamatan Siabu Kabupaten Mandailing Natal kembali jebol sehingga menyebabkan sawah kering.

Ali Asrin Matondang, Ketua Kelompok Tani Sejati Desa Bonan Dolok mengatakan Tanggul Irigasi tersebut telah berulang kali jebol,” kami melalukan gotong royong untuk memperbaikinya secara sederhana, namun kembali jebol dihantam banjir”, ungkapnya Senin (11/6) sore.

“Pada bulan maret lalu Tanggul jebol dan kami gotong royong secara swadaya namun akibat curah hujan tinggi Tanggul yang kami perbaiki jebol lagi,hari ini lahan pertanian kami kering dan terancam gagal tanam, ini sudah di depan mata kalau tidak diperbaiki”, paparnya. .

Ia juga mengatakan ada tiga desa dan kelurahan yang bergantung pada irigasi ini antara lain Desa Lumban Pinasa, Desa Bonan Dolok dan Kelurahan Simangambat untuk areal ratusan hektar.

Hal sama anggota Kelompok Tani Rumbio Sada Rinto Apandi juga dengan harapan yang agar kiranya ada dukungan membangun sebuah bendungan baru atau setdaknya memperbaiki tanggul irigasi ini dengan baik sehingga tidak mudah rusak oleh banjir.

“Itu harapan kami kembali diperbaiki agar kebutuhan air untuk persawahan di wilayah kita ini kembali terpenuhi dan kita siap menghadapu musim tanam kedepan”, tutupnya. (adanan saleh)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 31 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Pemdes Sale Baru Salurkan BLT – DD Kepada 51 KPM

12 Juni 2024 - 06:31

Antisipasi Banjir, Pemdes Ampung Siala Lakukan Pengorekan Parit Jalan

10 Juni 2024 - 20:10

Forkopimcam Siabu Akan Safari Subuh Berjamaah Setiap Minggu di Mesjid Desa

9 Juni 2024 - 10:53

Pemdes Sundutan Tigo Salurkan BLT Kepada 115 KPM, Sumber DD 2024

8 Juni 2024 - 21:38

Pemdes Pasar V Natal Salurkan BLT DD Tahap II

8 Juni 2024 - 10:23

Melalui Festival Permainan Leluhur, Masyarakat Tambangan Kukuhkan Diri Sebagai Kecamatan Layak Anak

6 Juni 2024 - 11:05

Trending di Desa Kita