Menu

Mode Gelap

Berita Daerah

SMKN 1 Siabu Gelar Upacara Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2023


					SMKN 1 Siabu Gelar Upacara Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2023 Perbesar

Madinapos.com – Siabu

Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Siabu gelar Upacara Bendera memperingati Hari Kesaktiam Pancasila 1 Oktober 2023 di Desa Sinonoan Kecamatan Siabu Kabupaten Mandailing Natal, Minggu (1/10) pagi.

Inspektur upacara Drs.Rasoki Siagian M.M yang juga Kepala SMKN 1 Siabu mengatakan Hari Kesaktian Pancasila adalah hari pengingat kita seluruh warga Indoneaia akan kuatnya ideologi yang sudah kita anut selama puluhan tahun.

“Sejarah membuktikan bahwa tidak ada satupun hal yang bisa merobohkan Pancasila sebagai landasan dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara”, katanya

Ia juga mengatakan ada begitu banyak peristiwa dan godaan yang ingin menggantikan posisi Pancasila namun hingga saat ini belum ada yang bisa menggeser kesaktiannya,” hari ini juga menjadi pengingat bagi kita akan perjuangan pahlawan yang terdahulu dalam menjaga Pancasila, mereka berkorban materi, raga bahkan nyawa demi untuk memastikan keselamatan ideologi bangsa”, sebutnya..

Kita, lanjutnya memang tidak lagi harus melawan musuh yang tanpak, tidak lagi turun ke medan perang dengan membawa senjata,musuh yang kita lawan saat ini adalah godaan untuk tidak mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari hari.

Pertama dengan mempercayai adanya tuhan yang maha esa dan menjalani kehidupan berdasarkam asas asas tunduk kepada tuhan

Kedua kemanusiaan yang adil dan beradab dengan menjalankan kehidupan bernegara yang adil dan mengedepankan adab dalam perilaku sehari hari.

Ketiga adalah mengutamakan persatuan indonesia dalam segala dinamika dan tantangan yang menghadang ,jangan mau di pecah belah oleh pihak manapun karena merugikan diri dan negara.

Keempat menyebutkan kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan, sila ini menunjukkan bahwa rakyat harus dipinpin secara bijaksana dengan mengedepankan musyawarah yang jujur dan terbuka.

Terahir keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia yang berarti seluruh rakyat indonesia punya hak yang sama untuk diperlakukan adil dalam kehidupan sosial.

“Mengamalkan kelima sila dalam Pancasila adalah cara untuk mempertahankan kesaktiannya hingga waktu yang akan datang”, tutupnya.(**)

(adanan saleh)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 103 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Pantau PAM Objek Wisata, Kapolres Madina : Untuk Pastikan Keamanan dan Kenyamanan Pengunjung

15 April 2024 - 12:44

Cegah Pembuangan Sampah, Hasibuan Bangun Taman Mini Wilayah Kelurahan Pasar Sibuhuan

14 April 2024 - 15:01

DPD-KNPI Palas Halal Bi Halal, Ketua : Sambung Silaturrahmi Antar Pengurus Dan Anggota

14 April 2024 - 09:51

Pj. Walikota Padangsidimpuan Sholat Idul Fitri di Masjid Agung Al-Abror

12 April 2024 - 10:44

Pj Bupati Dan Kapolres Palas Sholat Id 2024 di Lapangan Merdeka Sibuhuan, Bersama Ribuan Jamaah

11 April 2024 - 14:16

Rayakan Idul Fitri 1445 H, Bupati Tapsel Ajak Masyarakat Tingkatkan Amal Kebaikan

11 April 2024 - 14:08

Trending di Berita Daerah