Menu

Mode Gelap

Berita Daerah

Pj. Walikota Padangsidimpuan Hadiri Rakornas Ibu Kota Nusantara


					Pj. Walikota Padangsidimpuan Hadiri Rakornas Ibu Kota Nusantara Perbesar

Madinapos.com – Padangsidimpuan.

Pj. Walikota Padangsidimpuan Dr. H. Letnan Dalimunthe, SKM, M.Kes Hadiri Rapat Koordinasi (Rakornas) Ibu Kota Nusantara (IKN). Kamis (14/03/24)

Rakornas yang mengusung Thema “Kolaborasi Pemerintah Daerah dan Ibu Kota Nusantara untuk mewujudkan Kota Dunia untuk Semua” itu diselenggarakan Otoritas Ibu Kota Nusantara (OIKN) Deputi Bidang Pengendalian Pembangunan itu digelar di Grand Ballroom Hotel Kempinski, Grand Indonesia, Jl. MH. Thamrin, Jakarta.

Turut hadir dalam Rakornas tersebut seluruh kepala daerah Gubernur, Bupati dan Walikota se- Indonesia.

Dr Letnan Dalimunthe mengatakan bahwa agenda rakornas tersebut untuk pengenalan IKN sebagai “Loncatan Peradaban Indonesia” dan potensi kerjasama Otoritas Ibu Kota Nusantara (OIKN) dengan pemerintah daerah.

Selain itu, dejelaskan juga bahwa rakornas tersebut juga dalam rangka mewujudkan visi ibu kota Nusantara sebagai kota dunia.

Pada kesempatan yang sama, Kepala OIKN, Bambang Susantono mengatakan bahwa pertemuan antara pemerintah daerah dan kementerian/ lembaga dalam Rakornas ini dapat membangkitkan gairah OIKN untuk mewujudkan Nusantara sebagai salah satu tonggak Indonesia Emas.

Menurutnya, kolaborasi dan sinergi antarlembaga merupakan kunci keberhasilan untuk mewujudkan peradaban baru yang berdampak positif bagi kemajuan tanah air.

“Saya merasa bersyukur berada disini bersama dengan para pemangku kepentingan, baik dari pemerintah daerah maupun kementerian dan lembagabyang memiliki visi yang sama dalam membangun masa depan Indonesia Emas tahun 2045,” tutur Bambang.

Dijelaskan juga bahwa membangun IKN bukanlah sekedar membangun infrastruktur dan gedung-gedung fasilitas pemerintah semata. Namun merupakan langkah transformasi untuk membuat peradaban baru dengan memperkenalkan budaya kerja baru, pola pikir baru dan sebuah basis ekonomi baru di Indonesia.

Menurut Bambang, pembangunan IKN juga merupakan salah satu langkah pemerintah untuk mendukung pembangunan ekonomi yang inklusif dengan menyebarkan magnet pertumbuhan ekonomi baru sehingga tidak hanya bertumpu di pulau Jawa.

“Dengan menjadikan IKN sebagai simbol identitas bangsa dan sebagai pusat gravitasi ekonomi baru dan diharapkan dapat menciptakan multiplayer efek dengan menjadikan episentrum pertumbuhan yang akan akan semakin merata ke wilayah luar Jawa, ini semua guna mendukung pembangunan Indonesia sentris menuju Indonesia Emas tahun 2045,” tandasnya. (*/Andy)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 42 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Terkait Berita SHP Anggota Koperasi Telaga Tujuh Tidak Dicairkan, Ini Klarifikasi Kuasa Hukum

1 Mei 2024 - 20:51

Tidak Cairkan SHP 7 Bulan, Anggota Koperasi Telaga Tujuh Mohon Perlindungan Hukum

30 April 2024 - 13:21

Pembukaan MTQ Ke- XXIII Madina di PSM Meriah, Diikuti 525 Peserta

30 April 2024 - 04:13

Buka MTQ Ke 23 Madina Tahun 2024 di PSM, Sekda: Ciptakan Generasi Qur’ani

29 April 2024 - 23:41

NasDem Madina Buka Pendaftaran Seleksi Bacalon Kepala Daerah, Tanpa Mahar

29 April 2024 - 23:30

Bupati Tapsel Berangkatkan Jamaah BKMT Ikuti Halal Bi Halal Ke Medan

29 April 2024 - 21:57

Trending di Berita Daerah