Menu

Mode Gelap

Berita Daerah

Pemkot Padangsidimpuan memiliki 8 Layanan Pemerintah Yang Sudah Terelektronifikasi


					Pemkot Padangsidimpuan memiliki 8 Layanan Pemerintah Yang Sudah Terelektronifikasi Perbesar

 

Madinapos- Padangsidimpuan: Saat ini Pemkot Padang sidimpuan memiliki 8 layanan pemerintah yang sudah terelektronifikasi seperti Hallo Sidimpuan bebasis android, PPID, Webmail, Eplanning, Sipt, Silayda, Siparida dan ELHKPN. Hal ini diungkapman Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution dalam acara Riset dan Rating Transformasi Digital dan Kota Cerdas Indonesia 2021 yang dilaksanakan secara virtual diikuti beberapa daerah di Indonesia, Selasa 16/11.

Walikota dalam pemaparannya mengatakan, kondisi eksisting pembangunan Smart City di Kota Padangsidimpuan. Dimana secara regulasi Pemkot Padangsidimpuan pada tahun 2021 seudah menyampaikan Ranperda tentang E-Goverment kepada DPRD Kota Padangsidimpuan untuk dibahas dan disetujui menjadi perda.

Kemudian kata Irsan, menerbitkan Perwal Padangsidimpuan Nomor 27 tahun 2021 tentang penyelenggaraan sistem pemerintah berbasis elektronik dan rencana induk SPBE Kota Padangsidimpuan dan adanya website yang terintegrasi dengan aplikasi perangkat daerah.

Mengenai kesiapan infrastruktur digital Walikota mengatakan perangkat teknologi informasi dan komunikasi seperti adanya server, storage, router, switch dan koneksi jaringan terpusat pada Dinas Komunikasi dan informatika Kota Padangsidimpuan.

Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution mengatakan, kesiapan infrastruktur digital, perangkat teknologi informasi dan komunikasi seperti adanya server, storage, router, switch dan koneksi jaringan terpusat pada Dinas Komunikasi dan informatika Kota Padangsidimpuan.

Akan tetapi kata Walikota, kurangnya sumber daya manusia yang ada dalam mengembangkan teknologi informasi, minimnya sarana dan prasarana dan keterbatasan anggaran menjadi kendala dalam membangun smart city di Kota Padangsidimpuan.

Seperti diketahui, kegiatan yang diselenggarakan oleh Institut Teknologi Bandung (ITB) bekerjasama dengan Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) ini, bertujuan untuk memotret kesiapan digital kota dan memberikan gambaran yang komprehensif mengenai kondisi dan permasalahan kota, sehingga dapat dijadikan acuan bagi tata kelola kota di Indonesia.
Diskusi Kota Cerdas, Riset dan Rating Transformasi Digital dan Kota Cerdas Indonesia 2021 .

Reporter : Andy

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 36 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Dikasi Surat Yasin, Ibu-ibu Perwiritan Angkola Timur Ucapkan Terima Kasih Bupati Dolly

26 Juli 2024 - 19:57

Babinsa Koramil 15 Muara Sipongi Lakukan Pengaman Sepakbola Remaja U-19

26 Juli 2024 - 19:51

Dinas PPKB Madina Sabet 7 Kategori Penghargaan Harganas Sumut 2024

26 Juli 2024 - 17:00

Forkopincam Lingga Bayu Mediasi F.SPTI Pulo Padang Dengan Pengangkutan TBS PMKS PT. Gruti

25 Juli 2024 - 22:09

Informasi Bocor, Polres Madina Tidak Temukan Alat Berat Dilokasi PETI Kotanopan

25 Juli 2024 - 21:24

Percepat Pengoperasian, Bupati Madina Serahkan Sertifikat Pemungsian Bandara AH Nasution

25 Juli 2024 - 20:35

Trending di Berita Daerah