Menu

Mode Gelap

Pendidikan

Jadikan Guru PAUD Profesional, Dinas Pendidikan Tapsel Gelar Diklat Berjenjang


					Jadikan Guru PAUD Profesional, Dinas Pendidikan Tapsel Gelar Diklat Berjenjang Perbesar

Madinapos.com – Tapsel.

Untuk semakin meningkatkan mutu guru pendidikan anak usia dini (PAUD) yang profesional dan berkualitas, Dinas Pendidikan Kabupaten Tapanuli Selatan menggelar diklat berjenjang tingkat dasar, lanjut dan mahir dalam pengembangan karir pendidikan dan tenaga kependidikan pada satuan pendidikan anak usia dini (PAUD) Tahun 2023.

Diklat tersebut dihadiri dan dibuka langsung oleh Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) Dolly Pasaribu bersama Bunda PAUD Tapsel, Ny. Rosalina Dolly Pasaribu di Aula Hotel Tor Sibohi, Kecamatan Sipirok, pada Jumat (9/5).

Dalam sambutannya, Dolly berharap agar semua peserta dapat mengikutinya dengan maksimal sehingga nantinya dapat menjadi tenaga pendidik yang lebih profesional,” harap Dolly.

Lanjut Dolly, bahwa program ini merupakan program lanjutan setelah beberapa waktu yang lalu diadakan, mulai dari diklat dasar, lanjut dan mahir. “Dengan semakin profesionalnya Guru PAUD di Tapsel maka akan semakin baik dalam menciptakan generasi Tapsel yang maju dan cerdas,” ujarnya.

Sementara Bunda PAUD Tapsel, Ny. Rosalina Dolly Pasaribu meminta kepada semua guru untuk dapat memahami pola pendidikan di tingkat PAUD.

“Kemampuan mendidik usia PAUD harus betul-betul dipahami oleh semua bunda/yanda, sehingga pendidikan PAUD di Tapsel dapat berjalan dengan lancar. Terima kasih pada bunda/yanda PAUD yang sudah pernah mengikuti diklat dasar, terus asah kemampuannya untuk ikut diklat lanjut dan mahir, katanya.

Bunda PAUD Tapsel juga mengatakan, di tanggal 6-7 Juni yang lalu ia mengikuti pelatihan, “Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan,” bersama Mendikbudristek Bapak Nadiem Anwar Makarim yang membuat suasana pendidikan usia dini kita semakin ceria dan gembira.

Sebelumnya Kadis Pendidikan Tapsel, Arman Pasaribu diwakili Kabid PAUD Zulkarnain Harahap, dalam laporannya menjelaskan, pelatihan itu bertujuan untuk mempersiakan tenaga pendidik menjadi lebih profesional dalam menjalankan tugasnya.

“Sehingga nantinya para guru mampu merencanakan, melaksanakan pembelajaran dan menilai hasil pembelajaran serta melakukan pembimbingan, pelatihan, pengasuhan dan perlindungan, serta agar dapat memenuhi empat kompetensi utamanya,” jelasnya.

Selain itu, Zulkarnain juga menjelaskan bahwa diklat tersebut terdiri dari tiga tingkat yakni, diklat tingkat dasar sebanyak 40 orang, diklat tingkat lanjut sebanyak 40 orang dan diklat tingkat mahir sebanyak 40 orang yang berasal dari 15 Kecamatan se-Tapsel.

“Diklat ini dilaksanakan selama 5 hari, dan sudah termasuk dilaksanakan ke tiga tingkatan tersebut dengan dasar pelaksanaan Permendikbudristek No. 137/2014 tentang standar pendidikan anak usia dini dan Permendikbudristek No. 32/2022 tentang standar teknis pelayanan minimum,” terangnya.

Sementara sumber dana kegiatan, kata Zulkarnain berasal dari APBD Tapsel Tahun Anggaran 2023, dan jadwal pelaksanaan kegiatan pada Jumat (9/5) sampai Selasa (13/5), dengan Narasumber Bunda PAUD Tapsel, Kadis Pendidikan Tapsel, dan Balai Besar Guru Penggerak Sumut sebanyak enam orang.

Adapun syarat untuk mengikuti pelatihan tingkat dasar harus sudah terdaftar di Dapodik Kemendikbudristek, sementara untuk tingkat lanjut harus ada sertifikat telah mengikuti tingkat dasar, dan untuk mengikuti tingkat mahir harus ada sertifikat pernah mengikuti tingkat lanjut, ungkap Zulkarnain. (Sayuti)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 72 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Tim Riset MAN 1 Madina Raih Medali Perunggu Event Thailand Inventors’ Day 2024 Bangkok

7 Februari 2024 - 19:16

SMPN 5 Sinunukan Launching Gelar Karya Project P5

27 Januari 2024 - 19:35

H. Ivan Batubara Isi Materi Seminar Kepemimpinan DEMA STAIN Madina 2024

25 Januari 2024 - 12:42

PC – IPM Siabu Sponsori Ratusan Pelajar se Kecamatan Siabu Ikuti Seminar Kesehatan & Narkoba

24 Januari 2024 - 14:09

Gudep MAN 4 Madina Laksanakan Jalan Santai & Bakti Sosial

20 Januari 2024 - 21:54

Program Jaksa Masuk Sekolah, Kejari Padangsidimpuan Kunjungi SMA Negeri 2

20 Januari 2024 - 05:52

Trending di Berita Daerah