Menu

Mode Gelap

Berita Daerah

Eli Mahrani Harapkan YKI dan IBI Dapat Bekerjasama Meningkatkan Kesehatan Perempuan


					Eli Mahrani Harapkan YKI dan IBI Dapat Bekerjasama Meningkatkan Kesehatan Perempuan Perbesar

Madinapos.com – Panyabungan

Ketua TP PKK Kabupaten Mandailing Natal (Madina) Eli Mahrani Jafar Sukhairi Nasution menyampaikan kanker serviks adalah salah satu jenis kanker yang paling banyak menelan korban pada wanita di seluruh penjuru dunia.

Ia menguraikan data Kementerian Kesehatan RI, setidaknya dilaporkan ada 15.000 kasus kanker serviks setiap tahunnya yang terjadi di Indonesia.

” Sayangnya, deteksi dini seperti dengan tes pap smear rutin masih belum menjadi perhatian umum, kanker serviks ini juga tidak akan menunjukkan gejala pada tahap awal, Gejala baru muncul saat kanker sudah mulai menyebar dan memasuki tahap stadium lanjut,” ungkapnya saat memberi sambutan diacara Workshop dan Seminar Kesehatan di Hotel Rindang, Kecamatan Panyabungan. Minggu (25/10).

Untuk itu, lanjut Eli, kegiatan workshop dan seminar kesehatan ini, merupakan salah satu upaya pelayanan kesejahteraan perempuan dengan cara deteksi dini kanker serviks. Ia berharap kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan Bidan dalam melakukan pelayanan kesehatan reproduksi pada wanita.

” Saya ucapkan terima kasih kepada PC IBI Kabupaten Madina atas sumbangsihnya dalam ikut serta memajukan standar pelayanan kesehatan di Kabupaten Madina dan harapan saya semoga YKI dapat bersinergi dengan organisasi IBI dalam meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan perempuan di Kabupaten Madina,” kata Eli.

Seminar dengan Tema tata laksana deteksi dini kanker serviks dengan metode pemeriksaan IVA test di masa pandemi Covid-19, ini dihari peserta tenaga kesehatan dari Ikatan Bidan Indonesia Kabupaten Madina dan undangan lainnya. (Suaib)

 

 

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 97 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Persilatan Ki Ageng Pandan Alas Cabang Sumut Lepas Keberangkatan 19 Calon Warga Ke Madiun

20 Juli 2024 - 08:42

Kasat Binmas Polres Palas Beri Penyuluhan di Sekolah MTSN 1

19 Juli 2024 - 19:41

Camat Siabu : Kegiatan Jum’at Bersih Memperkuat Silaturahmi Antar Instansi

19 Juli 2024 - 11:55

Nurul, Siswi Berprestasi Asal Lingga Bayu Mengaku Bangga Ketemu Bupati Madina

18 Juli 2024 - 23:10

Pj. Walikota Padangsidimpuan Terima Audensi Pengurus PWI Tabagsel

18 Juli 2024 - 23:02

Kades Ujung Batu I Palas Terima Mahasiswa KKL Dari IAIPL

18 Juli 2024 - 21:59

Trending di Berita Daerah