Menu

Mode Gelap

Berita Daerah

Semarak HUT RI Ke 78 di Natal, Ragam Adat dan Budaya Ditampilkan Peserta Carnaval


					Semarak HUT RI Ke 78 di Natal, Ragam Adat dan Budaya Ditampilkan Peserta Carnaval Perbesar

Madinapos.com – Natal.

Beragam Adat dan Budaya yang ada di Negara Republik Indonesia ditampilkan Peserta Carnaval Hari Ulang Tahun Negara Republik Indonesia yang Ke – 78 Tahun 2023 di Kecamatan Natal, Kabupaten Mandailing Natal. Senin (14/08)

Ragam adat dan budaya itu ditampilkan oleh seluruh peserta carnaval yang ikut menyemarakkan HUTRI Ke-78 di Natal yang diikuti oleh peserta didik dari Tingkat SD, SLTP dan SLTA serta peserta tingkat umum yang terdiri dari perwakilan Lembaga Adat dan Budaya Ranah Nata (LABRN) dan Masyarakat Adat Mandailing serta lainnya.

Peragaan adat dan budaya kali ini ditampilkan melalui pemakaian pakaian adat dan alat-alat kebudayaan diantaranya seperti pakaian adat Minang, pakain adat Jawa, pakaian adat Mandailing. Juga alat kebudayaan seperti Pintu Gadung dari Natal dan Gordang Sambilan dari Mandailing, dan Reogporogo dari Jawa dipertontonkan.

Selain itu peserta carnaval juga membawa miniatur rumah gadang minang dan rumah Gadang Natal serta Penampilan Drumband dan Marching Band.

Penonton yang hadir menyaksikan jalannya acara carnaval menyambut semarak kemerdekaan tampak sangat senang antusias serta menikmati setiap penampilan peserta carnaval.

Ani salah seorang penonton karnaval kepada media ini mengatakan senang dan terhibur karena HUT Kemerdekaan RI di Kecamatan Natal sangat meriah dan diikuti hampir seluruh lapisan masyarakat.

“Ya Alhamdulillah kita sebagai penonton turut menikmati penampilan peserta dan merasa sangat terhibur melalui acara carnaval ini meski dalam kondisi menonton sambil berdiri dan berdesak-desakan dengan penonton lainnya”, ungkapnya disalah satu sudut jalan yang dilalui perserta.

Sementara dipanggung utama ada Camat Natal Ali Syahbana Kepala Kepolisian Sektor Natal AKP Ayub Nasution, Danramil 17 Natal Letda Elman Kacabjari Madina di Natal, Kepala Lapas Kelas IIb Natal, Kasat Airud Natal, Korwil Dinas Pendidikan XVI Natal Irawardi, S.Pd, Hj. Melatinur Anggota DPRD Madina dari Partai PKB (MP-S)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 39 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Muscab Ke V Muhammadiyah Batahan Ditutup, Berikut Susunan Pengurus Terpilih

24 September 2023 - 14:50

Pemkab Madina Kucurkan Dana 7.2 M Bangun Ruas Jalan Aek Mata di Tahun 2024

23 September 2023 - 20:41

Bupati Tapsel : Zaman Semakin Canggih, Lakukanlah Adaptasi Dan Pelajari Perkembangannya

23 September 2023 - 20:34

Kwarran Kecamatan Ulu Barumun Gelar Persami Tingkat Penggalang

23 September 2023 - 17:17

Camat Irsyal Hadiri Pembukaan Muscab Ke V Muhammadiyah, Asyiah dan Nasyiatul Asyiah Cabang Batahan

23 September 2023 - 14:13

Bupati Tapsel Lantik Pejabat Administrator, Pengawas, Ka UPT Puskesmas dan Kepsek

23 September 2023 - 08:48

Trending di Berita Daerah