Menu

Mode Gelap

Berita Daerah

Dinas Sosial Padang Lawas Adakan Sosialisasi Siaga Bencana


					Dinas Sosial Padang Lawas Adakan Sosialisasi Siaga Bencana Perbesar

Madinapos-Padang Lawas : Dalam rangka menghadapi kesiap siagaan menghadapi bencana di daerah rawan bencana alam, Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Padang Lawas (Palas), Sumut, melakukan sosialisasi Kampung Siaga Bencana (KSB), dihadiri oleh Kementerian Sosial (Kemensos) RI Bidang Bencana, Edi Suharna, bertempat di Lapangan Bola Kaki Desa Pintu Padang, Kecamatan Ulu Barumun, Kabupaten Palas, Selasa (28/09/2021).

Selain Kemensos, turut hadir anggota DPR RI Komisi VIII Iskan Qolba Lubis, Kemensos Provinsi Sumut Bidang Perlindungan Bencana Alam Marmin Daulay, anggota DPR D Palas H Puli Parisan, Kadis Sosial Ahmad Pauzan Nasution, Camat Ulu Barumun Damhuri Daulay, para Kasi, staf dan pegawai kantor Camat Ulu Barumun. Juga hadir Kepala Desa Pintu Padang Julpan Daulay, Kepala Desa Subulussalam MS Hasibuan, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, para peserta sosialisasi dan sejumlah tamu undangan.

Adapun Desa-Desa yang mengikuti sosialisasi KSB yakni, Desa Pintu Padang, Subulussalam, Simanuldang Jae, Handang Kopo, Tapian Nauli dan Desa Simanuldang Julu.

Camat Ulu Barumun, Damhuri Daulay menyambut baik dan mendukung pembentukan KSB di wilayahnya, guna menumbuhkan semangat dan kesiapan serta tanggap masyarakat baik sebelum, pada saat dan sesudah terjadi bencana.

Disamping itu, Camat Ulu Barumun menyampaikan terimakasih atas kedatangan DPR RI, Kemensos, DPRD, Kadis Sosial Palas dan seluruh tamu undangan dalam acara sosialisasi KSB di Wilayahnya tersebut.

“Saya berharap, kejadian bencana alam tidak terjadi lagi di Kecamatan Ulu Barumun, setelah adanya dibentuk KSB” kata Camat Ulu Barumun. Saya juga berharap kepada anggota DPR RI komisi VIII, Iskan Qolba Lubis, melihat dan mendengar apa aspirasi yang tersirat yang telah disampaikan masyarakat Ulu Barumun, umumnya masyarakat Palas.

H Ali Sutan Harahap bupati Palas yang diwakili Kadis Sosial, Ahmad Fauzan Nasution dalam sambutannya menyampaikan, sosialisasi KSB ini adalah bagian dari persiapan kalau terjadi bencana.

Menurut Pauzan, terjadinya bencana di Desa Pintu Padang pada beberapa waktu lalu, karena letak geografis, topokrafi dan daerah perbukitan serta hulu sungai, di wilayah Desa itu. Untuk antisipasi tidak terjadinya bencana lagi, kata Fauzan, dibuatlah KSB di Desa Pintu Padang, termasuk dengan Desa penyanggah Desa Subulussalam, Handang Kopo, Tapian Nauli, Simanuldang Jae dan Desa Simanuldang Julu. Sosialisasi ini akan berjalan selama dua hari akan di tutup Rabu (29/09/2021), sekitar pukul 17.00 WIB.”, kata Pauzan.

Fauzan juga berharap kepada peserta sosialisasi agar dapat menyerap ilmu dari pemateri, agar bisa bisa menambah SDM yang unggul terutama dalam penanganan bencana alam.

Sambutan dari Kemensos Bidang Bencana, Edi Suharna, bahwa KSB bertujuan untuk membangkitkan partisipasi masyarakat dalam pengelolaan penanggulangan bencana. Setiap terjadi bencana, masyarakat adalah yang langsung terkena korbannya atau dampaknya. Dan sekarang, setelah nanti kita melaksanakan kegiatan KSB, masyarakat sudah kita harapkan sebagai pelaku, bisa, mampu menolong miminimal keluarga, tetangga, masyarakat dan lingkungan sekitar”, harapnya.

“Selama dua tiga hari kedepan saya membawa tim terlatih kegiatan KSB yang bernuansa ke arifan lokal, sesuai SOP penanggulangan bencana Kabupaten Palas,” ujarnya.

Sementara, anggota DPR RI Komisi VIII, Iskan Qolba mengatakan, bahwa di Desa Pintu Padang pada saat banjir bandang beberapa waktu lalu, ada enam unit rumah hanyut dan dua unit rumah rusak. Program penanggulangan bencana ini maksudnya untuk mengurangi korban bencana”, katanya.

Anggota DPR RI itu berpesan, dalam menghadapi bencana jangan panik, yang harus diselamatkan pertama adalah orang bukan barang. Penanganan bencana dikedepankan dengan kearifan lokal dan berlatih bersama nantinya dengan kearifan lokal, dibuat sesuai SOP”, pungkas Iskan.

Reporter : A Salam srg.

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 49 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Jalur Lintas Natal Batang Natal Lumpuh Tertimpa Pohon Tumbang

22 Juni 2024 - 11:31

Bupati Tapsel Serahkan ZIS Secara Serentak ke Seluruh Kecamatan se-Tapsel

22 Juni 2024 - 06:52

Masyarakat Sambut Pj. Bupati Palas Ardan Noor Hasibuan

21 Juni 2024 - 23:10

Kedatangan Pj. Walikota H. Timur Tumanggor Disambut Dengan Acara Adat Angkola

21 Juni 2024 - 23:01

KPU Palas Bimtek Pemutakhiran Data Pemilih, Penyusunan data Pemilih Dan Sidalih

21 Juni 2024 - 16:35

KPU Madina Gelar Bimtek PPS se-Kecamatan Natal

21 Juni 2024 - 10:52

Trending di Berita Daerah