Menu

Mode Gelap

Berita Daerah

Persiapan Gelaran Nikah Massal 2023, Kesra Madina : Mahar dan Panggung Pengantin Dipersiapkan


					Persiapan Gelaran Nikah Massal 2023, Kesra Madina : Mahar dan Panggung Pengantin Dipersiapkan Perbesar

Madinapos.com – Panyabungan.

Persiapan gelaran nikah massal tahun 2023, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kabag Kesra) Pemerintahan Kabupaten Mandailing Natal Bahruddin Juliadi mengatakan telah menyurati seluruh Pemerintahan Kecamatan dan KUA agar membantu melakukan pendataan peserta nikah massal dan sidang isbat nikah yang bersedia mengikuti untuk tahun ini.

“Suratnya sudah dikirimkan kepada semua Camat dan KUA di 23 Kecamatan, kita berharap dapat mengumpulkan data sebanyaknya untuk melihat potensi peserta sehingga segera bisa kita mulai persiapannya baik dari segi anggaran hingga pemenuhan persyaratan lainnya selambatnya 14 Juli 2023 sudah didapat jumlahnya “, ungkap Kabag diruang kerjanya, Kamis (15/6) sore.

Ia juga memaparkan persyaratan kegiatan tersebut dibagi dua kelompok, yaitu peserta yang akan mengikuti sidang itsbat dan peserta nikah masal,” ada kita lampirkan formnya nanti tinggal isi, namun garis besarnya untuk isbat harus ada permohonan, identitas, surat pengantar dari kades atau lurah atau N1″, ungkapnya.

“Untuk nikah massal bisa saja dikarenakan dulunya pernikahan belum tercatat di KUA bisa di ulangi sehingga mendapatkan buku nikah, atau persoalan lainnya, jadi silahkan berdiskusi nantinya dengan KUA dan Kecamatan, nanti kita akan bantu seluruh persoalannya dengan sebaik – baiknya”, tambahnya.

Ia juga menyampaikan bahwa pernikahan yang tercatat hingga mendapat buku nikah akan mempermudah proses adminduk, menjelaskan status hubungan suami istri dan anak hingga kebutuhan administrasi kependudukan lainnya,” kita pada prinsifnya ingin membantu masyarakat kita terkait dimaksud, jadi silahkan daftar saja”, himbaunya.

Mengenai fasilitas, Bahruddin menjelaskan ada fasilitas yang bisa didapat setiap peserta,” misalnya mahar berupa seperangkat alat shalat, hiburan dan panggung pernikahan untuk photo dan fasilitas lainnya, yang kita harapkan dapat menggembirakan pasangan pengantin ini nantinya”, sebutnya.

“Mengenai jadwal, kita rencanakan Oktober 2023, jadi harus dipersiapkan sejak dini karena ini melibatkan banyak pihak”, tutupnya. (Suaib / Hamzah)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 226 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Pengajian Akbar BKMT Sinunukan di Desa Kampung Kapas II Hadirkan Ustadz Hamdan Firdaus

19 Mei 2024 - 16:19

Pemkab Madina Mulai Bangun Ruas Jalan Aek Godang – Hutabargot

18 Mei 2024 - 20:29

Pemko Padangsidimpuan Gelar MTQ Ke- XXIII 2024

18 Mei 2024 - 17:59

Bergengsi, Desa Pardomuan Tapsel Wakili Sumut Lomba di HKG PKK Ke-52

18 Mei 2024 - 17:28

Bupati Dolly Pasaribu Lakukan Jalan Santai Bersama Pimpinan OPD dan ASN Tapsel

18 Mei 2024 - 17:15

Pj.Walikota Bai’at dan Lantik Dewan Hakim MTQ XXIII Tingkat Kota Padangsidimpuan

17 Mei 2024 - 19:54

Trending di Berita Daerah