Menu

Mode Gelap

Berita Daerah

Cakades Madina Mulai Cabut Nomor, PMD : Tahapan Pilkades 2023 Berjalan Dengan Baik


					Cakades Madina Mulai Cabut Nomor, PMD : Tahapan Pilkades 2023 Berjalan Dengan Baik Perbesar

Madinapos.com – Panyabungan.

Sejumlah Calon Kepala Desa (Cakades) yang akan mengikuti Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Tahun 2023 Kabupaten Mandailing Natal (Madina) mulai cabut nomor peserta yang dilaksanakan di masing – masing desa oleh Panitia Pilkades setempat hingga besok ditetapkan hari terakhir.

Kepala Dinas PMD Madina Mainul Lubis mengatakan hingga saat ini seluruh tahapan Pilkades Serentak 2023 Madina yang diikuti 256 Desa telah berjalan dengan baik dan sesuai dengan yang direncanakan,” benar, cakades mulai cabut nonor, hingga besok yang difasilitasi Panitia Pilkades setempat”, ungkapnya kepada media ini Rabu (19/7) sore.

Ia juga tidak menepis informasi yang menyebutkan sejumlah ASN atau pensiunan turut meramaikan bursa Cakades Serentak 2023 ini,” ya begitulah, kan secara regulasinya boleh selama diizinkan, setidaknya sekitar 18an, banyak diantaranya Penjabat Kepala Desa, kalau pensiunan itu ada namun beliau itu kan sudah menjadi masyarakat biasa, ya boleh dong”, tambahnya.

Ia juga menceritakan berbagai informasi unik yang diterimanya dari staf hingga masyarakat saat mengunjungi beberapa desa yang mengikuti pilkades,” yang unik itu ada seperti Cakadesnya banyak bersaudara, seperti ceritanya ada yang melawan istri atau masih anak sendiri, tapi itu kan dinamika demokrasi, silahkan selama cukup syarat dan masyarakatnya memberi dukungan”, tambahnya.

“Kita tentunya mengharapkan semua Cakades nantinya ikut deklarasi pilkades damai, dan memaknai persaudaraan itu jauh diatas kontestasi politik ini, begitu juga di masyarakat kami pesan boleh beda pilihan tapi jangan putus persaudaraan”, sebutnya.

Mainul juga mengatakan proses pilkades 2023 ini telah melalui beberapa evaluasi dari tahapan pilkades sebelumnya, diantaranya soal regulasi coblos tembus, soal kepanitiaan dan kewenangannya hingga ada Panitia Pilkades Kecamatan,” kita berusaha memberikan yang terbaik, jika ada yang lemah maka kita evaluasi dan perbaiki sehingga menjadi lebih baik lagi”, tutupnya.

Sebagaimana diketahui, Pilkades Serentak Tahun 2023 ini akan diikuti 256 Desa dari 377 Desa yang tersebar di 23 Kecamatan, yang pelaksanaan pemilihan dipenghujung Agustus 2023. (am)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 103 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Pj. Walikota Padangsidimpuan Hadiri Rapat Paripurna R- APBD dan Penetapan Propemperda 2024

29 November 2023 - 03:32

12 KIM 6 Kecamatan Kota Padangsidimpuan Dikukuhkan

29 November 2023 - 03:14

Bupati Tapsel Serahkan Bantuan 5 Unit Kenderaan Mobil Dinas Kepada Ormas Islam

28 November 2023 - 19:24

Eli Mahrani Hadiri Pelantikan Ketua TP PKK Desa di Muara Batang Gadis

28 November 2023 - 00:48

Batu Disingkirkan, Akses Jalan Simandolam Kecamatan Kotanopan Lancar

28 November 2023 - 00:24

Ketua TP. PKK Madina Lantik TP. PKK Desa Se Kecamatan Natal

27 November 2023 - 21:45

Trending di Berita Daerah