Menu

Mode Gelap

Berita Daerah

Bupati Bersama Ketua TP PKK Canangkan Sub PIN Polio Tahap I Kepada Anak Tapsel


					Bupati Bersama Ketua TP PKK Canangkan Sub PIN Polio Tahap I Kepada Anak Tapsel Perbesar

Madinapos.com – Tapsel.

Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) H Dolly Pasaribu bersama Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Tapsel Ny Rosalina Dolly Pasaribu mencanangkan Sub Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio Tahap I kepada anak Tapsel di Kelurahan Aek Pining, Kecamatan Batang Toru, Senin (13/2).

Pencanangan Sub PIN Polio merupakan program Kementerian Kesehatan RI dengan dilakukan tetes polio untuk mencegah penyakit menular bagi anak Indonesia.

“Polio merupakan penyakit menular yang bisa menyebabkan kelumpuhan, cacat seumur hidup, bahkan kematian,” ungkap Dolly.

Dolly menambahkan penularan virus terjadi melalui air dan makanan yang terkontaminasi dengan tinja yang mengandung virus polio.

“Untuk itu, Dolly berharap agar masyarakat yang sudah datang untuk menyampaikan informasi ini kepada yang lain agar berkenan hadir, kemudian bersama-sama mengajak para orang tua dan anaknya untuk melakukan tetes polio,” ajak Dolly.

Selanjutnya bantu petugas dalam pelaksanaan tetes polio dan jadilah pemerhati untuk mengingatkan anak-anak yang lain agar mereka terhindar dari bahayanya polio, kemudian selesai berkegiatan agar mencuci tangan, dan makanan harus dimasak dengan matang.

Sementara Ketua TP PKK Tapsel Ny Rosalina Dolly Pasaribu menyarankan kepada masyarakat untuk selalu mengantisipasi para anaknya dengan melakukan tetes polio.

“Sebab polio tidak bisa diobati, maka untuk itu agar terhindar, anak sejak usia 0-5 tahun untuk selalu rutin melakukan pemeriksaan dan pemberian tetes polio,” ajak Rosalina.

Sebelumnya Plt Kadis Kesehatan Tapsel dr. Rudy Harahap dalam laporannya menjelaskan, pelaksanaan tetes polio ini merupakan tindak lanjut dari SK Kemenkes RI No. SR.02.06/Menkes/32/2023 tanggal 20 Januari 2023 tentang pelaksanaan Sub Pekan Imunisasi Nasional dalam rangka penanggulangan KLB Polio serentak se-Provinsi Sumut.

“Seluruh kabupaten/kota se-Sumut agar melakukan PIN Polio di seluruh Puskesmas, Posyandu, Sekolah, dan Pos Imunisasi mulai Februari 2023. Di Tapsel tersedia tetes polio sejak tanggal 13-19 Februari 2023,” terang Rudy.

Rudy menyebutkan, bahwa jumlah anak-anak yang dilakukan tetes polio di Kelurahan Aek Pining sebanyak 250 orang, dengan pengawasan satgas stunting Tapsel.

Turut hadir, Kadis Pertanian, Kadis PUPR, Kadis Ketapang, Kadis Perkim, Kadis PMD, Ka Bappeda, Kadis PP&KB, Plt Kadis PP&PA, Sekretaris Sosial, Sekretaris Perikanan, Camat dan Ketua TP PKK Kecamatan Batang Toru, Kapus Batang Toru, dan PT Agincourt Resources. (Sayuti.P)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 92 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Pemkab Madina Gelar Halal Bi Halal 2024 di Mesjid Nur Alanur Panyabungan

17 April 2024 - 12:19

Pimpin Apel Pasca Lebaran, Camat Panyabungan Minta Tingkatkan Pelayanan Kepada Masyarakat

16 April 2024 - 17:42

Hari I Kerja Pasca Lebaran, dr. Rusli Pulungan Terima Kunjungan Wabup Madina di RSUD Panyabungan

16 April 2024 - 17:30

Sidak Hari I Kerja Pasca Libur Lebaran, Bupati Madina Pastikan Pelayanan Publik Berjalan Normal

16 April 2024 - 17:19

Hari I Pasca Libur Idul Fitri, Asisten III Lismulyaldi Silaturahmi Ke Kantor Camat Bukit Malintang

16 April 2024 - 12:59

Hari – 1 Kerja Pasca Libur Lebaran, Forkopimcam Bukit Malintang Gelar Apel Gabungan

16 April 2024 - 11:44

Trending di Berita Daerah