Menu

Mode Gelap

Berita Daerah

DPRD Setuju LKPJ Bupati Madina TA 2021


					DPRD Setuju LKPJ Bupati Madina TA 2021 Perbesar

Madinapos.com – Panyabungan.

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Mandailing Natal (Madina) Prov. Sumatera Utara secara resmi menyetujui Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Madina Tahun Anggaran 2021.

Keputusan tersebut dilakukan melalui Sidang Paripurna dengan agenda tingkat II penyampaian hasil rekomendasi Panitia Khusus (Pansus) DPRD Madina terhadap LKPj TA 2021 yang dipimpin langsung Ketua DPRD Madina Erwin Efendi Lubis, didampingi Wakil Ketua DPRD Erwin Nasution, Senin (23/5/2022)

Sementara, dari Pemkab Madina hadir langsung Bupati Madina HM Ja’far Sukhairi Nasution bersama sejumlah kepala OPD di lingkungan Pemkab Madina.

Ketua DPRD Madina Erwin Efendi Lubis menyampaikan rapat paripurna telah mencukupi kourum karena telah di hadiri sebanyak 32 anggota DPRD dari 40 anggota yang aktif.

Ketua Pansus LKPJ Bupati tahun 2021 Suhandi, dalam laporannya menyampaikan, anggota Pansus telah melakukan pembahasan terhadap berbagai persoalan dan permasalahan yang mereka temui dalam laporan keterangan pertanggung jawaban tahun anggaran 2021.

Dan sebagai kontribusi DPRD untuk meningkatkan kualitas dan pencapaian target dan tujuan pembangunan sesuai dengan visi-misi pembangunan, kata Suhandi, maka dalam hal ini tujuh poin kami rekomendasikan sebagai refresentase atas persoalan dan permasalahan tersebut.

Adapun rekomendasi kami sebagai berikut ;
Pertama, meminta bupati Madina agar segera menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang menghalangi perolehan opini WTP seperti tuntutan ganti rugi yang dikeluarkan BPK Perwakilan Sumatera Utara khususnya yang ada di Dinas Pendidikan dan pembangunan Rumah Sakit Umum Baru.

Dan, melaksanakan penghapusan barang milik daerah yang tidak ditemukan dalam tahapan verifikasi menyelesaikan pendataan, pendaftaran, dan sertifikasi aset sesuai yang direkomendasikan dalam LHP auditor.

Kedua, meminta bupati Madina menjadikan analisa kebutuhan aparatur berdasarkan beban kerja dalam penggunaan anggaran tahun 2022 untuk belanja jasa kegiatan kantor (honorer) demi terciptanya efesiensi anggaran serta mencari formula yang tepat untuk mengatasi permasalahan yang timbul agar tidak bertentangan dengan peraturan perundang-undangan.

Ketiga, melakukan perbaikan sistem dan prosedur pengelolaan PAD yang mengarah kepada sistem onlien dan bekerja sama dengan stakeholder terkait dalam upaya optimalisasi PAD.

Keempat, Bupati Madina harus mereview sistem pengendalian interen, menambah personil pada jabatan fungsional serta melakukan pelatihan auditor pada Inspektorat Madina sesuai dengan kebutuhannya.

Lalu, Kelima, meminta kepada Bupati Madina untuk segera melakukan upaya-upaya untuk menyelesaikan pengelolaan persampahan termasuk DED, Visiblity Studies serta akses menuju TPA Banggua.

Keenam, diminta kepada Bupati Madina untuk mempercepat pengoperasian Rumah Sakit Umum Baru Panyabungan dengan melakukan kajian terhadap kekurangan yang ada seperti izin Rumah Sakit, IPAL, Air, Listrik, Dek Penahan, pencukuran jalan menuju Rumah Sakit serta hal lainnya yang masih diperlukan. Untuk tiang pancang yang ada dalam area Rumah Sakit Umum tersebut agar dilakukan kajian untuk dimasukkan dalam aset daerah yang disesuaikan dengan hasil audit.

Dan Ketujuh atau yang terakhir, mempercepat pengoperasian Pasar Baru Panyabungan, agar pemerintah segera melaksanakan pembangunan terhadap kekurangan fasilitas areal pasar seperti pembangunan Landscape, penataan perparkiran dan penataan taman.

“Demikian rekomendasi ini kami sampaikan untuk ditetapkan menjadi keputusan DPRD. Semoga apa yang menjadi buah pikiran Pansus memberi arti yang sangat penting dalam upaya perbaikan, untuk menentukan lebih lanjut terhadap pelaksanaan pemerintahan dan pembanguan Mandailing Natal ke depan,” papar Suhandi saat menyampaikan laporan rekomendasi.

Setelah agenda penyampaian laporan rekomendasi, pimpinan sidang pun kemudian memberikan kesempatan untuk masing-masing Fraksi DPRD untuk menyampaikan tanggapan mengenai LKPJ Bupati Madina tahun 2021 dan juga tanggapan atas rekomendasi yang disampaikan oleh anggota Pansus.

Dan, dari semua Fraksi DPRD Madina dalam keterangannya menyampaikan, menyetujui LKPJ Bupati Madina tahun anggaran 2021. Begitu juga dengan rekomendasi yang disampaikan oleh anggota Pansus agar menjadi keputusan DPRD Madina. (Suaib)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 27 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Madina Lepas Kontingan Nasyid dan Qasidah Ikuti Festival di Sumut

25 September 2022 - 20:36

Forkopimda Madina Gelar Sholat Subuh Berjamaah di Mesjid Agung Nur Ala Nur, Panyabungan

25 September 2022 - 10:05

DPRD Dan Pemkab Madina Setujui KUPA-PPAS APBD 2022

24 September 2022 - 22:03

DPC MAPAN RI Gelar Sosialisasi, Dukung Visi Bupati Tapsel Sehat Tanpa Narkoba

24 September 2022 - 19:31

Erwin Efendi Buka Word Tourism Day 2022 di Jembatan Merah Desa Kayu Laut, Madina

24 September 2022 - 11:53

Bupati Sukhairi : Santri Bisa Menjadi Pemimpin Bangsa Dimasa Depan

23 September 2022 - 17:55

Trending di Berita Daerah