Pendidikan

Wabub Padang Lawas : Semoga Guru Jadi Tangguh dan Profesional

Madinapos-Padang Lawas: Wakil Bupati Padang Lawas (PALAS) drg.H.Ahmad Zarnawi Pasaribu Cht.MM.Msi.menyampaikan ucapan selamat hari guru nasional yang bertepatan jatuh pada hari ini kamis 25/11-2021.

Wabup megatakan, Dengan memperingati Hari Guru Nasional ini, semoga Para guru akan bertambah semangat, bertambah ilmu dan menjadi pendidik yang propesional di dalam menjalankan tugas mulianya, Guru tangguh, Guru Hebat, Bergerak dengan iklas dan Berbicara dengan Hati, semoga dengan peringatan jaei guru yang ke 76 ini pendidikan di Padang Lawas ini akan tercipta masyarakat yang Beriman Cerdas Sehat Sejahtera dan Berbudaya (BERCAHAYA), Amin ‘, ucap Wabup Zarnawi.

Dalam sejarahnya, awal mula peringatan hari guru nasional tidak terlepas dari sejarah perjuangan kemerdekaan pada tahun 1912, PGRI lahir dari organisasi Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) yang berdiri di zaman kolonialisme, sebelum negara kita merdeka.
Anggota PGHB adalah para guru bantu, guru desa, kepala sekolah, dan pemilik sekolah, yang umumnya bertugas di Sekolah Desa (SD) serta Sekolah Rakyat (SR) saat itu.

Setelah berdiri PGHB maka berdiri pula beberapa organisasi guru lainnya, organisasi guru tersebut di antaranya Persatuan Guru Ambachtsschool (PGAS), Perserikatan Normaalschool (PNS), dan Hogere Kweekschool Bond (HKSB).Perserikatan Guru Bantu (PGB).Perserikatan Guru Desa (PGD).

Selain itu, adapula Christelijke Onderwijs Vereneging (COV), Katolieke Onderwijsbond (KOB), dan Vereneging Van Muloleerkrachte yang di dirikan pera pejuanga kemerdekaan dalam meningkatkan pendidikan ditengah masyarakat Indonesia, dalam mengentaskan masyarakat buta aksara/Butahurup ‘, Hal ini disampaikan H.Ma’rub Jumarlin Nasution mantan seorang pendidik dan tak perna menganyomi masa PNS.

Reporter : A Salam Srg.

loading...

Komentar Facebook

Related Posts