Menu

Mode Gelap

Berita Daerah

Dinkes Madina Gelar Bimtek Pembentukan Pokjanal Posyandu di Kecamatan Bukit Malintang


					Dinkes Madina Gelar Bimtek Pembentukan Pokjanal Posyandu di Kecamatan Bukit Malintang Perbesar

Madinapos.com – Bukit Malintang.

Dinas Kesehatan Kabupaten Mandailing Natal menggelar Bimbingan Teknis Pembentukan Kelompok Kerja Operasional Pos Pelayanan Terpadu (Pokjanal Posyandu) di Aula Kantor Camat, Desa Malintang Jae, Kecamatan Bukit Malintang. Jum’at, (16/06/2023) pagi.

Lanniari, SKM, M. KES selaku narasumber kepada awak media mengatakan kegiatan ini terlaksana atas tindaklanjut pertemuan Advokasi Pokjanal Tingkat Kabupaten 3 minggu yang lalu,” tindaklanjutnya ada 10 Kecamatan yang terpilih, salah satunya Kecamatan Bukit Malintang”, ungkapnya.

“Tujuannya adalah untuk meningkatkan pelayanan Posyandu di Kecamatan Bukit Malintang, tentunya dengan melibatkan peran serta lintas sektoral terkait, karena kita ketahui selama ini Posyandu berjalan, tapi yang menjalankan Posyandu ini hanya petugas kesehatan dan kader, namun untuk mencapai keberhasilan pencapaian posyandu di Desa perlu dukungan peran lintas sektor terkait, seperti Camat, Ketua PKK, Guru Paud/TK, Kepala Desa, Aparatur Desa, dan BPD”,.katanya..

Ia juga menjelaskan mamfa’at Posyandu ini,” jika kita bisa memamfa’atkan Posyandu ini dengan baik, maka anak – anak bisa terdeteksi dari dini masalah kesehatan gizi anak yang buruk, gizi buruk, dan Stunting karena posyandu inilah pelayanan kesehatan dasar di desa”, tambahnya.

” Yang lebih pentingnya lagi bahwa Posyandu itu adalah milik desa, miliknya masyarakat, bukan miliknya Puskesmas bukan miliknya bidan desa di atur dalam Permendagri No 18 tahun 2018″, tegasnya.

Harapannya setelah tim Pokjanal Posyandu tingkat Kecamatan di bentuk dapat bertugas, berperan pada tupoksinya masing – masing, dengan harapan capaian kunjungan Posyandu di Kecamatan Bukit Malintang dapat meningkat sesuai target yang di harapkan.

Sementara Camat Bukit Malintang Roihan mengatakan bimbingan yang di berikan adalah suatu hal yang baik buat Kabupaten Mandailing Natal khususnya Kecamatan Bukit Malintang,” jadi harapan kami marilah kita saling mendukung Program – Program Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal demi terlaksananya Visi – Misi Bapak Bupati dan Ibu Wakil Bupati Mandailing Natal dalam hal peningkatan pelayanan Posyandu di Kecamatan Bukit Malintang”, harap Roihan.

Pantauan Awak Media Kegiatan Pembentukan Pokjanal Posyandu Kecamatan Bukit Malintang sebagai pesertanya Camat Bukit Malintang Roihan, Ketua PKK Bukit Malintang, Ny. Devi Irawati, S. Pd Roihan, Sekcam Bukit Malintang Ibrahim Rangkuti, S. Sos, Kasi Ekonomi Sukandar Usman, Kasi Trantibum Abdurrahman, Staf Puskesmas, Staf Kb, Pokja IV Elza Pausy, Guru TK Permata, Kepala Sekolah Satu Atap 048 Pasar Baru Malintang Asmi Julianti, S. Pd, Babinsa Koramil 12 Siabu V. Aritonang dan Masyarakat undangan lainnya. (Anwar)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 247 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Dikasi Surat Yasin, Ibu-ibu Perwiritan Angkola Timur Ucapkan Terima Kasih Bupati Dolly

26 Juli 2024 - 19:57

Babinsa Koramil 15 Muara Sipongi Lakukan Pengaman Sepakbola Remaja U-19

26 Juli 2024 - 19:51

Dinas PPKB Madina Sabet 7 Kategori Penghargaan Harganas Sumut 2024

26 Juli 2024 - 17:00

Forkopincam Lingga Bayu Mediasi F.SPTI Pulo Padang Dengan Pengangkutan TBS PMKS PT. Gruti

25 Juli 2024 - 22:09

Informasi Bocor, Polres Madina Tidak Temukan Alat Berat Dilokasi PETI Kotanopan

25 Juli 2024 - 21:24

Percepat Pengoperasian, Bupati Madina Serahkan Sertifikat Pemungsian Bandara AH Nasution

25 Juli 2024 - 20:35

Trending di Berita Daerah