Menu

Mode Gelap

Berita Daerah

KUD Pelita Andesma Mengharapkan Diskop UKM Madina Bijak Menyikapi Persoalan Internal Koperasi


					KUD Pelita Andesma Mengharapkan Diskop UKM Madina Bijak Menyikapi Persoalan Internal Koperasi Perbesar

Madinapos.com – Panyabungan.

Ilu Sagara Nasution, Sekretaris KUD Pelita Andesma meminta agar Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Mandailing Natal lebih bijak menyikapi persoalan koperasi, jangan justru melakukan intertevensi berlebihan yang menimbulkan kisruh baru dan justru berdampak pada perbuatan melanggar hukum.

Hal itu disampaikannya kepada awak media ini saat usai mengadukan persoalan Koperasi KUD Pelita Andesma kepada Anggota DPRD Madina di salah satu kaffe di Kota Panyabungan, didampingi Ketua Pengawas Herianto
Kamis (7/6/22).

Ia juga menceritakan hak untuk memilih pengurus koperasi itu seutuhnya ada pada anggota koperasi melalui mekanisme Rapat Anggota, begitu juga yang berhak menentukan siapa anggota koperasi juga hanya pada koperasi itu sendiri melalui mekanisme yang diatur dalam Anggaran Dasar Koperasi tersebut.

“Jadi tidak bisa Dinas Koperasi dan UKM memberhentikan pengurus dan mengangkat pelaksana tugas, karena itu bukan kewenangan Dinas Koperasi, karena kewenangan itu hanya sebatas menerangkan saja atau administratif hasil mekanisme di koperasi itu sendiri”, ungkapnya.

Intinya lanjut Illu, surat yang diterbitkan Dinas Koperasi dan UKM Nomor : 518/393/DK-UKM/2022 adalah bentuk intervensi mengandung unsur cacat hukum karena tidak diatur dalam mekanisme AD Koperasi KUD Pelita Andesma.

” Pengangkatan Modoronuddin sebagai Ketua KUD sudah melalui proses rapat dan musyawarah jadi tidak dapat diberhentikan begitu saja oleh Dinas Koperasi”, sebutnya.

Kemudian ia memaparkan polemik KUD Pelita Andesma bermula dari surat 57 anggota KUD Pelita Andesma dari anggota berjumlah 1.092 orang yang meminta Pemberhentian Ketua KUD, dengan Alasan Modoronuddin diangkat sebagai ketua tidak melalui mekanisme rapat Anggota.

Ia juga heran Dinas Koperasi lebih condong pada 57 orang itu, sementara anggota KUD 1.092 orang,” sebelum ada langkah hukum maka kami berharap Dinas Koperasi harus bersikap lebih bijak, dengan mencabut surat tersebut dan menetapkan kembali Modoronuddin sebagai ketua yang sah”, tutup aktivis yang dikenal fokal ini. (Suaib)

Ket : Illu Sagara (membelakangi kamera) saat menerangkan kepada anggota DPRD Madina Komisi II.

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 112 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Madina Lepas Kontingan Nasyid dan Qasidah Ikuti Festival di Sumut

25 September 2022 - 20:36

Forkopimda Madina Gelar Sholat Subuh Berjamaah di Mesjid Agung Nur Ala Nur, Panyabungan

25 September 2022 - 10:05

DPRD Dan Pemkab Madina Setujui KUPA-PPAS APBD 2022

24 September 2022 - 22:03

DPC MAPAN RI Gelar Sosialisasi, Dukung Visi Bupati Tapsel Sehat Tanpa Narkoba

24 September 2022 - 19:31

Erwin Efendi Buka Word Tourism Day 2022 di Jembatan Merah Desa Kayu Laut, Madina

24 September 2022 - 11:53

Bupati Sukhairi : Santri Bisa Menjadi Pemimpin Bangsa Dimasa Depan

23 September 2022 - 17:55

Trending di Berita Daerah