Menu

Mode Gelap

Berita Daerah

Mahasiswa Apresiasi Program Kerja Kadis Disdukcapil Palas


					Mahasiswa Apresiasi Program Kerja Kadis Disdukcapil Palas Perbesar

Madinapos.com – Padang Lawas.

Ketua Koalisi Mahasiswa Pemuda Palas (Kompas) Achmad  Rizky Hasibuan SH mengapreaiasi dan mengucapkan terimakasih atas pelayanan kantor Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Padang Lawas (Palas) yang selalu  sigap dalam menyahuti keluhan masyarakat. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya keluhan masyarakat yang diatasi.’ungkapnya.

” Layanan disini luar biasa, saya tak bisa berkata apa- apa. Saya sempat bercengkrama dengan ibu – ibu di Disdukcapil Palas ini, artinya masyarakat juga senang berurusan di pelayanan publik Disdukcapil ini yang selalu memberikan bimbingan dan arahan kepada masyarakat yang datang untuk mengajukan berkas membuat dokumen Identitas Diri (ID) dan keluarga bagi yang kurang mengerti,”ucap Rizky Hasibuan SH.

Hal ini di sampaikannya kepada awak media ini usai berjumpa dengan Kadis Disdukcapil Palas Dra.Hj Nelli Suryani di ruang kerjanya Kadis, di lokasi perkantoran SKPD terpadu Sigalagala, Jalan lintas Sibuhuan – Sosa, Desa Bulu Sonik, Kecamatan Barumun, Provinsi Sumatera Utara, Selasa (9/05) sore.

Selain cara kerja pegawai di kantor Disdukcapil ini,”.utamanya saya menilai program kerja Kadisnya, Dra H Nelli Suryani Hasibuan yang saya nilai pas dan belum ada di laksanakan oleh Kadis sebelumnya”, tegas Rizky.

Pertama, kata Rizky, untuk memudahkan masyarakat mengurus dokumen data idantitas pribadi ataupun keluarga, Disdukcapil Palas telah membuka program pengajuan berkas Via Online dengan mengirimkan berkas ke Whats App di nomor 085296120323 dengan cara, Fhoto/Scen persaratan (berkas) untuk memudahkan masyarakat yang jauh, dan tidak harus datang dan antri pada saat pengajuan.

Lanjutnya, Apabila ada yang perlu untuk di lengkapi, maka akan ada panduan dari operator pihak kantor Disdukcapil Palas, ini yang paling sangat membantu, dan apabila berkas dinyatakan selesai Disukcapil akan mengirimkan tanda terima dan sipemilik bekas ketika akan menjemput harus membawa berkas aslinya,” ujarnya.

Selain itu, katanya lagi, kebijakan untuk mengatasi data ganda, pembuatan data yang tidak akurat ataupun non pailit,dan menghindari pencaloan, yang dapat merugikan orang yang ingin mengajukan berkas, Kadis berharap agar masyarakat datang dan mengajukan berkas sendiri,’ ujarnya.

Ditambahkannya, bagi yang tidak mengajukan sendiri, pembawa berkas harus membawa Surat keterangan (SK Desa) dari desa asal atas nama si pemilik berkas yang akan di ajukan, apabila tidah ada SK dari desa, bekas tidak akan di terima, karena sangat perlu sebagai  penanggung jawab apabila data identitas tersebut bermasyalah, inikan sangat baik, karena selama ini sangat banyak ditemukan data identitas yang tidak jelas, akhirnya merugikan si pemilik berkas, (Data asal-asalan),’ tegas Ketua Kompas Palas.

Selain program di kantor ini, tambah Rizky, Disdukcapil Palas, menurut keterangan Kadis Nelli Suryani, Disdukcapil, akan menempatkan dan membuka penerimaan berkas di setiap kecamatan agar lebih mudah dan dekat untuk memasukkan berkas pengajuan data diri dan keluarga masyarakat Padang Lawas ini tidak harus ke kabupaten serta antri ,’ ucapnya.

” Kami sebagai mahasiswa dan pemuda sangat berharap kepada pemerintah Kabupaten Padang Lawas ini agar mendukung sepenuhnya program yang di jalankan Kadis Disukcapil Dra.H.Nelli Suryai Hasibuan ini”, harap Rizky mengahiri.

Penulis : A Salam Srg.

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 144 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Pemkab Madina Mulai Bangun Ruas Jalan Aek Godang – Hutabargot

18 Mei 2024 - 20:29

Pemko Padangsidimpuan Gelar MTQ Ke- XXIII 2024

18 Mei 2024 - 17:59

Bergengsi, Desa Pardomuan Tapsel Wakili Sumut Lomba di HKG PKK Ke-52

18 Mei 2024 - 17:28

Bupati Dolly Pasaribu Lakukan Jalan Santai Bersama Pimpinan OPD dan ASN Tapsel

18 Mei 2024 - 17:15

Pj.Walikota Bai’at dan Lantik Dewan Hakim MTQ XXIII Tingkat Kota Padangsidimpuan

17 Mei 2024 - 19:54

Jumat Bersih di Kecamatan Siabu Terus Berlanjut, Sekcam : Mendukung Semangat Kerja

17 Mei 2024 - 13:45

Trending di Berita Daerah