Menu

Mode Gelap

Berita Daerah

Belum Juga Terbentuk, Kadis PMD Madina Perintahkan Kades Sale Baru Segera Gelar Pemilihan BPD


					Belum Juga Terbentuk, Kadis PMD Madina Perintahkan Kades Sale Baru Segera Gelar Pemilihan BPD Perbesar

Madinapos.com – Muara Batang Gadis.

Hingga telah berakhirnya jabatan periode 2015-2021 dan telah hampir setahun, Anggota Badan Permusyawarahan Desa (BPD) Sale Baru Kecamatan Muara Batang Gadis (MBG) belum terbentuk, hanya masih sebatas pembentukan Panitia Pemilihan saja.

Melihat kondisi tersebut, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Mandailing Natal (Madina) Mukhsin Nasution perintahkan Kepala Desa Sale Baru Kecamatan (MBG) untuk Secepatnya Melaksanakan Pemilihan BPD Priode 2021 – 2027.

Hal itu dikatakannya kepada media ini diruangannya. Ia juga mengatakan telah juga menerima surat dari perwakilan tokoh Masyarakat Desa Sale Baru yang ditujukan kepadanya, Senin (01/11/22).

Dalam isi surat yang ia terima itu, salah satu poinnya masyarakat berharap agar di desanya segera dilaksanakan pemilihan Anggota BPD yang baru.

Selain itu Muksin juga mengatakan dalam isi surat tersebut juga banyak kejanggalan dalam prosesnya dan juga terjadi indikasi nepotisme yang dilakukan oleh paniti pemilihan BPD, dimana hingga kini tidak pernah dilakukan pemilihan langsung, hanya masih sebatas penunjukan yang dilaksanakan oleh pemangku kebijakan di desa itu.

” Banyak kejanggalan yang saya lihat dalam proses pemilihan BPD di desa itu, dimana dilaksanakan dengan tidak melalui prosedur yang berlaku, masak main tunjuk – tunjuk aja,” tegas Muksin, Selasa (02/10).

Kemudian Muksin Juga berujar telah memerintahkan jajarannya yang membidangi untuk segera menyurati Camat MBG dan khususnya kepala desa agar secepatnya melaksanakan Pemilihan BPD di desa itu.

” Dalam waktu dekat surat itu akan sampai ke camat seterusnya kepala desa untuk segara melaksanakan Pemilihan BPD sesuai dengan prosedur yang berlaku,” ujar mantan Camat Nagajuang ini.

Muksin juga mengatakan nantinya Pemilihan BPD di desa itu akan ia jadikan contoh bagi desa – desa yang lain,” Saya akan pantau perkembangannya, dimana nantinya proses dan mekanisme dalam pemilihannya akan kita jadikan contoh bagi desa lain,” tutup Muksin.

Sebelumnya, Askar Hidayah bersama tokoh masyarakat Desa Sale Baru lainnya juga telah menemui media ini, mereka menyayangkan hingga saat ini pemilihan BPD Sale Baru belum pernah terlaksana.

” Kami juga sudah pernah melakukan rapat mediasi dengan camat pada hari Senin (24/10) lalu, namun tidak ada titik temu, atas dasar itulah kami Surati Pemerintah Kabupaten melalui Dinas PMD untuk secepatnya menyelesaikannya,

” Bahkan parahnya lagi, akhir – akhir ini panitia menggunakan wewenangnya untuk penunjukan langsung Anggota BPD tanpa melalalui pemilihan,” katanya

Lebih lanjut Askar berharap semoga pemilihan BPD di desanya segera dilaksanakan agar,” Semoga Pemilihan BPD secepatnya terlaksana, sehingga mekanisme jajaran pemerintahan di desa kami lengkap dengan fungsi, pokoknya masing-masing,” tutupnya

Terpisah Camat MBG Zulhidayat, Sos membenarkan hingga saat ini Pemilihan BPD di Desa Sale Baru belum terlaksana, ia juga mengatakan telah menghimbau Panitia Pemilihan untuk memperpanjang tenggat waktu penerimaan Calon.

” Beberapa hari lalu kami memang memusyawarahkan dengan masyarakat di kantor camat tapi tidak menemui titik temu, karena hingga saat ini colan yang mendaftar jadi Anggo BPD baru 3 orang yang seharusnya 5,

” Jadi untuk lebih Pear saya minta dicari dua orang lagi sehingga memenuhi kouta 5 orang anggota BPD, jadi kalau sudah cukup saya anjurkan ke pihak panitia untuk melaksanakan musyawarah bagaimana bagusnya nanti, karena kalau hanya 5 saja kan untuk apa lagi dibuat perpilihan tinggal menentukan siapa ketua dan anggotanya saja,” ungkap Dayat. (Suaib)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 414 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Persilatan Ki Ageng Pandan Alas Cabang Sumut Lepas Keberangkatan 19 Calon Warga Ke Madiun

20 Juli 2024 - 08:42

Kasat Binmas Polres Palas Beri Penyuluhan di Sekolah MTSN 1

19 Juli 2024 - 19:41

Camat Siabu : Kegiatan Jum’at Bersih Memperkuat Silaturahmi Antar Instansi

19 Juli 2024 - 11:55

Nurul, Siswi Berprestasi Asal Lingga Bayu Mengaku Bangga Ketemu Bupati Madina

18 Juli 2024 - 23:10

Pj. Walikota Padangsidimpuan Terima Audensi Pengurus PWI Tabagsel

18 Juli 2024 - 23:02

Kades Ujung Batu I Palas Terima Mahasiswa KKL Dari IAIPL

18 Juli 2024 - 21:59

Trending di Berita Daerah