Menu

Mode Gelap

Berita Daerah

103 Rumah di 4 Desa Kecamatam Batang Lubu Sutam Terendam Banjir


					103 Rumah di 4 Desa Kecamatam Batang Lubu Sutam Terendam Banjir Perbesar

Madinapos.com – Palas.

Akibat intensitas hujan tinggi  pada Kamis (14/12/ 2023) hingga Jumat dan (15/12) lalu, mengakibatkan debit air sungai Batang Lubu dan Sutam meluap di 4 desa sehingga merendam rumah dan badan jalan Kecamatan Batang Lubu Sutam Kababupaten Padang Lawas

Adapun desa yang terdampak dari meluapnya air sungai Sutam tersebut adalah :1, Desa Tamiang 70 rumah. 2, Desa Tanjung Baru 19 rumah. 3, Desa Tanjung Barani 14 rumah

Kapolres Padang Lawas AKBP Diari Astetika SIK kepada awak media ini melalui Kasat Samapta AKP M. Husni Yusif SH, Sabtu (16/12’2023) siang mengatakan dampak dari meluapan sungai Batang Lubu Sutam dimaksud tidak menghalangi aktifitas warga karena hanya berupa luapan air yang membawa lumpur dan sampah ke pekarangan dan lantai rumah warga setinggi kurang lebih 15 CM.

“Adapun luapan air sungai ke badan jalan di dataran rendah Desa Tamiang Kec. Batang Lubu Sutam sempat menghambat arus lalu lintas namun segera surut kembali dan dapat di lewati oleh kendaraan,’ katanya.

Pada hari Jumat pukul 20.00 Wib, tambah AKP Yusuf, curah hujan kembali turun di wilayah Kecamatan Batang Lubu Sutam maka Kapolres Padang Lawas  AKBP Diari Astetika bersama Waka Polres Padang Lawas Kompol Sugianto Kapolsek Sosa Iptu Mulyadi SH bersama personil Polres Padang Lawas, Polsek Sosa dan masyarakat berjaga – jaga di Desa Tamiang Kecamatan Batang Lubu Sutam antisipasi manakala debit air sungai Sutam meluap kembali.

Dalam kegiatan ini, kata AKP Yusuf, dirinya dan Kapolsek Sosa Iptu Mulyadi SH memimpin personil Polres Padang Lawas dan Personil Polsek Sosa bersama masyarakat melaksanakan kurve / gotong royong membersihkan sisa – sisa lumpur dan sampah yang masuk ke rumah – rumah warga maupun pinggiran sungai Sutam

Sementara Syahroni Hasibuan warga Desa Plasma Mondang kepada awak media menyebutkan dugaan perambahan hutan terjadi di hulu sungai, tepatnya di hulu sungai Aek Lobu,” Hutan pada bukit yang ada sudah mulai gundul akibat ulah tangan-tangan jahil oknum tidak bertanggung jawab,” katanya.

Sementara itu, Plt Camat Batang Lubu Sutam Sainal Abidin Nasution menyebutkan, tidak ada korban jiwa, namun 103 rumah warga di empat desa terendam banjir,” kata Sainal.
Sainal merinci, empat desa yang terendam banjir yakni di desa Tanjung sebanyak 19 rumah yang di huni 96 jiwa, desa Tamiang sebanyak 70 rumah dihuni 283 jiwa dan desa Tanjung Barani sebanyak 14 rumah yang di huni 60 jiwa.

” Di Desa Tamiang ada 3 unit fasilitas umum yang terendam banjir, yakni masjid, RKB sekolah serta gudang desa, di Desa Tanjung Barani masjid dan tanah longsor, sedangkan di Desa Botung bendungan persawahan warga di lubuk tolang keadaanya rusak,” jelas Sainal.

Penulis : A Salam Srg.

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 73 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

BBM Jenis Pertalite Langka di Sibuhuan, Harga Ketengan Rp.18 Ribu/ Liter, Ketua Sampal Angkat Bicara

21 Februari 2024 - 23:15

Dandim 0212/Tapsel Tanam Pohon Mangrove Serentak di Natal

21 Februari 2024 - 21:51

Sat Samapta Polres Palas Patroli Monitoring di Kantor PPK, Pastikan Kotak Suara Pemilu Aman

20 Februari 2024 - 15:51

KPU RI Umumkan 5 Komisioner KPU Palas Baru, Besok Dilantik

20 Februari 2024 - 00:44

Pemerhati Lingkungan Curigai Ada Pemilik Modal Kuat Dibalik Galian C Ilegal di Linggabayu

19 Februari 2024 - 19:42

Kapolres Madina Pantau Rapat Pleno Penghitungan Suara Pemilu 2024 di Kantor PPK

17 Februari 2024 - 22:15

Trending di Berita Daerah