Menu

Mode Gelap

Berita Daerah

Ketua Golkar Sampaikan Prihatin, Tapsel Peringkat Tertinggi Angka Stunting di Sumut


					Ketua Golkar Sampaikan Prihatin, Tapsel Peringkat Tertinggi Angka Stunting di Sumut Perbesar

Madinapos.com – Tapsel.

Ketua Partai Golongan Karya (Golkar) Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) H. Rahmat Nasution mengatakan cukup prihatin melihat data Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) Kemenkes RI tahun 2022, angka stunting di Tapsel meningkat sebesar 8,6 point menjadi 39,4 persen, melampaui target sebesar 27,05 persen. Keadaan itu menjadikan Tapsel peringkat tertinggi dari 33 kabupaten/kota se Sumatera Utara.

“Rentang waktu 12 tahun, belum pernah saya dengar stunting jadi persoalan krusial di Tapsel,” ujar Ketua DPD Partai Golkar Tapsel, H. Rahmat Nasution, di Desa Bandar Hapinis, Kecamatan Muara Batang Toru saat pelantikan Pengurus Kecamatan Golkar Muara Batangtoru, hasil Musyawarah Kecamatan Luar Biasa (Muscamlub) Golkar, Selasa (21/3) lalu.

“Melihat data dari SSGI itu, betapa malunya kita masyarakat Tapsel sekarang ini, menyandang status memiliki persentasi balita gizi buruk yang tertinggi di 33 kabupaten/kota se-Sumut, sehingga diluar Tapsel, daerah kita sering diejek orang dengan istilah KGB atau Kabupaten Gizi Buruk” ujar Rahmat.

Rahmat juga berasumsi Pemerintah Daerah kurang serius, ketidakseriusan itu antara lain tercermin dari komposisi Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) di Kabupaten Tapsel. Memposisikan Sekdakab sebagai ketua dan bukan ditempati Wakil Bupati, bertentangan dengan turunan Perpres 72 tahun 2021 yaitu Peraturan Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (PBKKBN) No. 12 Tahun 2021.

“Di Sumut, Ketua TPPS adalah Wakil Gubernur. Di kabupaten/kota diketuai oleh Wakil Bupati/Wakil Wali Kota. Namun di Tapsel, TPPS ini diketuai Sekretaris Daerah yang bahkan saat ini berstatus Pj (Penjabat)” terang Rahmat.

Penanganan stunting di Tapsel kian diperparah dengan kurang bergeraknya Posyandu, PPKBD dan PKK desa/kelurahan, utamanya mendukung program pelayanan dasar kesehatan untuk balita seperti pemberian makanan tambahan, tambahan vitamin dan nutrisi serta penimbangan balita secara rutin dan berkala.

Namun informasinya, kegiatan rutin itu sudah belasan bulan tidak terlaksana secara baik. Justru kesibukan di desa yang terlihat adalah program PKK bekerjasama dengan Dinas PMD tentang tanaman obat keluarga (Toga) yang menggunakan Dana Desa dan antara lain diperuntukkan membeli bibit Toga di Socfindo Serdang Bedagai, padahal tanaman sejenis banyak tumbuh di daerah Tapsel.

“Jadi kasihan itu para Kepala Desa dan aparatnya karena mendapat tugas tambahan mengurusi program Toga padahal bukan program prioritas desa,” ujar Rahmat yang juga pernah menjabat Ketua DPRD Tapsel selama dua periode tersebut.

Ia mengaku heran, tentang rujukan pelaksanaan program Toga ini sehingga menjadi prioritas di desa. Padahal, di aturan sebelumya serta amanat Permendes PDTT No. 8 tahun 2022, tidak ada poin khusus mewajibkan program Toga terlaksana di desa.

“Karena memang program Toga ini bukan skala prioritas, tetapi kenapa terkesan dipaksa harus ada dengan menggunakan Dana Desa? Jadi kasihan mereka itu,” imbuh Rahmat.

Ia meminta, agar di tahun 2023 ini, penggunaan Dana Desa memprioritaskan penurunan stunting dan meniadakan atau mengurangi program yang tidak prioritas seperti program Toga dan sejenisnya, karena bukan bahagian dari amanat Permendes No.12 tahun 2022.

Rahmat juga menyampaikan banyaknya program yang tidak dilaksanakan padahal sudah tertuang di APBD, menyebabkan serapan anggaran APBD pa.” tutupnya Rahmad.(Sayuti)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 168 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Pj. Walikota Padangsidimpuan Sholat Idul Fitri di Masjid Agung Al-Abror

12 April 2024 - 10:44

Pj Bupati Dan Kapolres Palas Sholat Id 2024 di Lapangan Merdeka Sibuhuan, Bersama Ribuan Jamaah

11 April 2024 - 14:16

Rayakan Idul Fitri 1445 H, Bupati Tapsel Ajak Masyarakat Tingkatkan Amal Kebaikan

11 April 2024 - 14:08

Libur Lebaran 2024, Polsek MBG Tingkatkan Pengamanan Obyek Wisata Pantai

11 April 2024 - 13:58

Jamaah Padati Pelaksanaan Shalat Ied 1445 H di Mesjid Agung Nur Alanur Panyabungan

10 April 2024 - 08:02

Diikuti Ribuan Warga, Camat Siabu Lepas Pawai Takbiran Sambut Idul Fitri 1445 H

10 April 2024 - 04:31

Trending di Berita Daerah