Menu

Mode Gelap

Berita Daerah

Geliat Subuh Berjamaah Forkopincam Bersama Pelajar SD dan SMP di Sejumlah Kecamatan di Madina


					Geliat Subuh Berjamaah Forkopincam Bersama Pelajar SD dan SMP di Sejumlah Kecamatan di Madina Perbesar

Madinapos.com – Madina.

Menindaklanjuti Peraturan Bupati (Perbub) Mandailing Natal (Madina) Nomor 12 Tahun 2022 tentang Kurikulum Berbasis Pendidikan Agama, salah satunya himbauan salat subuh berjamaah bagi ASN dilingkungan Pemerintahan Kabupaten serta siswa SD dan SMP khususnya pada setiap hari Minggu.

Pantauan media ini di Kecamatan Panyabungan, Panyabungan Barat, Puncak Sorik Marapi, Tambangan dan Linggabayu, geliat program salat subuh berjamaah ini mulai tumbuh kembali dan menggeliat khususnya bagi kalangan pelajar SD dan SMP. Itu terlihat saat anak – anak mulai memenuhi shaf di Mesjid setempat.

Kecamatan Panyabungan.

Camat Panyabungan Miswar Husin mengatakan unsur Forkopimcam gelar Salat Subuh berjamaah menyebar di mesjid – mesjid di wilayahnya dengan diawasi dan dibimbing oleh guru dari masing-masing sekolah.

” Sehabis melaksanakan Salat Subuh berjamaah kita mengisinya dengan tausiah keagamaan khusus untuk anak – anak didik kita dengan materi berbagai topik budi pekerti dan pemahaman keagamaan,” ungkap Miswar.

Kecamatan Panyabungan Utara

Di Panyabungan Utara, Camat Fadlan mengatakan kegiatan subuh berjamaah ini juga digelar mesjid dimasing-masing desa di wilayahnya,” Selain itu, khusus untuk Siswa SD, SMP yang beragama Nasrani juga kita anjurkan mengikuti kegiatan keagamaan dihari Minggu ini”, paparnya.

Panyabungan Barat

Begitu juga dengan Kecamatan Panyabungan Barat, Camat Raja Hidayat Lubis mengaku membawa seluruh anggota keluarga melaksanakan Salat Subuh berjamaah di Mesjid di Kelurahan Longat.

” Disini kita bersama Forkopimcam lainnya melaksanakannya di Mesjid Longat, begitu juga untuk desa-desa lainnya Siswa SD, SMP didampingi oleh Kepala Desa dan guru masing-masing,” ungkap Raja.

Kecamatan PSM.

Untuk Kecamatan Puncak Sorik Merapi (PSM) Sendiri, Camat Mhd. Ridwan mengatakan Salah Subuh Berjamaah digelar dimasing-masing Mesjid yang ada di desa.” Kita telah intruksikan Korwil serta Kepala Desa untuk membimbing dan mengawasi anak didik kita melaksanakan Salat Subuh berjamaah,” pungkas Ridwan

Kecamatan Linggabayu.

Sementara untuk Kecamatan Lingga Bayu, Jajaran Forkopimcam bersama Siswa SD, SMP menggelar Salat Subuh di Mesjid Al Ikhlas di Kelurahan Simpang Gambir.

” Untuk desa lainnya pun kita sudah koordinasikan dengan pihak korwil dan Kepala Desa untuk melaksanakannya dan memberi pengawasan pada anak didik kita,” kata Saifuddin Camat Lingga Bayu

Kecamatan Tambangan.

Untuk Kecamatan Tambangan sendiri, pelaksanaan Salat Subuh berjamaahnya agak berbeda dengan kecamatan lain. Bagi pelajar yang usai melaksanakan salat subuh berjamaah dan mengikuti tausiah keagamaan justru mendapatkan uang jajan dari para orang tua dan tokoh masyarakat setempat.

” Ya kita memberikan sedikit uang jajan pada anak didik kita, dan itu sebagai perangsang saja agar usai melaksanakan kegiatam bisa buat beli sarapan atau gorengan bersama kawan – kawannya”, ungkapnya.

Muslih juga menjelaskan uang tersebut dikumpul dari tokoh – tokoh masyarakat yang juga para orang tua dari anak – anak tersebut tiap desa dengan sukarela rangka mensukseskan Perbup Nomor 12 ini,” untuk itu saya ucapkan banyak terimakasih kasih atas dukungan semuanya,” pungkas Muslih. (Suaib)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 156 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Kasat Binmas Polres Palas Beri Penyuluhan di Sekolah MTSN 1

19 Juli 2024 - 19:41

Camat Siabu : Kegiatan Jum’at Bersih Memperkuat Silaturahmi Antar Instansi

19 Juli 2024 - 11:55

Nurul, Siswi Berprestasi Asal Lingga Bayu Mengaku Bangga Ketemu Bupati Madina

18 Juli 2024 - 23:10

Pj. Walikota Padangsidimpuan Terima Audensi Pengurus PWI Tabagsel

18 Juli 2024 - 23:02

Kades Ujung Batu I Palas Terima Mahasiswa KKL Dari IAIPL

18 Juli 2024 - 21:59

Pj. Walikota Hadiri Rapat Paripurna DPRD Kota Padangsidimpuan

18 Juli 2024 - 14:03

Trending di Berita Daerah