Menu

Mode Gelap

Berita Daerah

Kacabjari Madina di Natal : Dirgahayu Persaja Ke 73 Tahun 2024


					Kacabjari Madina di Natal : Dirgahayu Persaja Ke 73 Tahun 2024 Perbesar

Madinapos.com-Natal.

Kepala Cabang Kejaksaan Negeri (Kacabjari) Mandailing Natal di Natal,Darmadi Edison, S.H., M.H, beserta Jajaran di Cabang Kejaksaan Negeri (Cabjari) Mandailing Natal (Mandailing Natal) menyampaikan ucapan selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Persatuan Jaksa (Persaja) Indonesia yang ke- 73 Tahun 2024.

“Melalui media ini saya selaku Kacabjari Madina di Natal, Darmadi Edison, S.H, M.H, bersama seluruh jajaran jaksa dan staf Cabjari Madina di Natal mengucapkan Dirgahayu Persatuan Jaksa Indonesia ke-73 yang jatuh pada 06 Mei 2024,” ucap Darmadi.

Lebih lanjut, kata Darmadi Edison, S.H, M.H, tema HUT Persaja yang ke- 73 Tahun ini mengangkat tema : “Persaja Siap Melaksanakan Transformasi Penegakan Hukum Modern menuju Indonesia Emas 2045”.

Tema HUT Persaja ini menurut beliau sejalan dan sesuai dengan amanat motto Kejaksaan yakni : Tri Krama Adhyaksa yang diantaranya :

1. Satya, yang artinya kesetiaan yang bersumber pada rasa jujur, baik terhadap Tuhan Yang Maha Esa, terhadap diri pribadi dan keluarga, maupun kepada sesama manusia;

2. Adhi, yang artinya kesempurnaan dalam bertugas dan berunsur utama pemilikan rasa tanggung jawab, baik terhadap Tuhan Yang Maha Esa, terhadap keluarga, dan terhadap sesama manusia;

3. Wicaksana, yang artinya bijaksana dalam tutur kata dan tingkah laku, khususnya dalam penerapan kekuasaan dan kewenangannya.

Sedikit tambahan informasi tentang ulasan sejarah Persaja. Pembentukan Persaja dilatar belakangi akan pentingnya mengkonsolidasikan tugas–tugas Jaksa dalam melaksanakan profesinya yang senantiasa terus meningkat dengan dimensi permasalahan yang semakin luas dan kompleks, termasuk untuk memberikan perlindungan dan pemenuhan hak dan kepentingan para Jaksa dalam menjalankan profesi sebagai penegak hukum.

Sejumlah tokoh Jaksa Senior yang diprakarsai oleh Bapak SUHADIBROTO mengambil inisiatif untuk membentuk organisasi profesi Jaksa yang menjadi wadah berhimpun bagi para Jaksa. Tujuan nya adalah guna memupuk tali persaudaraan, memperkokoh kesetiakawanan, dan meningkatkan integritas dan profesionalisme Jaksa.

“Dalam Musyawarah Nasional para Jaksa yang dilaksanakan pada tanggal 15 Juni 1993, peserta Rapat menyepakati membentuk organisasi Persatuan Jaksa Republik Indonesia disingkat PERSAJA. Sempat berganti nama menjadi PJI (Persatuan Jaksa Indonesia) namun kembali lagi menjadi Persaja”, papar Kacabjari.

(R-Adnan).

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 119 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Pemkab Madina Mulai Bangun Ruas Jalan Aek Godang – Hutabargot

18 Mei 2024 - 20:29

Pemko Padangsidimpuan Gelar MTQ Ke- XXIII 2024

18 Mei 2024 - 17:59

Bergengsi, Desa Pardomuan Tapsel Wakili Sumut Lomba di HKG PKK Ke-52

18 Mei 2024 - 17:28

Bupati Dolly Pasaribu Lakukan Jalan Santai Bersama Pimpinan OPD dan ASN Tapsel

18 Mei 2024 - 17:15

Pj.Walikota Bai’at dan Lantik Dewan Hakim MTQ XXIII Tingkat Kota Padangsidimpuan

17 Mei 2024 - 19:54

Jumat Bersih di Kecamatan Siabu Terus Berlanjut, Sekcam : Mendukung Semangat Kerja

17 Mei 2024 - 13:45

Trending di Berita Daerah