Menu

Mode Gelap

Berita Daerah

Wawakot Buka Rakor Pendataan Awal Regsosek 2022 Yang Digelar BPS Padang Sidempuan


					Wawakot Buka Rakor Pendataan Awal Regsosek 2022 Yang Digelar BPS Padang Sidempuan Perbesar

Madinapos.com – Padang Sidempuan.

Wakil Walikota (Wawakot) Padang Sidempuan Ir. Arwin Siregar MM membuka secara resmi Rapat Koordinasi (Rakor) Pendataan Awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) 2022 yang digelar Badan Pusat Statistik (BPS) Padang Sidempuan di Hotel Mega Permata, Jum’at (30/9/2022).

Mengusung tema “Mencatat untuk Membangun Negeri” dalam rangka mewujudkan satu data program perlindungan sosial dan pemberdayaan masyarakat, acara tersebut diikuti oleh segenap pemangku kepentingan, mulai dari forkopimda, unsur pemerintahan hingga akademisi.

Kepala BPS Padang Sidempuan Hafsyah Aprillia, S.Si., M.Si mengatakan, tujuan rakor guna menyamakan pamahaman dan persepsi terkait kegiatan Regsosek 2022.

“Ini upaya mewujudkan perencanaan yang berpihak kepada masyarakat dengan data terintegrasi, menuju Indonesia yang lebih baik dan Sesuai instruksi Presiden RI Nomor 4 Tahun 2022 tentang Reformasi Perlindungan Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat, Presiden Joko Widodo meminta untuk melakukan pendataan/registrasi secara ekonomi, bertujuan untuk mendapatkan satu data perlindungan sosial dan pemberdayaan masyarakat. Selama ini terkait dengan data perlindungan sosial ada di masing-masing kementerian/lembaga dengan target-target pendataan dengan mekanisme program-program dan basis data masing-masing dengan anggaran masing-masing”, ujarnya.

Ia pun berharap, para peserta rakor nantinya dapat berperan aktif dalam menyosialisasikan kegiatan regsosek yang rencananya akan digelar pada 15 Oktober-14 November 2022 mendatang. “Sehingga pada pelaksanaannya nanti, masyarakat dapat menerima petugas BPS dengan baik.”

Rakor ini juga dirangkaikan dengan Pencanangan Desa Cantik (Desa Cinta Statistik) dengan menyasar Desa Singali, Kecamatan Padang Sidempuan Hutaimbaru sebagai percontohan.

Sementara itu, Wakil Walikota Padang Sidempuan Ir. Arwin Siregar MM, dalam sambutan sekaligus engatakan kegiatan dimaksud sangat dibutuhkan, “Karena semua yang kita jalankan berawal dari data. Apabila data salah, perencanaan tidak berkualitas. Jika tidak akurat, maka stimulus tidak tepat sasaran,” katanya.

“Ini merupakan tugas berat untuk BPS , khususnya BPS kota Padang Sidempuan. Regsosek menjadi ujung tombak data setiap program agar tepat sasaran. Untuk itu pemko Padang Sidempuan sangat mendukung kegiatan ini”, tegas Wawakot Arwin.

Sementara itu Kepala Bapelitbang Kota Padang Sidempuan Drs.M Yusar Nasution selaku salah satu narasumber mengatakan “Saya memandang data merupakan indikator utama pembangunan yang harus selalu kita perhatikan, terutama kualitas datanya.

Di samping mengukur angka kemiskinan, pemutakhiran data penting agar stimulus (bantuan) yang diberikan pemerintah tepat sasaran, ucapnya.

“Kita (Pemko Padang Sidempuan) berharap dengan regsosek ini bisa memperoleh data by name by address agar dapat menekan angka kemiskinan, terutama di kota Padang Sidempuan pasca pandemi covid – 19 dan dengan data ini Pemko Padang Sidempuan dapat menentukan perencanaan pembangunan daerah kedepannya.

Usai membuka acara, Arwin Siregar turut menerima plakat penghargaan dari Kepala BPS Hafsah Aprillia. Sebelum sesi diskusi panel, digelar pula prosesi penandatanganan komitmen bersama atas pelaksanaan Regsosek 2022 oleh seluruh unsur Forkopimda Padang Sidempuan.

Usai membuka acara, Arwin Siregar turut menerima plakat penghargaan dari Kepala BPS Hafsah Aprillia. Sebelum sesi diskusi panel, digelar pula prosesi penandatanganan komitmen bersama dalam rangka membangun sinergitas dan memberikan kontribusi berkesinambungan dalam penyelenggaraan pembinaan Program Desa Cantik (Desa Cinta Statistik) di Desa Singali Kecamatan Hutaimbaru Kota Padang Sidempuan. (*/Andy)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 97 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Polres Madina Turunkan Personil Pengamanan Pawai Obor Peringati Tahun Baru Islam 1446 H

14 Juli 2024 - 19:48

Raih Keberkahan, Satlantas Polres Palas Membagikan Nasi kotak Kepada Pengguna Jalan

14 Juli 2024 - 16:47

Ketua Dekranasda Tapsel Hadiri Medan Fashion Festival 2024

14 Juli 2024 - 16:38

Pemdes Sinunukan II Gelar Pengajian Peringatan Tahun Baru Islam 1446 H

14 Juli 2024 - 16:26

Meriahkan Tahun Baru Islam 1446 H, FUI Madina Gelar Zikir Doa dan Pawai Obor

13 Juli 2024 - 23:11

Kunjungi Desa Sayur Matua, Kades : Terimakasih, Pj. Bupati Palas dan PT. Empe Tonga Bakri Group

13 Juli 2024 - 18:13

Trending di Berita Daerah