Menu

Mode Gelap

Berita Daerah

Walikota Padangsidimpuan Hadiri Toba Jou Jou Festival 2023


					Walikota Padangsidimpuan Hadiri Toba Jou Jou Festival 2023 Perbesar

Madinapos.com- Padangsidimpuan.

Walikota Padangsidimpuan, Irsan Efendi Nasution, menghadiri Toba Jou Jou Festival 2023 yang diadakan oleh Bank Indonesia Perwakilan Sibolga. Acara tersebut bertujuan untuk mempererat kerja sama antar daerah dalam rangka pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) unggulan. Festival yang berlangsung selama tiga hari, mulai tanggal 23 hingga 25 Juni 2023, diselenggarakan di Kawasan Pelabuhan Mulia Raja, Balige.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sibolga, Yuliansah Andrias, menjelaskan bahwa Toba Jou Jou Festival 2023 merupakan hasil dari upaya pengembangan UMKM unggulan oleh Bank Indonesia Sibolga. Festival ini merupakan acara utama yang melibatkan sinergi dan kolaborasi antara Bank Indonesia Sibolga, Bank Indonesia Sumatera Utara, Bank Indonesia Pematang Siantar, Pemerintah Kabupaten Toba, serta para pemangku kepentingan lainnya.

“Sinergi dan kolaborasi yang telah dilakukan sejak awal tahun 2023 melibatkan berbagai program, termasuk onboarding, business matching, dan kurasi yang melibatkan kurator nasional,” ujar Yuliansah Andrias dalam acara pembukaan.

Wali Kota Padangsidimpuan, Irsan Efendi Nasution, menyampaikan bahwa pemerintahannya telah menjalin kerja sama dengan Pemerintah Tapanuli Utara dalam hal pasokan cabai merah untuk Kota Padangsidimpuan.

Selain itu, mereka juga bekerja sama dengan Kabupaten Humbang Hasundutan dalam pasokan bawang merah, mengingat produk yang dihasilkan oleh petani di daerah tersebut tidak mencukupi kebutuhan konsumsi di Padangsidimpuan.

“Dalam rangka pengendalian inflasi di daerah kami, kami melakukan kerja sama dengan antar daerah. Kami berterima kasih kepada Bank Indonesia yang telah memfasilitasi dan mendukung pelaksanaan kerja sama antardaerah ini. Hal ini juga merupakan tanggung jawab Pemerintah Kota Padangsidimpuan untuk memastikan ketersediaan pangan dan kebutuhan pokok,” ungkap Wali Kota Irsan.

Lebih lanjut, Wali Kota Irsan menjelaskan bahwa Memorandum of Understanding (MoU) terkait kerja sama tersebut telah dijalankan oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Dinas Perdagangan. Kerja sama ini dilakukan antara beberapa koperasi di Padangsidimpuan, Tapanuli Utara, dan Humbang Hasundutan.

“Peran kami adalah mengawasi ketersediaan pangan di Padangsidimpuan setiap harinya. Jika pasokan terganggu, dinas kami akan mendorong koperasi yang menjalin kerja sama untuk segera memenuhi kebutuhan Padangsidimpuan, sehingga tidak terjadi gangguan yang dapat menyebabkan kenaikan harga,” tambah Wali Kota Irsan.

Wali Kota Irsan juga mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Bank Indonesia Perwakilan Sibolga atas dukungan yang telah diberikan, termasuk dalam hal operasi pasar, penukaran uang rupiah, pembinaan petani, dan mendorong kerja sama antardaerah seperti saat ini.

Acara pembukaan Toba Jou Jou Festival turut dihadiri oleh Anggota Komisi XI DPR RI, Sihar Sitorus, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumatra Utara, I Gede Putu Wira Kusuma, Bupati Toba, Poltak Sitorus. Menparekraf RI, Sandiaga Salahudin Uno, juga hadir secara virtual untuk memberikan dukungan kepada acara tersebut.

Toba Jou Jou Festival 2023 diharapkan dapat menjadi momentum yang baik untuk memperkuat kerja sama antardaerah dalam pengembangan UMKM unggulan serta mempromosikan potensi pariwisata dan budaya di kawasan Toba. (*/Andy aja)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 135 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

BBM Jenis Pertalite Langka di Sibuhuan, Harga Ketengan Rp.18 Ribu/ Liter, Ketua Sampal Angkat Bicara

21 Februari 2024 - 23:15

Dandim 0212/Tapsel Tanam Pohon Mangrove Serentak di Natal

21 Februari 2024 - 21:51

Sat Samapta Polres Palas Patroli Monitoring di Kantor PPK, Pastikan Kotak Suara Pemilu Aman

20 Februari 2024 - 15:51

KPU RI Umumkan 5 Komisioner KPU Palas Baru, Besok Dilantik

20 Februari 2024 - 00:44

Pemerhati Lingkungan Curigai Ada Pemilik Modal Kuat Dibalik Galian C Ilegal di Linggabayu

19 Februari 2024 - 19:42

Kapolres Madina Pantau Rapat Pleno Penghitungan Suara Pemilu 2024 di Kantor PPK

17 Februari 2024 - 22:15

Trending di Berita Daerah