Menu

Mode Gelap

Berita Daerah

Asisten III Madina Buka Pelatihan Potensi SAR Tahun 2023, Tehnis Pencarian Di Ketinggian


					Asisten III Madina Buka Pelatihan Potensi SAR Tahun 2023, Tehnis Pencarian Di Ketinggian Perbesar

Madinapos.com – Panyabungan.

Asisten III Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mandailing Natal (Madina) Lismulyadi membuka kegiatan pelatihan Tehnis Pencarian dan Pertolongan di Ketinggian Tahun 2023 yang dilaksanakan Basarnas Unit Siaga Pencarian dan Pertolongan Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel) Medan di Madina bersama Pemerintah Daerah di Hotel Rindang Kecamatan Panyabungan, Senin (24/7) pagi.

Hadir dalam kegiatan pembukaan, Asisten III Lismulyadi, Pejabat Basarnas Pusat Budi Prayetno, Joni Supriadi dari Basarnas Medan, Danyonif 123 Mewakili, Dandim 0212/TS Mewakili, Kapolres Madina mewakili, Kalaksa BPBD Madina mewakili, Kakan Pencaian dan Pertolongan Medan, Camat Panyabungan, Koramil 13 Panyabungan, serta peserta pelatihan dan Unit Siaga Pencarian dan Pertolongan Madina

Lismulyadi dalam sambutannya mengatakan Unit Siaga SAR Mandailing Natal yang baru berdiri sejak 23 Nopember 2022 meliputi kegiatan di 4 Kabupaten ditambah 1 kota dengan luas wilayah 19.965 Km², salah satunya Madina dengan luas 6.134 Km² atau 8,4 persen dari Luas Sumatera Utara.

“Jika dilihat geografis wilayah ini, ada potensi memiliki kecelakaan pada wilayah ketinggian, sementara orang yang memiliki kemampuan SAR pada kondisi ini masih dibilang sangat minim, sehingga sangat penting memberikan pengetahuan yang cukup untuk kondisi ini”, ungkapnya.

Ia juga mengatakan melalui pelatihan ini akan lahir Tim SAR yang mampu diterjunkan pada wilayah ketinggian untuk melakukan pertolongan kepada masyarakat.

Sementara Koordinator Unit Siaga SAR Madina Muhammad Rizal Rangkuti mengatakan pelatihan ini melibatkan relawan dan aktivis pencinta alam dari Wilayah Tabagsel (Madina, Padangsidempuan, Padang Lawas dan Padang Lawas Utara) dengan materi yang bermanfaat meningkatkan kemampuan mambatu pencarian di wilayah ketinggian.

” Yang kita undang ada adek – adek mahasiswa pencinta alam, relawan atau aktivis alam lainnya dengan harapan pelatihan ini bermanfaat dan ada kesiapan tim kita menghadapi situasi tertentu di wilayah ketinggian”, tutupnya.

Ia juga mengatakan pelatihan ini akan berlangsung beberapa hari, baik itu secara teori (indoor) dan lapangan (outdoor) dengan materi dan menghadirkan pelatih khusus untuk setiap materi yang diajarkan. (**)

Penulis : Pian
Editor : Suaib
Photo : Hamzah

 

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 146 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Dikasi Surat Yasin, Ibu-ibu Perwiritan Angkola Timur Ucapkan Terima Kasih Bupati Dolly

26 Juli 2024 - 19:57

Babinsa Koramil 15 Muara Sipongi Lakukan Pengaman Sepakbola Remaja U-19

26 Juli 2024 - 19:51

Dinas PPKB Madina Sabet 7 Kategori Penghargaan Harganas Sumut 2024

26 Juli 2024 - 17:00

Forkopincam Lingga Bayu Mediasi F.SPTI Pulo Padang Dengan Pengangkutan TBS PMKS PT. Gruti

25 Juli 2024 - 22:09

Informasi Bocor, Polres Madina Tidak Temukan Alat Berat Dilokasi PETI Kotanopan

25 Juli 2024 - 21:24

Percepat Pengoperasian, Bupati Madina Serahkan Sertifikat Pemungsian Bandara AH Nasution

25 Juli 2024 - 20:35

Trending di Berita Daerah