Menu

Mode Gelap

Berita Daerah

Upacara Hari Kesaktian Pancasila 2022 di Mandailing Natal Berjalan Khidmat


					Upacara Hari Kesaktian Pancasila 2022 di Mandailing Natal Berjalan Khidmat Perbesar

Madinapos.com – Panyabungan.

Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal (Madina) melaksanakan upacara Hari Kesaktian Pancasila di halaman Masjid Agung Nur Ala Nur, Desa Parbangunan, Panyabungan Sabtu, (1/10) pukul 08.00 WIB dan berjalan dengan khidmat.

Bupati, HM Ja’far Sukhairi Nasution bertindak sebagai inspektur upacara, Ketua DPRD, Erwin Efendi Lubis, SH sebagai pembaca Ikrar, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Madina, sebagai pembaca doa dan salah satu ASN turut membacakan naskah UUD 1945.

Kemudian, Komandan Upacara diambil alih oleh, Komandan Pleton Kompi Senapan B Rajawali 123/RW, Letda Inf Ilham Saputra Harahap.

Turut hadir di barisan tamu tamu undangan, Wakil Bupati Madina, Atika Azmi Utammi Nasution, Kapolres, AKBP HM Reza Chairul Akbar Sidiq, Kejari Madina diwakili Kasi Intelijen, Patizaro Zai dan pimpinan organisasi perangkat daerah Pemkab Madina.

Pantauan di lokasi, upacara Hari Kesaktian Pancasila di Madina berjalan dengan sukses, tanpa memiliki kendala apapun.

Adapun beberapa pedoman yang dilaksanakan Pemkab Madina dalam pelaksanaan upacara Hari Kesaktian Pancasila di Kabupaten Madina yakni;

Penghormatan umum kepada Inspektur Upacara, dipimpin oleh Komandan Upacara; Laporan Komandan Upacara, upacara siap dilaksanakan; Mengheningkan cipta dipimpin Inspektur Upacara; Pembacaan Teks Pancasila; Pembacaan Naskah Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945; Pembacaan Naskah Ikrar Kesaktian Pancasila 2022; Pembacaan Naskah Doa; Laporan Komandan Upacara, upacara selesai; Penghormatan umum kepada Inspektur Upacara.

Dikutip dari KBBI Kemdikbud RI. Ikrar Hari Kesaktian Pancasila 2022 adalah ikrar atau janji dengan sungguh-sungguh dengan membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Berikut bunyi Ikrar yang dibacakan oleh Ketua DPRD yang mengatasnamakan masyarakat Mandailing Natal;

Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa, kami yang melakukan upacara ini menyadari sepenuhnya:

Bahwa sejak diproklamasikan Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 pada kenyataannya telah banyak terjadi rongrongan baik dari dalam negeri maupun luar negeri terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia;

Bahwa rongrongan tersebut dimungkinkan oleh karena kelengahan, kekurangwaspadaan Bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya untuk menumbangkan Pancasila sebagai Ideologi Negara;

Bahwa dengan semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur ideologi Pancasila, Bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia;

Maka di hadapan Tuhan Yang Maha Esa dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila, kami membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. (Suaib)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 185 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Polres Madina Turunkan Personil Pengamanan Pawai Obor Peringati Tahun Baru Islam 1446 H

14 Juli 2024 - 19:48

Raih Keberkahan, Satlantas Polres Palas Membagikan Nasi kotak Kepada Pengguna Jalan

14 Juli 2024 - 16:47

Ketua Dekranasda Tapsel Hadiri Medan Fashion Festival 2024

14 Juli 2024 - 16:38

Pemdes Sinunukan II Gelar Pengajian Peringatan Tahun Baru Islam 1446 H

14 Juli 2024 - 16:26

Meriahkan Tahun Baru Islam 1446 H, FUI Madina Gelar Zikir Doa dan Pawai Obor

13 Juli 2024 - 23:11

Kunjungi Desa Sayur Matua, Kades : Terimakasih, Pj. Bupati Palas dan PT. Empe Tonga Bakri Group

13 Juli 2024 - 18:13

Trending di Berita Daerah