Berita Daerah

Ada Seminar Margondang Disponsori Disdikbud Palas Dan BPA

Madinapos-Padang Lawas : Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (DISDIKBUD) Kabupaten Padang Lawas (PALAS) bekerja sama dengan Badan Pemangku Adat (BPA) membuka Seminar Adat Margondang Kabupaten Padang Lawas Tahun 2021 bertempat di SMK I Lubuk Barumun, senin 25/10-2021 pagi.Seminar mengangkat tema, Warisi Budaya Leluhur kita dengan melestarikan Ritual Adat Margondang sebagai Perekat Persatuan Bangsa,

Hadir dalam pembukaan seminat adat margondang tersebut adalah, Wakil Bupati Palas drg.Ahmad Zarnawi Pasaribu Cht.MM.Msi.di dampingi Staf ahli Bupati dan para asisten, Kadis Dikbud Palas dan rombongan lainya

Peserta seminar terdiri dari Raja Raja Luat yang ada di Padang Lawas,Tokoh Adat, Tokoh Pemuda, Tokoh Perempuan, Pelajar, OKP dan Ormas.dan lain lain. Adapun Narasumber kegiatan diantaranya adalah Ketua BPA Sutan Parlindungan Hasibuan, Raja Suling, Parlagutan Lubis, Raja Sahnan Hasibuan dan Hasan Basri Harahap (Pimpinan Haba Haba Group Mardomu Bulung), kata Nurazizah.

Wakil Bupati Palas drg.H.Ahmad Zarnawi Pasaribu CHt MM MSi mengatakan dalam pembukaan, bahwa bagai sebagai Orang Batak Mandailing Angkola, Adat dan Budaya margondang adalah bagian dari budaya nenek monyang kita, maka harus yerus kita pertahankan dan lestarikan. Pada dasarnya budaya margondamg adalah yang paling dikenang oleh masyarakat kita sebagai bagian dari tradisi unggulan di daerah kita ini’, kata Zarnawi.

Dalam Keluarga orang batak, jelas Wakil Bupati, Pernikahan mempunyai tiga kategori yang dianggap sah, yaitu secara Agama, diakui secara Catatan Sipil atau diakui secara Adat.

“Oleh karena itu Budaya dan Adat memiliki peran penting dalam kehidupan sehari-hari orang Batak, dan Mudah Mudahan Kabupaten Padang Lawas bisa menjadi “Tano adat Digomgom Ibadat” ujar Zarnawi.

Ketua BPA Sutan Parlindungan Hasibuan melalui Panitia Seminar Hj.Nurazizah Nasution M.MPd (Sanggar Amirah Sibuhuan) didampingi Ketua PGRI Bidarlis, Nur Ibrahim Rangkuti ST mengatakan bahwa kegiatan ini adalah sebagai sarana untuk menggali dan melestarikan adat dan budaya batak Mandailing Angkola di nagara persada nusantara Indonesia raya ini.

Reporter : A Salam srg.

.

loading...

Komentar Facebook

Related Posts