Menu

Mode Gelap

Berita Daerah

Bunda PAUD Tapsel Ajak Masyarakat Tingkatkan Kesadaran Pentingnya Konsumsi Ikan


					Bunda PAUD Tapsel Ajak Masyarakat Tingkatkan Kesadaran Pentingnya Konsumsi Ikan Perbesar

Madinapos.com – Tapsel.

Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), Ny. Rosalina Dolly Pasaribu mengajak masyarakat untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya mengonsumsi ikan terutama bagi anak-anak Paud.

Hal itu disampaikan Rosalina saat membuka Sosialisasi Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMARIKAN) bagi anak-anak Paud di Aula Paud Mandiri, Desa Palsabolas, Kecamatan Angkola Timur, Rabu (13/12/2023).

“GEMARIKAN merupakan program nasional yang dicanangkan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan sejak tahun 2004, dengan tujuan mengkampanyekan pentingnya mengonsumsi ikan sejak dini karena kandungan gizinya yang tinggi,” ujar Rosalina.

Lebih lanjut Rosalina menyampaikan, kegiatan sosialisasi ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya mengonsumsi ikan. Rosalina menjelaskan bahwa ikan merupakan sumber makanan bergizi tinggi yang mengandung protein, vitamin, mineral, dan Omega-3, yang sangat penting untuk pertumbuhan dan kecerdasan otak, terutama pada anak-anak, jelas Rosalina.

Disamping itu, Ikan memiliki manfaat kesehatan yang sangat besar, khususnya dalam pembentukan otak anak. Dengan demikian, diharapkan tercipta generasi yang sehat, cerdas, dan ceria di Kabupaten Tapanuli Selatan, ujarnya.

Kemudian Rosalina mengajak kepada orang tua yang hadir di acara sosialisasi ini untuk mendukung program ini dengan mengajarkan anak-anaknya untuk gemar makan ikan sejak dini. Ia menekankan bahwa mengonsumsi ikan sejak dini dapat mencegah stunting dan memberikan nutrisi tinggi bagi pertumbuhan dan kecerdasan anak.

“Mari sama-sama kita sukseskan GEMARIKAN dengan cara membuat makanan yang bervariasi untuk anak-anak kita, yang mana tujuan utamanya adalah mengenalkan langsung kepada anak-anak mengenai pentingnya dan kelezatan makanan ikan. Dengan cara ini, diharapkan anak-anak dapat belajar dan menyukai makanan ikan sejak usia dini,” tambahnya.

Sementara itu, Kadis Perikanan Tapsel Saiful AP Nasution dalam laporannya menjelaskan, adapun sasaran kegiatan memasyarakatkan makan ikan (GEMARIKAN) yakni, 300 anak Paud se-Tapsel yang dilaksanakan di 4 lokasi berbeda, 3 diantaranya sudah selesai dilaksanakan sosialisasi ini.

Dengan kegiatan ini dapat menaikkan angka konsumsi makan ikan khususnya di Kabupaten Tapsel dan kegiatan ini juga sebagai wujud dukungan terhadap visi misi Bupati Tapanuli Selatan yang lebih sehat, cerdas, dan sejahtera.

Disisi lain Camat Angkola Timur Cos Riady Siregar mengucapkan terima kasih dan siap mendukung program Gemarikan oleh Pemkab Tapsel dan berharap kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan di seluruh PAUD wilayah Kabupaten Tapsel khususnya di Kecamatan Angkola Timur. (R-Sayuti)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 33 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

BBM Jenis Pertalite Langka di Sibuhuan, Harga Ketengan Rp.18 Ribu/ Liter, Ketua Sampal Angkat Bicara

21 Februari 2024 - 23:15

Dandim 0212/Tapsel Tanam Pohon Mangrove Serentak di Natal

21 Februari 2024 - 21:51

Sat Samapta Polres Palas Patroli Monitoring di Kantor PPK, Pastikan Kotak Suara Pemilu Aman

20 Februari 2024 - 15:51

KPU RI Umumkan 5 Komisioner KPU Palas Baru, Besok Dilantik

20 Februari 2024 - 00:44

Pemerhati Lingkungan Curigai Ada Pemilik Modal Kuat Dibalik Galian C Ilegal di Linggabayu

19 Februari 2024 - 19:42

Kapolres Madina Pantau Rapat Pleno Penghitungan Suara Pemilu 2024 di Kantor PPK

17 Februari 2024 - 22:15

Trending di Berita Daerah