Menu

Mode Gelap

Berita Daerah

KPU Padangsidimpuan Luncurkan Tahapan Pilkada Serentak 2024


					KPU Padangsidimpuan Luncurkan Tahapan Pilkada Serentak 2024 Perbesar

Madinapos.com – Padangsidimpuan.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Padangsidimpuan, Tagor Dumora, membuka peluncuran tahapan pemilihan Walikota (Pilwalkot) dan Wakil Walikota tahun 2024, Selasa (14/06/2024).

“Kepada segenap stakeholder serta masyarakat, kami mengajak untuk sama-sama sukseskan pelaksanaan Pilkada Padangsidimpuan 2024,” ajak Ketua KPU Padangsidimpuan saat membuka peluncuran tahapan Pilwalkot di Alaman Bolak.

Sebelumnya, Tagor memaparkan, bahwa 2024 adalah tahun pesta demokrasi di Indonesia. Di mana, pada Februari 2024 lalu, Indonesia menggelar Pemilu dalam rangka memilih calon anggota legislatif dan Presiden serta Wakil Presiden.

“Di Kota Padangsidimpuan sendiri, pelaksanaan pemilihan calon anggota legislatif dan Presiden serta Wakil Presiden pada Pemilu Februari lalu, berjalan lancar,” imbuhnya.

Untuk itu, atas nama KPU Padangsidimpuan, Tagor ucapkan terimakasih. Baik itu ke jajaran Forkopimda Padangsidimpuan yang telah mendukung Pemilu hingga berjalan sukses. Serta, terimakasih ke masyarakat Padangsidimpuan yang telah menyalurkan hak pilihnya.

“Kemudian, pada 27 November 2024 mendatang, akan berlangsung Pilkada serentak perdana di Indonesia. Untuk itu, hari ini, KPU Padangsidimpuan menggelar peluncuran tahapan pemilihan Waliiota dan Wakil Walikota Padangsidimpuan 2024,” urai Tagor.

Tagor menjelaskan, hingga saat ini, ada beberapa tahapan yang pihaknya sedang jalankan. Di antaranya adalah pembentukan Badan Ad Hoc Pilkada Padangsidimpuan. Kemudian, pada 12 Mei 2024 pukul 23.59 WIB, telah berakhir penerimaan dokumen syarat dukungan calon perseorangan.

“Tetapi hingga berakhirnya batas waktu penerimaan dokumen syarat dukungan bakal pasangan calon dari jalur perseorangan Walikota dan Wakil Walikota Padangsidimpuan, nihil pendaftar,” ucapnya.

“Artinya, tidak ada bakal pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Padangsidimpuan yang mendaftar ke KPU dari jalur perseorangan,” tambah Tagor.

Ia juga merinci, hasil Pemilu legislatif kemarin, merupakan salah satu syarat untuk mengusung pasangan calon Waliota dan Wakil Walikota Padangsidimpuan. Di mana, setiap Parpol yang memperoleh kursi di DPRD Padangsidimpuan bisa mengusung pasangan calon sendiri ataupun koalisi bersama.

Sedangkan syarat untuk mengusung bakal pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota adalah 20 persen dari 30 kursi legislatif yang ada di Kota Padangsidimpuan. Artinya, bagi bakal pasangan calon, mulai dari saat ini bisa menghitung kursi di legislatif yang akan mengusungnya.

“Harapan kami, dengan prinsip Bumi Dalihan Natolu, mari kita jaga Pilkada Padangsidimpuan agar tetap aman. Mari kita jaga Pilkada ini, dari berbagai konflik horizontal yang mungkin bisa terjadi. Sekali lagi, kami ucapkan terimakasih atas kehadirannya dalam acara ini,” tukas Tagor mengakhiri sambutannya.

Sementara, Danramil 02/Kota Padangsidimpuan, Kapten Inf Misran Edi, juga mengutarakan hal senada. Mewakili pihak pengamanan TNI-Polri, ia mengajak masyarakat untuk sama-sama sukseskan pelaksanaan Pilkada 2024 nanti.

“Dan kami dari TNI-Polri selaku pengamanan siap membantu dan mendukung Pilkada 2024 di Kota Padangsidimpuan agar berjalan sukses, aman, dan lancar,” sebutnya.

Sedangkan Plt. Sekretaris Daerah Kota (Sekdakot) Padangsidimpuan, Roni Gunawan Rambe, turut membacakan sambutan dari Pj Wali Kota, Letnan Dalimunthe. Roni menuturkan, bahwa mewakili Forkopimda yang hadir, pihaknya meletakkan harapan, kepada KPU Padangsidimpuan agar seluruh tahapan ini berjalan dengan sebaik-baiknya.

“Karena berhasil atau tidaknya Pilkada ini, ada di tangan para penyelanggara Pemilu (KPU dan Bawaslu). Kami bersama unsur Forkopimda lainnya akan memantau pelaksanaan Pilkada nanti,” tegasnya.

Roni, juga menyatakan dukungan dari Pemko Padangsidimpuan untuk pelaksanaan Pilkada nanti, supaya berjalan dengan lancar. Dia juga memohon ke segenap masyarakat untuk bersama menjaga kondusifitas selama tahapan hingga pelaksanaan Pilkada Padangsidimpuan nanti.

“Terakhir, kami ucapkan apresiasi dan terimakasih kepada penyelenggara Pemilu atas pelaksanaan Pemilu kemarin yang berjalan sukses,” tandas Roni mengakhiri sambutan.

Sebagai informasi, pelepasan balon dan dua ekor burung merpati, menandai mulainya peluncuran tahapan Pilwalkot Padangsidimpuan tersebut. Tampak hadir dalam kegiatan itu, Kajari Padangsidimpuan, Dr Lambok MJ Sidabutar, SH, MH.

Kemudian, Kasat Tahti Polres Padangsidimpuan, AKP T Hutapea. Para Komisioner KPU Padangsidimpuan, Para Pimpinan OPD Padangsidimpuan. Kemudian, para Pengurus Parpol serta masyarakat Kota Padangsidimpuan.

(*/Andy)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 39 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Dandim 0212/TS Letkol Inf. Amrizal Nasution Irup HARKITNAS Ke 116 Padangsidenpuan

21 Mei 2024 - 03:46

Pemkab Palas Peringati Harkitnas Ke-116 Tahun 2024, Sekda Arpan Sebagi Irup.

20 Mei 2024 - 20:48

Bupati Tapsel : Era Teknologi Saat Ini, Inovasi Jadi Kunci Atasi Barbagai Kesulitan

20 Mei 2024 - 20:39

KPU Palas Luncurkan Tahapan Pilkada Bupati/Wakil Bupati Periode 2024 – 2029

20 Mei 2024 - 17:22

Camat Panyabungan Timur Pimpin Upacara Harkitnas Tahun 2024

20 Mei 2024 - 16:25

SMAN I Batahan Peringati Harkitnas ke – 116

20 Mei 2024 - 15:30

Trending di Berita Daerah