Menu

Mode Gelap

Berita Daerah

Polres Palas Gelar Apel Pasukan Operasi Zebra Toba 2022


					Polres Palas Gelar Apel Pasukan Operasi Zebra Toba 2022 Perbesar

Madinapos.com – Padang Lawas.

Padang Lawas.Polisi Resor (Polres) Padang Lawas (Palas) gelar apel Pasukan Operasi “Zebra Toba” tahun 2022, di Lapangan Mapolres Palas, Jalan Lintas Sibuhuan – Riau, Siborna Bunut Kecamatan Sosa, Kabupaten Palas, Senin (02/10/2022).

Hadir dalam gelar apel Pasukan Operasi Zebra Toba 2022, Plt Bupati Palas drg H Ahmad Zarnawi Pasaribu CHt,.MM,.M.Si, Waka Polres Palas Kompol JW Sijabat SH, Seluruh PJU Polres Palas, Pimpinan OPD, Ketua PAMK H Fauzan Hamidi Hasibuan S.Ag,.S.ThI.

Bertiandak sebagai Inspektur Upacara Kapolres Palas AKBP Indra Yanitra Irawan S.I.K,.M.Si dan Komandan Upacara Kanit Turjawali Ipda Yusuf I K Siregar, Peserta Apel terdiri dari TNI, Polri, Satpol PP, Dishub, Kesehatan.

Amanat Kapolda Sumut Irjen Pol Drs. RZ Panca Putra Simanjuntak M.Si yang dibacakan Kapolres Palas AKBP Indra Yanitra Irawan S.I.K,.M.Si menyampaikan,

Apel gelar pasukan yang kita laksanakan hari ini merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan operasi “Zebra Toba 2022”, baik pada aspek Personel, sarana prasarana, termasuk keterlibatan seluruh unsur terkait.

Sebagaimana kita ketahui bersama, permasalahan keamanan, keselamatan, ketertiban, kelancaran lalulintas masih sangat memprihatinkan.

Hal tersebut tentu tidak terlepas dari rendahnya kesadaran (terhadap aturan berlalu lintas), kepatuhan para pengguna jalan, sehingga berpotensi menimbulkan kemacetan, kecelakaan lalu lintas yang mengakibatkan kerugian materil maupun korban jiwa, Terang Kapolres.

Lebih lanjut Kapolres menjelaskan, Jelang perayaan Natal dan tahun baru 2023, Polda Sumatera Utara beserta jajaran menggelar operasi kepolisian mandiri kewilayahan dengan sandi “Operasi Zebra Toba-2022”.

Pelaksanaan operasi akan berlangsung selama 14 hari terhitung mulai tanggal 03 – 16 Oktober 2022 dengan mengusung tema “tertib berlalu lintas guna mewujudkan kamseltibcarlantas yang presisi”.

Operasi Zebra Toba 2022 merupakan operasi harkamtibmas bidang lalu lintas, yang mengedepankan kegiatan pre-emtif dan preventif, didukung pola penegakan hukum secara elektronik menggunakan etle statis dan mobile maupun teguran secara simpatik.

Pelaksanaan operasi zebra-toba 2022 ini utamanya bertujuan untuk : mengurangi angka pelanggaran dan kecelakaan lalulintas, mengurangi angka fatalitas akibat kecelakaan lalulintas, serta meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalulintas.

Sehubungan dengan tujuan operasi yang telah saya sebutkan, perlu saya sampaikan pula bahwa sasaran operasi zebra toba-2022 yaitu segala bentuk potensi gangguan, ambang gangguan, gangguan nyata, yang menyebabkan kemacetan dan pelanggaran lalu lintas, baik sebelum, pada saat dan pascaoperasi.

Saya berharap seluruh personel yang terlibat dalam pelaksanaan operasi nantinya benar-benar memahami cara bertindak yang harus dilaksanakan, seperti :

Melaksanakan deteksi dini, penyelidikan dan pemetaan terhadap lokasi/tempat yang rawan terjadi kemacetan, pelanggaran dan kecelakaan lalulintas;

Melaksanakan pembinaan, penyuluhan kepada masyarakat tentang kamseltibcarlantas melalui sosialisasi pada media cetak, elektronik maupun media sosial;

Melaksanakan edukasi dan membangun kesadaran masyarakat untuk tertib dalam berlalulintas.

Melaksanakan penegakan hukum terhadap pelanggaran lalu lintas melalui pemberian tilang maupun teguran secara elektronik dengan etle mobile pada tujuh prioritas pelanggaran.

Melaksanakan penegakan hukum dan penyidikan kecelakaan lalu lintas secara profesional, proporsional dan prosedural.

Serta melakukan counter opini terhadap berita-berita hoaks di media sosial maupun media mainstream terkait operasi “zebratoba-2022”.

Demi mendukung tercapainya Operasi Zebra Toba 2022 ini Perlu saya sampaikan beberapa penekanan, Sebut Kapolres

Pertama, laksanakan tugas secara profesional, bermoral dan humanis,
kedua, optimalkan kegiatan analisa dan evaluasi secara rutin untuk mengukur tingkat keberhasilan dan menghasilkan solusi atas kendala yang dihadapi.

Ketiga, tingkatkan pengawasan, pengendalian selama pelaksanaan operasi, keempat, jadilah teladan dalam berlalu lintas dan senantiasa utamakan faktor keamanan.(**)

Penulis A Salam Srg.

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 107 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Polres Madina Turunkan Personil Pengamanan Pawai Obor Peringati Tahun Baru Islam 1446 H

14 Juli 2024 - 19:48

Raih Keberkahan, Satlantas Polres Palas Membagikan Nasi kotak Kepada Pengguna Jalan

14 Juli 2024 - 16:47

Ketua Dekranasda Tapsel Hadiri Medan Fashion Festival 2024

14 Juli 2024 - 16:38

Pemdes Sinunukan II Gelar Pengajian Peringatan Tahun Baru Islam 1446 H

14 Juli 2024 - 16:26

Meriahkan Tahun Baru Islam 1446 H, FUI Madina Gelar Zikir Doa dan Pawai Obor

13 Juli 2024 - 23:11

Kunjungi Desa Sayur Matua, Kades : Terimakasih, Pj. Bupati Palas dan PT. Empe Tonga Bakri Group

13 Juli 2024 - 18:13

Trending di Berita Daerah