Menu

Mode Gelap

Berita Daerah

Bupati dan Dinas PUPR Madina Tinjau Perbaikan Siphon Irigasi Batang Gadis di Titik Aek Pohon


					Bupati dan Dinas PUPR Madina Tinjau Perbaikan Siphon Irigasi Batang Gadis di Titik Aek Pohon Perbesar

Madinapos.com – Panyabungan.

Siphon (Terowongan Air) yang merupakan bangunan persilangan memotong sungai Aek Pohon untuk mengalirkan debit air dari Saluran Induk Kanan Irigasi Batang Gadis yang patah beberapa waktu lalu dan menyebabkan ribuan hektar areal persawahan mengering kini mulai diperbaiki.

Bupati Mandailing Natal HM. Jafar Sukhairi Nasution didampingi Kadis PUPR Elpi Yanti Harahap meninjau langsung proses perbaikan siphon tersebut dan mengharapkan pekerjaan secepatnya selesai sehingga air irigasi kembali lancar untuk kebutuhan ribuan hektar lahan pertanian di hilir sungai batang gadis.

Kepada wartawan, Bupati Madina HM Jafar Sukhairi Nasution didampingi Kadis PUPR Madina Elpi Yanti Harahap mengungkapkan sebenarnya perbaikan siphon ini bukan tanggung jawab Pemkab Madina, namun karena sudah dua tahunan warga tak bisa bersawah karena tidak ada air, sehingga mengusulkan perbaikan ke Balai Wilayah Sungai ( BWS) Sumut II.

”Setelah mendapat izin dari BWS Sumut II, langsung di alokasikan anggaran perbaikannya, karena irigasi ini menyangkut mata pencaharian masyarakat di berbagai desa di Kecamatan Panyabungan,” kata Sukhairi.

Sementara Kadis PUPR Madina Elpianti Harahap mengatakan proses perbaikan ini akan membutuhkan waktu karena ada proses pembersihan sedimen siphon yang patah tersebut,” tahap pertama tentunya dilakukan pembongkaran atau membersihkan lokasi ini untuk mendapatkan titik yang harus diperbaiki”, katanya.

“Kalau bisa secepatnya, kita berharap dukungan semua pihak agar ini cepat selesai sehingga kembali mengalirkan air ke persawahan penduduk”, sebutnya. (Suaib)

 

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 99 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Pj. Walikota Padangsidimpuan Sholat Idul Fitri di Masjid Agung Al-Abror

12 April 2024 - 10:44

Pj Bupati Dan Kapolres Palas Sholat Id 2024 di Lapangan Merdeka Sibuhuan, Bersama Ribuan Jamaah

11 April 2024 - 14:16

Rayakan Idul Fitri 1445 H, Bupati Tapsel Ajak Masyarakat Tingkatkan Amal Kebaikan

11 April 2024 - 14:08

Libur Lebaran 2024, Polsek MBG Tingkatkan Pengamanan Obyek Wisata Pantai

11 April 2024 - 13:58

Jamaah Padati Pelaksanaan Shalat Ied 1445 H di Mesjid Agung Nur Alanur Panyabungan

10 April 2024 - 08:02

Diikuti Ribuan Warga, Camat Siabu Lepas Pawai Takbiran Sambut Idul Fitri 1445 H

10 April 2024 - 04:31

Trending di Berita Daerah