Menu

Mode Gelap

Berita Daerah

Balai TNBG Madina Lepas Kontingen Pertikawan Regional Sumatera 2023 Ke Merangin, Prov. Jambi


					Balai TNBG Madina Lepas Kontingen Pertikawan Regional Sumatera 2023 Ke Merangin, Prov. Jambi Perbesar

Madinapos.com – Panyabungan.

Dalam rangka mengikuti Perkemahan Bakti Saka Kalpataru dan Saka Wanabakti (Pertikawan) Regional Sumatera Tahun 2023, Balai Taman Nasional Batang Gadis (TNBG) sebagai pangkalan aktif Saka Wanabakti melepas keberangkatan kontingen, Jumat (15/9/2023).

Apel pelepasan dilaksanakan dengan Pembina Apel Kepala Balai TNBG, Teguh Setiawan, S.Hut., MM selaku Pinsaka Kwarda Sumatera Utara dan dihadiri oleh Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Mandailing Natal, Lis Mulyadi dan jajaran pengurus Kwarcab Gerakan Pramuka Mandailing Natal, Ketua Pinsaka Wanabakti Madina, Bobby Nopandry, perwakilan sekolah utusan, dan orangtua/wali murid peserta didik pramuka yang diberangkatkan.

Teguh Setiawan mengatakan tahun ini, Saka Wanabakti binaan Taman Nasional Batang Gadis diseleksi menjadi utusan Kwartir Daerah Sumatera Utara dalam evsnt Perkemahan Bakti Saka Kalpataru dan Saka Wanabakti (Pertikawan) Regional Sumatera yang digelar di Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi.

Dijelaskan, Pertikawan merupakan ajang perkemahan Satuan Karya (Saka) Pramuka Kalpataru (lingkungan hidup) dan Wanabakti (kehutanan). Dalam perkemahan digelar ajang kompetisi dan pembelajaran menarik mengenasi isu-isu lingkungan hidup dan pembangunan kehutanan.

” Pada Pertikawan Regional Sumatera 2023 direncanakan 48 item kegiatan akan digelar dan diikuti peserta dari 10 Kwartir Daerah se Sumatera secara paralel. Sebanyak 16 pramuka golongan penegak dan pandega dari Madina tergabung dalam kontingen Kwarda Sumatera Utara. Jumlah peserta didik yang diberangkatkan sebanyak 8 orang putra dan 8 orang putri, didampingi 4 staf BTNBG dan 2 Pembina Pamong Saka”, ungkapnya.

“Semuanya berasal dari siswa/I SMKN 1 Lembah Sorik Marapi, SMAN 1 Tambangan, SMKN 1 Panyabungan, alumni SMAN Panyabungan Utara, MAN Panyabungan, dan mahasiswa/i STAIN Madina”, tambahnya.

Ia juga membacakan nama peserta yang diberangkatkan, antara lain Lukmanul Hakim, Imam Nawawi, M. Fadlan Hsb, M.Martaon, Arifin Ilham Santoso, Zidan Rasya Al Ghifary, Abdullah Sani Rangkuti, Ahmad Farel Nst, Adelina Marito Pulungan, Ada Aukia Lubis, Nurul Hakimah, Yuspita Ayu, Maisaroh, Aisyah Amelia Lubis, Fitri Nur Azizah, dan Hasanah Nasution.

Pada kesempatan tersebut Teguh meminta seluruh peserta untuk semangat dan kompak melaksanakan kegiatan Pertikawan tersebut dan mengharumkan nama Sumatera Utara,” tetap semangat, jaga kesehatan, kekompakan dan harumkan nama Sumatera Utara”, tutupnya.

Sementara Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Mandailing Natal, Lis Mulyadi, dalam arahannya meminta tiap peserta untuk kompak, berprestasi, membawa nama baik daerah,” penting bagi setiap peserta memperhatikan kesehatan selama kegiatan berlangsung”, sebutnya.

Pihak Balai TNBG Madina menyebutkan keberangkatan kontingen, khususnya yang diseleksi oleh Pinsaka Wanabakti Kwardasu, didukung oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Sumatera Utara dan seluruh UPT Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan se-Sumatera Utara yang terdiri dari Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Sumatera Utara, Balai Taman Nasional Batang Gadis, Balai Pemantapan Kawasan Hutan Wil. I Medan, Balai Pengamanan dan Penegakan Hukum Lingkungan Hidup dan Kehutanan Suantera, Balai Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan Sumatera,

Balai Pengelolaan DAS Wampu-Sei Ular, Balai Pengelolaan DAS Asahan Barumun, Balai Pengelolaan Hutan Lestari Wil. II Medan, Balai Pelatihan Lingkungan Hidup dan Kehutanan Pematangsiantar, Balai Penerapan Standar Instrumen Lingkungan Hidup dan Kehutanan Aek Nauli, Bidang Pengelolaan Taman Nasional III Stabat Balai Besar TN Gunung Leuser, dan Seksi Wilayah I Balai Pengendalian Perubahan Iklim Sumatera.

Kontingen Saka Wanabakti Mandailing Natal akan bergabung dengan kontingen Saka Kalpataru Kwarcab Simalungun dan Kontingen Kwarcab Toba yang juga membawa nama Wanabakti.
Saka kalpataru dan Saka Wanabakti adalah Satuan Karya dalam Gerakan Pramuka Indonesia dan Satuan Karya Pramuka yang memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan di bidang kehutanan dan lingkungan hidup serta memberikan rasa cinta dan tanggung jawab dalam mengelola sumberdaya alam.

Perkemahan Bakti Saka Kalpataru dan Saka Wanabakti (Pertikawan) Regional Sumatera tahun 2023 akan diselenggarakan di Taman Bumi Merangin, Jambi pada tanggal 17 sampai 22 September 2023 dan mengusung tema : Dari Taman Bumi Merangin Jambi untuk Sumatera yang Lestari dan Sejahtera. (R.Am)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 132 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Pantau PAM Objek Wisata, Kapolres Madina : Untuk Pastikan Keamanan dan Kenyamanan Pengunjung

15 April 2024 - 12:44

Cegah Pembuangan Sampah, Hasibuan Bangun Taman Mini Wilayah Kelurahan Pasar Sibuhuan

14 April 2024 - 15:01

DPD-KNPI Palas Halal Bi Halal, Ketua : Sambung Silaturrahmi Antar Pengurus Dan Anggota

14 April 2024 - 09:51

Pj. Walikota Padangsidimpuan Sholat Idul Fitri di Masjid Agung Al-Abror

12 April 2024 - 10:44

Pj Bupati Dan Kapolres Palas Sholat Id 2024 di Lapangan Merdeka Sibuhuan, Bersama Ribuan Jamaah

11 April 2024 - 14:16

Rayakan Idul Fitri 1445 H, Bupati Tapsel Ajak Masyarakat Tingkatkan Amal Kebaikan

11 April 2024 - 14:08

Trending di Berita Daerah