Menu

Mode Gelap

Berita Daerah

Pj.Walikota Hadiri Silaturahmi Antara Baznas Dengan Satuan Pendidikan Kota Padangsidimpuan


					Pj.Walikota Hadiri Silaturahmi Antara Baznas Dengan Satuan Pendidikan Kota Padangsidimpuan Perbesar

Madinapos.com – Padangsidimpuan.

Pj. Walikota Padangsidimpuan (Psp), Dr. H. Letnan Dalimunthe, S.K.M., M.Kes, hadiri silaturahmi antara Baznas Kota Padangsidimpuan dengan satuan pendidikan Kota Padangsidimpuan, di Aula Dinas Pendidikan Kota Padangsidimpuan, Jum’at (24/11/23).

Siturahmi tersebut terkait rencana pembentukan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) di masing-masing satuan pendidikan di Kota Padangsidimpuan, dan merupakan salah satu program Baznas yang bertujuan untuk peningkatan pendidikan dan juga penanggulangan kemiskinan.

Dalam arahannya, Pj. Walikota menyampaikan sebelumnya dirinya sudah bertemu dengan ketua Baznas, dan diketahui masih ada program yang menurut Pj. Walikota sangat penting dijalankan akan tetapi belum maksimal pengaplikasiannya, “untuk lebih jelasnya, nanti ketua Baznas yang akan menjelaskannya dan tentunya pemerintah mendukung, karena ini adalah untuk kepentingan kita sendiri” ucapnya.

Kemudian dalam hal pendidikan, dirinya mengaku sangat berbangga bisa bertemu dengan para kepala sekolah, karena menurutnya pendidikan merupakan salah satu faktor pendorong untuk memajukan Kota Padangsidimpuan.

“Dalam waktu dekat kita akan konsen pada sektor pendidikan, karena bagaimanapun juga itu merupakan faktor mendasar untuk pembangunan bangsa. Maju tidaknya kita tergantung pada kualitas pendidikan yang kita miliki” pungkas Pj. Walikota Padangsidimpuan.

Selanjutanya, Ketua Baznas Kota Padangsidimpuan, Drs. H. Zainal Arifin Tampubolon menjelaskan UPZ merupakan satuan organisasi yang dibentuk oleh Badan Amil Zakat di semua tingkatan dengan tugas mengumpulkan zakat untuk melayani muzakki (pemberi zakat), yang berada pada desa/kelurahan, instansi-instansi pemerintah dan swasta, baik dalam negeri maupun luar negeri.

Pembentukan satuan Unit UPZ ini bertujuan untuk mewujudkan kesejahteraan mustahik (penerima zakat) dan menanggulangi kemiskinan melalui program-program pendistribusian dan pendayagunaan yang telah disiapkan.

Untuk itu dirinya meminta kepada Dinas Pendidikan Kota Padangsidimpuan untuk dapat bersinergi dan bekolaborasi, dimana Baznas sebagai lembaga pemerintah non-struktural, sesuai peraturan bisa membentuk UPZ di lingkup pemerintah maupun instansi. (*/Andy)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 51 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Pj. Walikota Padangsidimpuan Sholat Idul Fitri di Masjid Agung Al-Abror

12 April 2024 - 10:44

Pj Bupati Dan Kapolres Palas Sholat Id 2024 di Lapangan Merdeka Sibuhuan, Bersama Ribuan Jamaah

11 April 2024 - 14:16

Rayakan Idul Fitri 1445 H, Bupati Tapsel Ajak Masyarakat Tingkatkan Amal Kebaikan

11 April 2024 - 14:08

Libur Lebaran 2024, Polsek MBG Tingkatkan Pengamanan Obyek Wisata Pantai

11 April 2024 - 13:58

Jamaah Padati Pelaksanaan Shalat Ied 1445 H di Mesjid Agung Nur Alanur Panyabungan

10 April 2024 - 08:02

Diikuti Ribuan Warga, Camat Siabu Lepas Pawai Takbiran Sambut Idul Fitri 1445 H

10 April 2024 - 04:31

Trending di Berita Daerah