Menu

Mode Gelap

Peristiwa

Manggala Agni Bersama Tim Gabungan Padamkan Karhutla di Barteng


					Manggala Agni Bersama Tim Gabungan Padamkan Karhutla di Barteng Perbesar

Madinapos.com – Padang Lawas.

Manggala Agni wilayah Kabupaten Padang Lawas (Palas) bersama tim gabungan berhasil memadamkan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Padang Napasimin desa Siboris Dolok, Kecamatan Barumun Tengah.

Selain Manggala Agni Pemadaman gabungan ini dilaksanakan bersama dengan Tim dari TNI/POLRI, DLHK Palas, Kepala Desa beserta Aparatur Desa Siboris Dolok.

Tim gabungan langsung terjun ke lokasi kejadian karhutla sejak awal titik api terpantau pada Jumat (28/07/2023), dan terus melakukan pemadaman hingga api dipastikan padam serta dilanjutkan mopping up atau pendinginan bara api.

Komandan Regu wilayah Palas, Ismail Harahap  menyampaikan bahwa musim kemarau sudah mulai tiba sehingga semua pihak harus waspada dan selalu siaga melakukan pengendalian Karhutla.

” Semua upaya digerakkan, baik pencegahan melalui patroli dan sosialisasi, juga pemantauan hotspot beserta groundcheck. Terhadap kebakaran yang terjadi juga segera direspon dengan cepat agar api tidak membesar dan meluas sehingga segera dapat ditangani,” ucap Ismail.

” Patroli terus dilakukan pada wilayah-wilayah rawan. Patroli terpadu pencegahan karhutla digelar oleh Manggala Agni bersama para pihak seperti TNI, POLRI, DLHK Palas, masyarakat untuk bersama-sama melakukan pemantauan desa-desa rawan dan sosialisasi kepada masyarakat,” tambah Ismail.

Selain itu, Ismail juga menghimbau masyarakat agar tidak membakar hutan dan lahan sebab sebagaimana diatur dalam Undang-undang RI nomor 41 tahun 1999 tentang kehutanan.

Kemudian UU RI nomor 32 tahun 2000 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup, UU RI nomor 39 tahun tahun 2014 tentang perkebunan dengan ancaman hukuman penjara 15 tahun hingga seumur hidup  atau denda Rp. 15 M, jelas Ismail.

Penulis : A Salam Srg.

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 37 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Puluhan Rumah 2 Desa di Palas Diterjang Angin Puting Beliung Disertai Hujan Lebat

9 Juni 2024 - 07:16

Kuala Batahan Diterjang Puting Beliung, 4 Rumah Warga Rusak

31 Mei 2024 - 18:38

Ampuh Sumut Apresiasi Polres Madina, Amankan 12 Excavator, 7 Penambang Emas Ilegal di Kotanopan

28 Mei 2024 - 21:23

Rem Blong, Mobil Tanki Aspal Curah Terbalik di Jalur Lintas Batang Natal

27 Mei 2024 - 16:04

Elakkan Lubang Jalan, Bus BU Sambar Septor Berboncengan di Sosa Julu

24 Mei 2024 - 06:57

Misterius, Satu Unit Minibus Jenis Daihatsu Taruna Terbakar di Saba Tolang

22 Mei 2024 - 18:16

Trending di Peristiwa