Pendidikan

Peringati Maulid Nabi, MAN 2 Madina Gelar Lomba Hifdzil Qu’ran dan Pidato

Madinapos.com – Natal.

Peringatan Maulid Nabi merupakan salah satu momentum yang ditunggu-tunggu ketika memasuki bulan Rabiul Awal. Berbagai acara keislaman biasanya digelar untuk memperingati acara tersebut. Seperti ceramah agama, tabligh akbar, sholawatan, atau mengadakan lomba yang bertema keislaman.

Sebelum memasuki tanggal 12 Rabiul awal 1443 H, MAN 2 Mandailing Natal (Madina) mulai mempersiapkan pelaksanaan kegiatan Peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw. Meski diadakan sesederhana mungkin, namun hal itu tidak mengurangi rasa kecintaan terhadap sosok Rasulullah.

Untuk memeriahkan acara tersebut, MAN 2 Mandailing Natal mengadakan lomba Hifdzil Qu’ran dan Pidato yang bertemakan Sirah Nabi. Lomba tersebut diadakan sejak tanggal 13 Oktober sampai 23 Oktober 2021. Agar tidak mengganggu jam pelajaran, pelaksanaan lomba diadakan pada kegiatan apel pagi, dimulai dari pukul 07.00-07.30 wib.

Pengumuman lomba dilaksanakan satu hari sebelum pelaksanaan acara inti yang diadakan pada hari Rabu, 27 Oktober 2021.

“Lomba hifdzil qu’ran dan pidato sirah nabi bertujuan untuk memupuk dan menciptakan generasi qur’ani serta menjadikan siswa lebih mencintai Rasulullah”, hal ini disampaikan Kepala Madrasah Rahmuddin, M.Si diruang guru Kamis (28/10).

Lebih lanjut, Kepala Madrasah mengatakan kegiatan ini tentunya bertujuan agar siswa lebih mengenal dan memahami serta meneladani sosok Rasulullah sejak beliau lahir sampai ia meninggal.

Peserta lomba adalah perwakilan setiap kelas terdiri dari 40 siswa, 20 siswa peserta lomba hifdzil dan 20 siswa lagi peserta pidato yang mewakili kelas masing-masing.

Acara berjalan sesuai rencana, pelaksanaan lomba cukup meriah dan tetap terlaksana dengan mematuhi protokol kesehatan. Para peserta juga antusias mengikuti acara tersebut, ditambah lagi para audiens bersorak riang ketika para peserta tampil dengan semangat.

Selanjutnya, acara inti yang dilaksanakan pada hari Rabu juga terlaksana dengan baik. Acara berjalan sesuai rencana, meski kegiatan hanya dilakukan di Mesjid MAN 2 Madina. Acara tersebut diisi juga dengan penampilan hidfzil qur’an dan pidato dari sang juara lomba, puisi tentang nabi.

Acara ditutup dengan ceramah singkat mengenai kelahiran nabi yang disampaikan oleh ustadz yang diundang oleh pihak madrasah. Selain mengenang peristiwa kelahiran Nabi Muhammad Saw, pentingya menuntut ilmu juga disampaikan oleh sang ustadz. Siswa-siswi nampak antusias dan menikmati acara tersebut sampai selesai.(**)

Kiriman Berita : R.Y Ita, Guru MAN 2 Madina

Fhoto : Koleksi MAN 2 Madina

 

 

 

loading...

Komentar Facebook

Related Posts