Menu

Mode Gelap

Peristiwa

Jembatan Aek Siabu Ambruk, Penghubung Dua Kecamatan di Palas


					Jembatan Aek Siabu Ambruk, Penghubung Dua Kecamatan di Palas Perbesar

Madinapos.com – Palas

Jembatan Aek Siabu di Desa Batang Bulu Baru, Kecamatan Barumun Selatan menuju Desa Harang Julu Kecamatan Ulu Sosa, Kabupaten Padang Lawas ambruk. Hal itu terjadi lantaran pondasi jembatan habis diduga tergerus aliran air sungai yang meluap pada, Sabtu, (29/12 2023) pagi.

Diketahui sebelumnya bahwa debit air hujan yang terus menerus mengguyur daerah itu dan sekitarnya beberapa minggu belakangan ini mengakibatkan benjir beberapa kali dan arus sungai sangat kuat.

Ambruknya jembatan ini mengakibatkan aktivitas warga terganggu. Sebab jembatan tersebut merupakan akses utama penghubung antara beberapa desa di kecamatan Barumun selatan menuju Kecamatan Ulu Sosa,  masyarakat kesawah dan kekebun.

Panjang jembatan sekitar 20 meter, kedua pondasi jembatan di kedua ujungnya terlepas dari badan jalan, sehingga badan jembatan secara keseluruhan masuk ke sungai.

Ramlan Lubis warga Desa Batang Bulu Baru menyebut sebelum jembatan itu ambruk, arus sungai memang deras. Sebab hujan deras mengguyur daerah tersebut.

“Aliran sungai ini karena hujan pada waktu bulan desembar ini terus menerus turun, dan mengakibatkan debit air naik (Banjir) menerus pondasi dibawah habis, swhingga membuat jembatan ini ambruk,’ kata Ramlan.

Ditambahkan Ramlan, akibat dari ambruknya jembatan itu, maka warga tak bisa melintas. Karena jembatan tak bisa dilalui.hanya ada satu alternatif jalan lain, yaitu menempuh jalan keliling dari Kecamatan Barumun.

Warga berharap, dinas terkait segera melakukan tindakan perbaikan agar aktivitas warga bisa normal kembali.

“Kami berharap, rusaknya jembatan segera diperbaiki, sehingga warga tidak harus memutar arah. Ini merupakan akses utama warga,” pungkas Ramlan.(**)

Penulis : A Salam Srg.

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 153 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Hujan Deras Aek Guo Meluap, Genangi Pemukiman Warga Lorong 4 Simpanggambir

20 Februari 2024 - 20:16

Digigit Monyet Liar, Bocah 5 Tahun Dilarikan ke RSUD Panyabungan

4 Februari 2024 - 05:49

Empat Rumah Hangus Terbakar di Desa Mompang Jae

23 Januari 2024 - 18:21

Kebakaran Hanguskan 10 Rumah dan Los Pasar Natal, Kerugian Milyaran Rupiah

12 Januari 2024 - 08:57

Upaya Pemadaman Terus Dilakukan, Los Pasar dan 6 Rumah Terbakar di Natal

12 Januari 2024 - 03:52

Jumat Dinihari, Pasar Natal Kabupaten Mandailing Natal Terbakar Hebat

12 Januari 2024 - 03:13

Trending di Peristiwa