Menu

Mode Gelap

Berita Daerah

H 3 Idul Fitri 2022, Bupati Buka Lubuk Larangan Desa Parmompang


					H 3 Idul Fitri 2022, Bupati Buka Lubuk Larangan Desa Parmompang Perbesar

Madinapos.com – Panyabungan.

H 3 Idul Fitri 2022, Bupati Mandailing Natal H.M.Ja’far Sukhairi Nasution membuka Lubuk Larangan Desa Parmompang Kecamatan Panyabungan Timur, Sumatera Utara Rabu (4/5/2022).

Kehadiran Bupati pada agenda tahunan tersebut disambut antusias oleh masyarakat dan seratusan peserta, didahului dengan minum kopi bersama sekaligus bersilaturahmi dengan masyarakat Desa Parmompang, kemudian melakukan pembukaan dengan menebarkan jala.

Lubuk Larangan Desa Parmompang memang cukup dikenal masyarakat pencari ikan sungai merupakan salah satu spot habitat ikan sungai terbaik di Mandailing Natal. Penjala dilokasi ini memburu sejenis ikan merah yang merupakan ikan yang paling disukai masyarakat di Mandailing Natal umumnya.

Bupati Mandailing Natal diketahui jarang absen dalam setiap kesempatan pembukaan Lubuk Larangan bersama masyarakat. Ia menyampaikan terimakasih karena tradisi Lubuk Larangan ini masih dijaga dengan baik bagi masyarakat desa – desa yang dilintasi sungai.

” Lubuk Larangan adalah bentuk kearifan lokal, budaya dan memiliki fungsi sosial tinggi dan hingga saat ini masih terpelihara dengan baik di masyarakat kita Mandailing Natal, maka kita patut mensyukurinya”, ungkapnya.

Bupati juga mengatakan Lubuk Larangan adalah sebuah tradisi yang berlaku turun temurun, menjelaskan peran masyarakat turut menjaga ekosistem sungai terjaga dengan baik, ikan dibiarkan bereproduksi hingga masanya dipanen masyarakat dan hasilnya juga berfungsi sosial seperti untuk anak yatim dan mesjid.

“Tatanan budaya, tradisi dan kearifan lokal ini harus terus terjaga dengan baik sehingga kita tetap berkontribusi bagi terpeliharanya keasrian alam kita”, ungkapnya.

Untuk itu terimakasih saya sampaikan kepada masyarakat Desa Parmompang yang terus menjaga lubuk larangan ini dengan baik, semoga bermanfaat untuk meningkatkan silatirahmi masyarakat dan bermanfaat sosial kemasyarakatan. (Am)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 112 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Forkopincam Linggabayu Gelar Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2022

1 Oktober 2022 - 21:33

Wawakot Padang Sidempuan Inspektur Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2022

1 Oktober 2022 - 21:24

Wawakot Buka Rakor Pendataan Awal Regsosek 2022 Yang Digelar BPS Padang Sidempuan

1 Oktober 2022 - 21:21

Wawakot Arwin Sambut Kedatangan Tim Evaluasi PT.P2W-KKS Provinsi Sumatera Utara

1 Oktober 2022 - 21:18

DPRD Palas Gelar Paripurna Penetapan P-APBD TA 2022

1 Oktober 2022 - 18:42

Plt. Bupati Palas Inspektur Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2022

1 Oktober 2022 - 17:31

Trending di Berita Daerah