Menu

Mode Gelap

Berita Daerah

Wawakot Arwin Pimpin Apel Kesiapan Penanggulangan Bencana Karhutla 2022


					Wawakot Arwin Pimpin Apel Kesiapan Penanggulangan Bencana Karhutla 2022 Perbesar

Madinapos.com – Padang Sidempuan.

Wakil Walikota (Wawakot) Padang Sidempuan, Ir. H. Arwin Siregar, MM pimpin Apel Kesiapan penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) 2022, di Alaman Bolak Padang Nadimpu, Kota Padang Sidimpuan, Jum’at (12/08/2022).

Dalam sambutan Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi yang dibacakan oleh Wawakot Arwin menyampaikan Apel kesiapan bencana karhutlah ini merupakan satu tahapan penting untuk mengingatkan perlunya memelihara kelestarian hutan dan lahan yang ada di Indonesia. Hal ini karena Indonesia merupakan paru-paru dunia ketiga berdasarkan data World Resources Institute 2021, setelah Brazil dan Kongo, yang menunjukkan bahwa upaya menjaga kelestarian hutan dan lahan di Indonesia merupakan bagian dari upaya menjaga kelestarian dunia.

Pada sambutannya, Ia berharap kegiatan ini menjadi trigger untuk memastikan kesiapan kesiapsiagaan seluruh pemangku kepentingan, mulai dari pemerintah daerah, TNI/Polri dan seluruh instansi terkait lainnya serta organisasi pecinta lingkungan, baik pada aspek personel maupun sarana prasarana, dalam rangka mencegah dan menanggulangi bencana karhutlah yang terjadi di wilayah Sumatera Utara.

Dalam kesempatan itu, Gubernur melalui Wakil Walikota menyampaikan pada pembukaan forum Global Platform Fir Disaster Risk Reduction 2022, Presiden Jokowi telah memaparkan bahwa secara umum Indonesia telah berhasil menurunkan kebakaran hutan dari 2,6 juta Ha menjadi 358.000 Ha pada tahun 2021.

“Namun demikian kondisi tersebut berbanding terbalik dengan penanganan karhutlah di provinsi Sumatera Utara” ucapnya.

Berdasarkan data pada semester I Tahun 2022 telah terdapat 206 hotspot dan 156 kejadian kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Sumatera Utara. Hal tersebut mengalami peningkatan sejumlah 36 titik bila dibandingkan dengan semester 1 Tahun 2021.

Oleh karena itu, Ia menjelaskan, untuk mengatasi bencana karhutlah terdatap tiga langkah penanggulangan yang dapat dilaksanakan, yang pertama dengan pencegahan dengan memberikan sosialisasi yang berisi himbauan kepada masyarakat, yang kedua, kecepatan penanganan pada saat terjadinya kebakaran hutan dan lahan, dan yang ketiga, dengan melakukan penegakan hukum serta mengungkap fakta terjadinya kebakaran hutan dan lahan tersebut.

hadir dalam Apel tersebu, Kapolres Kota Padang Sidempuan, Dandim 0212/TS, Dansat Brimob, Mewakili Kejari dan beberapa Kepala OPD Kota Padang Sidempuan. (*/Andy )

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 15 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Madina Lepas Kontingan Nasyid dan Qasidah Ikuti Festival di Sumut

25 September 2022 - 20:36

Forkopimda Madina Gelar Sholat Subuh Berjamaah di Mesjid Agung Nur Ala Nur, Panyabungan

25 September 2022 - 10:05

DPRD Dan Pemkab Madina Setujui KUPA-PPAS APBD 2022

24 September 2022 - 22:03

DPC MAPAN RI Gelar Sosialisasi, Dukung Visi Bupati Tapsel Sehat Tanpa Narkoba

24 September 2022 - 19:31

Erwin Efendi Buka Word Tourism Day 2022 di Jembatan Merah Desa Kayu Laut, Madina

24 September 2022 - 11:53

Bupati Sukhairi : Santri Bisa Menjadi Pemimpin Bangsa Dimasa Depan

23 September 2022 - 17:55

Trending di Berita Daerah