Menu

Mode Gelap

Berita Daerah

Asisten III Madina Buka Pelatihan Potensi SAR Tahun 2023, Tehnis Pencarian Di Ketinggian


					Asisten III Madina Buka Pelatihan Potensi SAR Tahun 2023, Tehnis Pencarian Di Ketinggian Perbesar

Madinapos.com – Panyabungan.

Asisten III Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mandailing Natal (Madina) Lismulyadi membuka kegiatan pelatihan Tehnis Pencarian dan Pertolongan di Ketinggian Tahun 2023 yang dilaksanakan Basarnas Unit Siaga Pencarian dan Pertolongan Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel) Medan di Madina bersama Pemerintah Daerah di Hotel Rindang Kecamatan Panyabungan, Senin (24/7) pagi.

Hadir dalam kegiatan pembukaan, Asisten III Lismulyadi, Pejabat Basarnas Pusat Budi Prayetno, Joni Supriadi dari Basarnas Medan, Danyonif 123 Mewakili, Dandim 0212/TS Mewakili, Kapolres Madina mewakili, Kalaksa BPBD Madina mewakili, Kakan Pencaian dan Pertolongan Medan, Camat Panyabungan, Koramil 13 Panyabungan, serta peserta pelatihan dan Unit Siaga Pencarian dan Pertolongan Madina

Lismulyadi dalam sambutannya mengatakan Unit Siaga SAR Mandailing Natal yang baru berdiri sejak 23 Nopember 2022 meliputi kegiatan di 4 Kabupaten ditambah 1 kota dengan luas wilayah 19.965 Km², salah satunya Madina dengan luas 6.134 Km² atau 8,4 persen dari Luas Sumatera Utara.

“Jika dilihat geografis wilayah ini, ada potensi memiliki kecelakaan pada wilayah ketinggian, sementara orang yang memiliki kemampuan SAR pada kondisi ini masih dibilang sangat minim, sehingga sangat penting memberikan pengetahuan yang cukup untuk kondisi ini”, ungkapnya.

Ia juga mengatakan melalui pelatihan ini akan lahir Tim SAR yang mampu diterjunkan pada wilayah ketinggian untuk melakukan pertolongan kepada masyarakat.

Sementara Koordinator Unit Siaga SAR Madina Muhammad Rizal Rangkuti mengatakan pelatihan ini melibatkan relawan dan aktivis pencinta alam dari Wilayah Tabagsel (Madina, Padangsidempuan, Padang Lawas dan Padang Lawas Utara) dengan materi yang bermanfaat meningkatkan kemampuan mambatu pencarian di wilayah ketinggian.

” Yang kita undang ada adek – adek mahasiswa pencinta alam, relawan atau aktivis alam lainnya dengan harapan pelatihan ini bermanfaat dan ada kesiapan tim kita menghadapi situasi tertentu di wilayah ketinggian”, tutupnya.

Ia juga mengatakan pelatihan ini akan berlangsung beberapa hari, baik itu secara teori (indoor) dan lapangan (outdoor) dengan materi dan menghadirkan pelatih khusus untuk setiap materi yang diajarkan. (**)

Penulis : Pian
Editor : Suaib
Photo : Hamzah

 

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 143 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Masyarakat Sambut Pj. Bupati Palas Ardan Noor Hasibuan

21 Juni 2024 - 23:10

Kedatangan Pj. Walikota H. Timur Tumanggor Disambut Dengan Acara Adat Angkola

21 Juni 2024 - 23:01

KPU Palas Bimtek Pemutakhiran Data Pemilih, Penyusunan data Pemilih Dan Sidalih

21 Juni 2024 - 16:35

KPU Madina Gelar Bimtek PPS se-Kecamatan Natal

21 Juni 2024 - 10:52

Pawai Taaruf MTQ Ke-39 Tingkat Provsu di Tapanuli Selatan

20 Juni 2024 - 22:51

Tim Monitoring Iva Test Pemprov Sumut Kunjungi Sinunukan

20 Juni 2024 - 17:21

Trending di Berita Daerah