Peristiwa

Isi Liburan, Wabub Palas Ikuti Pembukaan Lubuk Larangan

Madinapos-Padang Lawas:

Tradisi pembukaan lubuk larangan, merupakan ajang silaturrahim dan pesta rakyat, antara masyarakat Desa setempat dengan warga masyarakat desa jiren tetangga beserta pemerintah desa, Kecamatan bahkan pemerintah Kabupaten, sehingga disini kita mengambil hikmah kebersamaan. Hal ini dikatakan Wakil Bupati Padang Lawas drg. Ahmad Zarnawi Pasaribu Cht, MM, Msi disela sela isi hari liburnya dengan mengikuti pesta ” lubuk karangan” di Desa Huta Raja Lamo Kec. Sosa. Minggu (21/11).

Dari kebiasaan kita ini, kata Wabup, merupakan cerminan silaturrahi di antara masyarakat didalam bergotong royang dan menciptakan ketahanan pangan.” ini merupakan salah satu cara untuk menjadikan nilai tambah bagi perekonomian di masa pandemi covid-19 ini, dan kita pantas memberikan apresiasi kepada penitia dan pemerintah desa Huta Raja Lama ini atas ide dan inisiatif dalam membuat lubuk larangan di desa ini” kata Zarnawi.

Sementara itu, Kepala Desa Huta Raja Lamo Ali Atas Hasibuan mengatakan, lubuk larangan ini di kelola setiap tahun berlanjut, dan ini salah satu hiburan bagi masyarakat, akan tetapi mengandung arti kesederhanaan dan kebersamaan yang menjunjung tinggi kesetaraan di dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat Palas ini Khususnya dan di tabgsel ini pada umumnya.

Pantauan Madinapos, selain Wabup, personil TNI dan PJU Polres Palas para petinggi pemkab Palas, pemerintah Kecamatan Sosa dan Lainnya turut hadir berbaur dengan masyarakat dalam mencari ikan saat pembukaan lubuk larangan sebagai tradisi yang melekat pada masyarakat tabagsel tersebut sejak dahulu ini.

Dalam kesempatan itu, untuk melestarikan budaya ini, Wakil Bupati Padang Lawas juga memberikan bantuan berupa 15 ribu ekor ikan untuk dilepas kembali ke sungai tersebut.

Reporter:  A Salam Srg.

 

loading...

Komentar Facebook

Related Posts